Cara Menjadi Presenter Berita Televisi: Pendidikan, CV, dan Karier

Menjadi presenter berita/ Penyiar Berita  televisi bukan hal yang mudah. peminatnya banyak sementara kesempatannya terbatas. Selain itu, ada tahap yang harus ditempuh sebelum bisa menjadi seorang anchor atau presenter berita. Yuk membedah langkah untuk menjadi presenter berita televisi, mulai dari prodi yang dipilih hingga tahapan yang perlu dilalui.

Pendidikan

Paling ideal adalah prodi Jurnalistik atau Komunikasi. Tapi nggak mutlak kok. Umumnya nggak ada syarat latar belakang prodi. Jadi bisa prodi apa saja, dan yang biasa disyaratkan adalah minimal lulusan jenjang S1.

Kursus/Pendidikan non formal

* Sebaiknya ikutan workshop atau kursus untuk menjadi presenter televisi. Biayanya lumayan sih. Atau bisa ambil kursus/kelas online, mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan.

* Les Bahasa Inggris untuk menunjang kemampuanmu.

Aktivitas penunjang

* Menjadi anggota klub televisi atau radio kampus, untuk menjadi presenternya.

* Ikutan kegiatan/UKM lain yang mengasah public speaking, seperti klub debat.

Seleksi Masuk

*Gambaran umum seleksi masuknya adalah Asesmen kepribadian/psikologi, wawancara, dan yang penting adalah tes praktik di depan kamera.

Entry Level dan Tahapan

* Ada sih televisi yang membuka lowongan presenter, namun biasanya karier anchor berawal dari reporter. Soalnya, news anchor bukan sekadar penyampai atau presenter melainkan seorang jurnalis.

* Tahapan sebagai reporter bisa berlangsung 1-2 tahun. Jika dirasa sudah siap, baru deh tampil sebagai presenter. Tapi nggak semua repoter akan menjadi presenter.

* Seorang News Presenter, terutama yang baru, biasanya juga masih aktif melakukan reportase.

Quick Tips

* Pakai kamera hape untuk latihan on cam (presenting di depan kamera)

Update dengan berita, info, dan pengetahuan supaya wawasanmu luas. Ini penting banget karena kamu melamar posisi jurnalis berita. 

* Banyak membaca. 

Kata profesional

"Karena tempat saya bekerja adalah televisi berbasis berita, maka seorang presenter awalnya harus jadi reporter dulu. Jika dinilai berprestasi, seorang reporter bisa diangkat menjadi host. Saya sendiri menjadi presenter setelah sekitar dua tahun bertugas sebagai reporter." Rolando Sambuaga, Presenter BeritaSatuTV

"Ada yang ingin menjadi presenter berita karena pengen tampil di televisi. Boleh-boleh saja ada minat untuk tampil, tapi bukan tujuan utama. Kalau niatnya hanya untuk eksis, profesi ini kurang tepat." Marializia Hasni, mantan Presenter Metro TV yang sedang menyelesaikan studi S2 nya di Inggris,

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
miaaa | 2 jam yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 9 jam yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 19 jam yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1