Menu

7 Kegiatan Pagi Hari yang Wajib Kamu Lakukan

Siapa disini yang sulit bangun pagi? Pastinya banyak, ya, dari kamu yang kesulitan untuk bangun pagi. Setelah alarm menyala, terkadang memang lebih enak untuk mematikan alarm,  menarik selimut dan tidur kembali. Tetapi, masa iya mau begitu terus? Kapan beraktivitasnya, dong?

Apalagi ketika akhir pekan, saya yakin banget, pasti banyak dari kamu yang lebih memilih untuk tidur sampai jam sembilan atau bahkan sampai jam sebelas dengan alasan "ini kan akhir pekan, jarang-jarang, kok, begini". Well, to be honest, I also do the same, hehe.

Padahal banyak dari kita yang tahu bahwa bangun pagi merupakan suatu kegiatan yang nggak sia-sia. Bahkan, dengan bangun pagi, kamu bisa mempersiapkan dirimu lebih lama tampa terburu-buru dan kamu lebih bisa menikmati harimu. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Leipzig pada tahun 2009 mengatakan bahwa orang-orang yang bangun di pagi hari cenderung lebih proaktif dibandingkan orang-orang yang bangun pada siang hari. Dari penelitian ini, kamu sudah lihat, kan, bagaimana manfaat bangun pagi hari? Masih penasaran dengan manfaat bangun pagi lainnya? Coba baca pada artikel ini, deh!

Nah, sudah baca artikel tentang manfaat bangun pagi di atas? Apakah kamu ingin mendapatkan manfaat di atas? Yuk, coba lakukan dan biasakan kedelapan hal yang bisa dilakukan sebelum jam 9 pagi!

1. Minum air

minum air putih

Setelah bangun tidur, biasakan dirimu untuk banyak minum air mineral, ya, gaes. Setidaknya, pada pagi hari kamu harus meminum air mineral sebanyak satu gelas ukuran normal. Memangnya kenapa, sih, kita harus minum air putih di pagi hari? Well, seperti yang kita tahu, tubuh kita terdiri dari 70% cairan. Maka dari itu, kalau tubuh kita nggak mendapatkan kadar air yang cukup, kita bisa menanggung berbagai penyakit. Kalau kamu mengalami dehidrasi berkepanjangan, kamu bisa terkena berbagai penyakit seperti migrain, batu ginjal dan lain sebagainya. Maka dari itu, perbanyak minum air, ya!

2. Olahraga

Hal yang bisa kamu lakukan setelau minum air di pagi hari ialah berolahraga. Hmm... Sebenarnya olahraga ini harus dilakukan seberapa lama, sih? Well, kamu nggak perlu, kok, berolahraga berat seperti marathon, jalan jauh dan sebagainya. Kamu bisa memulai harimu dengan berolahraga sekitar sepuluh hingga tiga puluh menit.

Lho, emang ada olahraga yang bisa dilakukan dengan jarak waktu yang sebentar? Wah, bisa dong, gaes. Hmm... Emangnya olahraga apa yang bisa dilakukan secepat itu? Well, kamu bisa olahraga seperti workout yang memiliki jangka waktu sekitar tujuh hingga sepuluh menit. Meskipun sebentar, namun, dengan berolahraga kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, lho.

3. Positive self-talk

Nah, pada pagi hari setelah berolahraga dan mandi, kamu bisa deh tuh berhias sambil memiliki small self-talk. Lho, Ngapain sih ngomong sama diri sendiri? Nanti dikira yang aneh-aneh lagi. Well, kalau kamu malu dilihat kakakmu atau adikmu atau orangtuamu ketika kamu sedang self-talk, ada baiknya kamu lakukan kegiatan ini ketika lagi sendiri.

Self-talk dipercaya dapat menumbuhkan rasa percaya diri, lho. Dengan melakukan self-talk, tanpa disadari dapat membangun dirimu ke arah yang lebih baik lagi, membuat dirimu lebih percaya diri dan kamu pun bisa menjadi lebih bersemangat. Jadi, masih takut untuk melakukan self-talk?

4. Sarapan

Banyak orang yang menganggap bahwa sarapan merupakan hal sepele, jadi, banyak orang pula yang suka melewati jam sarapan. Padahal sarapan itu merupakan suatu hal yang nggak boleh kelewatan di setiap paginya, lho. Pada pagi hari, tentunya kamu akan banyak beraktivitas, kan? Seperti berangkat sekolah, belajar, berangkat kuliah naik kereta atau bawa kendaraan pribadi, bekerja dan sebagainya. Meskipun kamu nggak memiliki aktivitas yang menuntutmu banyak gerak, tetapi, aktivitasmu dipenuhi dengan kegiatan berpikir.

Perlu kamu ketahui, gaes, berpikir merupakan suatu kegiatan yang dapat menghabiskan banyak energi juga, lho. Maka dari itu, gaes, agar kamu nggak merasa lemas, susah fokus, merasa nggak semangat dan sebagainya, kamu perlu banget asupan makanan di pagi hari. Isilah perutmu dengan makanan yang sehat dan bergizi, ya!

5. Bikin diary

Lho, bukannya bikin diary enaknya malam-malam, ya? Well, mungkin kamu bisa menulis diary dengan dua tema yang berbeda. Pada malam hari, kamu bisa menulis apa yang telah kamu lakukan sepanjang hari. Pada pagi hari, kamu bisa menulis hal-hal apa yang akan kamu kerjakan dan berilah semangat kepada dirimu sendiri!

Menulis diary ini memiliki efek yang sama dengan self-talk, lho. Dengan menulis diary kamu bisa lebih termotivasi dan lebih bersemangat dalam menyambut aktivitas pada hari tersebut. Nah, coba, deh untuk tuliskan semua hal yang ingin kamu lakukan pada hari itu di diary-mu.

6. Mendengarkan musik atau podcast

mendengarkan lagu

Kalau kamu suka mendengarkan lagu atau podcast, sangat dianjurkan banget, nih, gaes. Kamu bisa mendengarkan musik atau podcast pada setiap paginya. Tetapi, jangan dengarkan lagu yang galau-galau atau podcast yang sedih-sedih, ya, gaes. Nanti, bukannya kamu lebih bersemangat malah merasa sedih dan malas beraktivitas lagi.

Maka dari itu, gaes, pada pagi hari, dianjurkan untuk mendengarkan lagu atau podcast yang seru, memotivasi, lucu dan sebagainya agar kamu bisa menikmati harimu. Selain bisa menikmati hari, kamu juga bisa lebih bersemangat menjalankan semua aktivitasmu!

7. Membaca

Nah, biasanya pada siang hari kamu akan bekerja, sekolah atau kuliah. Sore hari pun kamu masih beraktivitas. Malam hari kamu sudah merasa lelah dan ingin beristirahat. Coba deh luangkan waktumu di pagi hari untuk membaca

Hmm... Baca apa, ya, yang menyenangkan? Well. Kamu bisa baca buku apa saja, gaes. Mau novel? Boleh, mau baca buku sekolah? Boleh banget, mau baca majalah? Bisa. Mungkin buat kamu yang masih berkuliah ataupun bersekolah, cobalah untuk baca buku pelajaranmu, ya. Biasanya pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk membaca buku sehingga delapan puluh persen hal yang kamu baca bisa terserap dan diingat.

8. Luangkan waktu 30 menit untuk passion-mu

Nah, kamu juga bisa bangun pagi dan luangkan waktu selama tiga puluh menit untuk melakukan passion-mu. Kamu memiliki passion dalam menulis? Buatlah suatu karya tulis. Kamu memiliki passion memasak? Masaklah makanan untuk kamu sarapan. Kamu memiliki passion dalam hal menggambar? Maka menggambarlah!

Memiliki tiga puluh menit untuk melakukan passion-mu merupakan suatu hal yang baik, lho, karena kamu bisa mengasah kemampuanmu yang berkaitan dengan passion-mu. Bayangkan kalau kamu memiliki waktu yang padat untuk beraktivitas, maka, kapan kamu akan melakukan passion-mu?

***

Wah, ternyata banyak, ya, hal yang bisa kamu lakukan pada pagi hari. Selain dapat mengisi waktu luangmu di pagi hari, aktivitas yang dilakukan pun dapat mengasah dirimu menjadi lebih baik lagi. Hayoo... Masih mau menarik selimut lagi pada pagi hari?

Baca juga:

(Sumber gambar: billboard.com, brita.co.uk, redwoodwp.org)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©