Ingin Jadi Student Worker di Kampus? Simak Bocorannya

Ada lho, perguruan tinggi yang membuka lowongan bagi mahasiswanya untuk menjadi student worker yang bekerja di kampus. Lumayan banget buat mengasah kemampuan, menambah pengalaman, dan jadi nilai plus di CV. Nambah uang jajan pula! Simak tip agar bisa bekerja di kampus plus bocoran dari mahasiswa dari ITPLN yang sharing pengalaman mereka sebagai student worker.

Untuk menjadi student worker kamu perlu…

1.Cari divisi di kampus yang membutuhkan student worker, biasanya sih, bagian pemasaran membutuhkan tenaga tambahan dari mahasiswa. Sepert halnya Gigi, Bagus, Saskia dan Dhani yang bekerja untuk BPA aias Badan Pemasaran dan Admisi ITPLN.

2. Ikuti prosedur penerimaan dan penuhi persyaratannya. Umumnya lowongan student worker dibuka untuk mahasiwa tahun kedua dan di atasnya. Tapi nggak menutup kemungkinan ada divisi yang memperkerjakan maba/mahasiswa tahun pertama.

3. Indeks Prestasi (IPK) kamu biasanya akan jadi penilaian. Bisa jadi saat mendaftar ada syarat minimal IPK, atau IP kamu di-review selama bekerja. Tujuannya sih, biar kamu nggak keteteran dalam belajar gara-gara kerjaan, karena tugas utama mahasiswa adalah menuntut ilmu.

4. Saat mendaftar, cari tahu job desk berbagai posisi yang dibuka. Kamu wajib tahu, karena jika diterima kamu lah yang akan menjalani tanggung jawabnya. Berikut ini adalah deskripsi sebagian pekerjaan student worker di  ITPLN

a. Sosial Media Strategist (Gigi)

  • Melakukan analisa terhadap media social, contohnya perkembangan jumlah followers, serta interaksi seperti likes, komentar, dan lain sebagainya.
  • Mengamatiapa saja yang sedang diminati atau trending.
  • Merencananakan konten yang menarik untuk di uploaddi berbagai media sosial. ITPLN sendiri memiliki Instagram dan TikTok.
  • Bekerja sama dengan desainer grafis dan content writer untuk menghasilkan konten.

b. Content Writer (Saskia)

  • Membuat konten tulisan (caption) yang mendukung konten secara keseluruhan.
  • Membuat artikel.
  • Bekerja sama dengan tim media social lainnya.

c. Graphic Designer (Bagus dan Dhani)

  • Membuat tampilan grafis dan layout yang mendukung konten dan menarik pada foto atau video.
  • Bekerja sama dengan content writer dan social media strategist

d. Video Editor (Bagus dan Dhani)

  • Mengedit video agar pesan tersampaikan dengan baik dan menarik untuk konten di media sosial.
  • Bekerja sama dengan tim konten lainnya.

Selain tugas wajib seperti di atas, student worker juga sering “ditodong” menjadi talent alias model untuk foto/video yang ditampilkan di media sosial.

5. Ketika sudah diterima, harus bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Tenang, the perks alias keuntungan jadi student worker di kampus menurut Saskia dan Gigi adalah kerjanya lebih nyantai dan nggak ganggu perkuliahan. Lain halnya kalau kamu kerja atau partime di tempat lain. Biasanya akan lebih menyita waktu dan tenaga. Selain itu, lokasi kerja kamu adalah di kampus, praktis dan hemat karena nggak perlu bolak balik naik kendaraan.

“Keuntungan jadi student worker di ITPLN salah satunya adalah ruangan kerjanya nyaman, berAC, ada Wifi, dan banyak makanan pula. Lebih enak lah, daripada di kosan!” Gigi, Saskia, Bagus dan Dhani bercerita dengan seru.

6.  Perhatikan manajemen waktu. Walaupun kerja di kampus lebih leluasa dan dekat, namun tetap perlu manajemen diri yang baik, terutama soal waktu. Jangan menunda kerjaan atau nunda belajar. Karena semua bisa kacau.

7. Manfaatkan fasilitas serta keuntungan yang diperoleh. Di ITPLN, selain dapat makan dan koneksi wifi, student worker juga dibekali dengan fasilitas penunjang perusahaan seperti kamera dan lainnya. Nah, manfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas.

8. Penghasilan memang bukan tujuan utama student worker. Akan tetapi, tetapi lumayan juga kalau kamu mendapatkan bayaran seperti student worker di ITPLN, bisa untuk ditabung atau meringkankan beban ortu dengan bantuin bayar biaya kuliah. Asal jangan dipakai  buat check out belanjaan terus, yha. Yang jelas, ini juga melatih kamu untuk mengelola keuangan pribadi.

9. Manfaatkan kesempatan bekerja di kampus untuk meningkatkan hard skill dan soft skill seperti bekerja sama di dalam tim.

10. “Jangan malu-malu!” itulah tip untuk jadi student worker dari Gigi dan Saskia. Sebab sebagai student worker kamu dituntuk untuk kreatif, inovatif, terbuka untuk berdiskusi serta mampu bekerja bersama tim. Ya, nggak bias hanya diam dan menunggu perintah, kamu harus proaktif.

Gimana, tertarik jadi student worker? Untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan, ITPLN bisa menjadi pilihan. Selain keunggulan berbagai program studinya, kamu juga berkesempatan ikutan kegiatan di luar kelas, termasuk menjadi student worker.

(Sumber gambar: pixabay)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 37 menit yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1