Perpus Kampus Bukan (Cuma) Tempat Baca Buku!

Di sekolah dulu, biasanya kita ke perpustakaan untuk meminjam buku atau ngadem (karena ruangannya full AC). Di perguruan tinggi, perpustakaan bukan sekadar fasilitas penunjang. Perpus menjadi kebutuhan, bahkan kebanggaan kampus. Bukan sekadar karena kenyamanan tempatnya, kemegahan arsitektur dan desainnya, atau kecanggihan fasilitasnya. Tapi karena perpustakaan memiliki banyak manfaat bagi civitas kampus, khususnya mahasiswa.

Inilah hal yang bisa dilakukan kamu, para mahasiswa, di perpus kampus.

a. Mencari buku dan ebook berkaitan dengan studi yang kita ambil.

Selain untuk memperdalam dan memperluas ilmu perkuliahan, juga sangat membantu saat kita mengerjakan tugas atau mempersiapkan ujian. Membaca buku dari berbagai sumber dan pengarang, membuat kamu mendapatkan berbagai perspektif dan ilmu.

b. Membaca buku menarik dan berfaedah lainnya.

Selain yang berkaitan dengan perkuliahan, di perpus ada banyak buku lainnya. Mulai dari karya sastra, biografi dan lainnya. Bacaan semacam itu bagus untuk menambah wawasanmu.

c. Upgrade Ilmu dengan Membaca Jurnal.

Di perpus kampus juga biasanya ada jurnal/publikasi ilmiah yang masih nyambung dengan prodi perkuliahan. Jurnal ilmiah yang terbit secara berkala menampilkan berbagai pembahasan dan hasil riset berdasarkan teori keilmuan.

Nah, jurnal ini kemungkinan besar nggak ada di toko buku. Di perpus kampus kamu bisa mengaksesnya. Nggak cuma membaca, tapi juga mengkopi atau meminjam sesuai ketentuan yang diberlakukan pihak kampus.

d. Mengakses skripsi/thesis/disertasi.

Nah, ini juga salah satu keutamaan yang dimiliki perpus kampus, yaitu memiliki akses ke karya akhir mahasiswanya, baik berupa file soft copy maupun hard copy. Materi skripsi dan semacamnya umumnya akan dibutuhkan saat mahasiswa mulai menyusun skripsi .

e. Nonton film.

Di banyak perpustakaan, biasanya tersedia tempat dan perangkat untuk menonton film. Soalnya, sumber materi di perpus nggak hanya berupa tulisan, tapi juga audio visual.

f. Mendapatkan berbagai informasi.

Bukan dari buku atau materi yang tersimpan di dalam perpustakaan, tetapi juga informasi terkini dari papan pengumuman atau grup email perpustakaan. Lumayan kan, jika ada informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, atau proyek internal kampus? Jadi, buka mata dan telinga ya, saat di perpus.

g. Memanfaatkan koneksi wifi yang kencang dan stabil.

Mengerjalan tugas atau mencari materi untuk perkuliahan cocok banget dilakukan dengan memanfaatkan koneksi internet perpustakaan kampus yang (umumnya) kencang dan stabil. Apalagi biasanya ruangan perpus kondusif buat belajar.  

h. Berdiskusi.

Perpus kampus biasanya dilengkapi kursi nyaman sebagai tempat berdiskusi atau kerja kelompok. Tapi harus diingat supaya nggak berisik, ya. Jangan sampai kita mengganggu pengunjung perpus lainnya.

i. Menggunakan fasilitas lainnya.

Ini tergantung aturan dan kelengkapan perpus di tiap kampus. Ada perpus dengan ruangan audio visual atau ruang serbaguna yang bisa dipinjam mahasiswa jika ada kegiatan, adapula perpus yag rutin menggelar workshop. Nah, manfaatkan kegiatan dan kelengkapan tersebut sesuai kebutuhanmu.

(Sumber gambar: Janko Ferlic from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 3 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 23 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 23 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 24 hari yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1