Alternatif Magang Saat Pandemi

Di beberapa prodi dan kampus, magang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan agar bisa lulus. Ada juga yang nggak mewajibkan, tetapi menjadi salah satu program pilihan. Apapun itu, magang banyak sekali manfaatnya bagi mahasiswa, di antaranya melatih masuk ke dunia kerja, mengasah kemampuan, hingga mengenalkan mahasiswa dengan perusahaan serta memperluas jaringan. Yup, nggak sedikit lho, mahasiswa magang yang akhirnya direkrut jadi karyawan tetap.

Namun demikian, situasi pandemi agak menyurutkan minat untuk magang. Nah, ada beberapa alternatif magang yang dapat dilakukan saat ini:

I. Magang jarak jauh

Seperti halnya kuliah, adapula beberapa magang yang bisa dilakukan dari jarak jauh. Di antaranya di Rencanamu. Ehehe. Yang kamu perlukan adalah saat MJJ (magang jarak jauh) adalah:

a. Kejelasan informasi mengenai aturan magang dari perusahan. Misalnya, apakah ada waktu tertentu untuk online bersama. Bagaimana alur kerjanya, dan sebagainya.

b. Jaringan internet yang bagus

c. Perlengkapan yang menunjang bekerja jarak jauh, seperti laptop, aplikasi, dan lainnya.

II. Magang di kantor

Ada juga lho, program magang yang langsung dari kantor, seperti magang biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan memilih alternatif ini:

  1. Magang langsung memungkinkan hanya bila diperbolehkan pemerintah setempat, dengan mempertimbangkan situasi kasus pandemi. Ini biasanya juga ada kuotanya. Misalnya 25 persen pegawai yang masuk dibandingkan kapasitas normal.
  2. Bisa juga magang di perusahaan yang bergerak di bidang yang krusial, sehingga tetap buka di masa pandemi.
  3. Jika memilih magang di kantor kamu harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ekstra disiplin. Jangan hanya sekadar formalitas. Misalnya, menjaga jarak dengan orang lain selama bekerja dan terus mengenakan masker.
  4. Jika nggak enak badan, jangan masuk. Jangan sampai kita membahayakan kesehatan karyawan lainnya.
  5. Bicarakan juga dengan ortu jika kamu ingin mengikuti program magang.

III. Digantikan kegiatan lain

Magang bisa juga digantikan kegiatan lainnya yang nggak kalah bermanfaat, misalnya proyek penelitian, kegiatan sosial kemasyarakatan, atau mencoba berbisnis.

Di BINUS UNIVERSITY, misalnya, ada beberapa pilihan program untuk mahasiswa yang disebut dengan enrichment program. Ya, magang memang merupakan salah satu program enrichment favorit. Namun selain itu adapula kegiatan lain seperti melakukan penilitian, menjalankan pengabdian sosial, merintis usaha/startup, hingga studi di luar negeri.

Program magang mahasiswa beserta keseluruhan Enrichment program BINUS UNIVERSITY ini sejalan dengan semangat Kampus Merdeka, program yang dikampanyekan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kebijakan Magang Saat Pandemi di BINUS UNIVERSITY

Beberapa waktu lalu kami berkesempatan menanyakan soal program magang di masa pandemi pada BINUS UNIVERSITY. Jadi, BINUS UNIVERSITY masih membuka program magang, namun dengan memerhatikan kesiapan dari pihak perusahaan, mahasiswa, dan orang tua sebagai pemberi izin. Tentunya, yang utama adalah keselamatan dan kesehatan semua pihak.

Nah, untuk kamu mahasiswa yang ingin magang, bisa dipertimbangkan ketiga alternatif di atas, ya.

(Sumber gambar: Pexels)

LATEST COMMENT
pipi | 2 jam yang lalu

Hai min! aku mau cerita. Dari beberapa poin di atas aku merasakan hal yang sama. Jujur, dulu aku termasuk orang yang ambis untuk masuk jurusan di rumpun kesehatan. Dari kelas 9 aku sudah memiliki plan untuk kuliah di jurusan gizi, tetapi seiring berjalannya waktu, aku memilih untuk mengambil jurusan…

Kamu Salah Ambil Jurusan Kuliah? Cek 15 Tanda Mahasiswa Salah Jurusan!
Yoga Sinaga | 13 jam yang lalu

keren! coba baca juga http://news.unair.ac.id/2021/02/10/tips-etika-berkomunikasi-digital/

20 Panduan dan Etika Mengirim Email Untuk Keperluan Akademis, Organisasi, Atau Kerja
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Safiqah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengecek perguruan tinggi yang dituju. Secara umum, jika lewat jalur SBMPTN bisa saja.

Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Yuk!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1