Mengenal Institusi Keuangan Milik Negera dan Peluang Kariernya: Kemenkeu, OJK, dan LPS

Institusi keuangan memiliki peran penting dalam suatu negara. Nah, inilah beberapa institusi keuangan terbesar di Republik Indonesia beserta gambaran pekerjaan dan peluang kariernya.

Kementerian Keuangan

Sesuai namanya, Kementerian Keuangan merupakan lembaga yang membantu presiden untuk menjalankan urusan pemerintah yang berkaitan dengan keuangan negara. Tugasnya antara lain adalah merumuskan aturan dan menjalankan kebijakan soal anggaran, pajak, bea cukai, kekayaan negara, perbendaharaan, pembiayaan, risiko, dan fiskal.

Saat ini, Kementerian Keuangan dipimpin oleh Sri Mulyani. Institusi ini diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, menyeluruh, dan adil.

Karier:

Biasanya, diadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan secara berkala. Namun tahun 2020 ini tidak dilakukan karena pandemi. Untuk freshgrad lulusan S1/D3 bisa untuk posisi:

  • Analis Hukum = S1 hukum
  • Analis kerja sama = S1 Ilmu Komunikasi/Humas
  • Analis keuangan = S1 akuntansi/Ekonomi Syariah/Ekonomi/Studi Pembangunan/Perencanaan Wilayah/Perencanaan Wilayah dan Kota/Matematika/Statistika/Teknik (Elektro, Arsitektur, Teknik Elektronika, Teknik Listrik , Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Sipil dan Lingkungan)/Teknologi Pendidikan/Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  • Analis sistem informasi: S1 Sistem Informasi / Teknik Komputer / Teknik Informatika / Sistem Dan Teknologi Informasi / Teknologi Informasi /Informatika /Sistem Komputer
  • Analis sumber daya manusia:Kesehatan Masyarakat /Ilmu Kesehatan Masyarakat/Psikologi
  • Pengelola administrasi pemerintahan = D3 Administrasi Perkantoran / Administrasi Perkantoran dan Sekretaris / Manajemen Administrasi/ Hubungan Masyarakat / Komunikasi / Komunikasi Kearsipan / Informasi Perpustakaan dan Kearsipan
  • Pengelola keuangan = D3 Statistika Terapan Dan Komputasi / Statistika/ Teknik Sipil / Teknologi Industri / Pertambangan / Agribisnis / Agrobisnis / Manajemen Agribisnis
  • Pengelola teknologi informasi: D3 Desain Komunikasi Visual / Komunikasi Visual / Teknik Grafika / Desain Grafis/ Teknik Informatika / Ilmu Komputer / Sistem Informasi / Informatika / Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Otoritas Jasa Keuangan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011. Tujuan utamanya adalah menjadi pengawas industri jasa keuangan terpercaya yang berfungsi melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat sekaligus memajukan ekonomi nasional. OJK juga memiliki visi untuk memajukan kesejahteraan umum.

Tugas OJK antara lain adalah mengawasi kegiatan di sektor jasa keuangan, mewujudkan sistem keuangan yang berkembang secara berkelanjutan dan stabil, hingga melindungi kepentingan konsumen serta masyarakat.

Karier:

Freshgrad (lulusan perguruan tinggi) yang belum punya pengalaman kerja bisa direkrut menjadi pekerja apabila ada lowongan yang dibuka​ sebagai staf. Lulusan yang berpotensi mendaftar, biasanya dari program studi berikut ini:

Administrasi Niaga, Agrobisnis, Ekonomi, Sastra Inggris, Sastra Arab, Akuntansi, Ekonomi Syariah, HI, Hukum, Perbankan, Matematika, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Sosial Ekonomi, Sosiologi, Statistika, Manajemen, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Sistem Informasi Bisnis.

Lembaga Penjamin Simpanan

Negara juga memiliki Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang bertugas menjamin simpanan nasabah dan ikut menjaga stabilitas perbankan. Sejak LPS beroperasi pada 22 September 2005, masyarakat dapat lebih tenang dan percaya untuk menabung di bank. Sebab apabila ada sesuatu yang terjadi pada bank, seperti bankrut atau tutup, LPS tetap menjamin uang nasabah. Tentunya harus sesuai dengan syarat 3T yang berlaku ya.

Pendirian LPS sendiri diatur oleh pemerintah dengan undang undang nomor 24 tentang Lembaga Penjamin Simpanan.Dalam bekerja, LPS bertanggung jawab langsung kepada presiden RI. Pusat LPS berada di Jakarta, namun dapat memiliki kantor perwakilan di daerah lain. Selain Indonesia, negara lain j seperti Amerika Serikat, Swedia, dan Kanada, uga memiliki lembaga seperti LPS. Setelah Indonesia mendirikan LPS, Singapura dan Malaysia juga turut mendirikan lembaga penjaminan.

Karier:

Sebagai staf junior di bagian:

  • Investigasi
  • Manajemen Proyek
  • Arsitektur Aplikasi
  • Pengembangan Aplikasi
  • Pengembangan Aplikasi
  • Audit Sistem Aplikasi
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Sekretaris

Latar belakang pendidikan perguruan tinggi sesuai posisi yang dilamar.

(sumber gambar:

LATEST COMMENT
Ayu Vitri | 12 jam yang lalu

Open Endorse Murah Youtube 50k/Video Ig : ayuvitri86

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Hai Acha, untuk lebih jelasnya kamu perlu mengecek prodi di PTN yang dituju. Dari pengecekan kami, UI, ITB dan IPB tidak menerima lintas jurusan untuk prodi Saintek. Namun untuk prodi Soshum bisa dari IPA.

Info Lengkap SNMPTN 2021: Cek Beberapa Perubahannya
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Umumnya, kandidat pekerja akan menunggu tahap selanjutnya. Jika lolos perusahaan akan menghubungi. Bisa juga kamu melakukan follow up, mengemail perusahaan dengan profesional dan sopan. Sampaikan terima kaih atas wawancara dan psikotes yang telah dilalui. Trus, sebutkan nomor kontak kamu yang menyatakan…

Berbagai Tahap Seleksi Kerja, Penilaian, serta Tips Menghadapinya
Fatimah Ibtisam | 3 hari yang lalu

Bisa saja jika kamu lulusan SMA/sederajat tahun 2020 atau 2019, dan belum pernah diterima di SNMPTN.

Persiapan SBMPTN Buat Mahasiswa yang Ingin Mengulang
Handini Puspaningati | 3 hari yang lalu

Setelah melakukan wawancara dengan psikolog dan tes psikotes langkah selanjutnya apa ya.. 1 minggu menunggu hasilnya. Terima Kasih

Berbagai Tahap Seleksi Kerja, Penilaian, serta Tips Menghadapinya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1