Panduan Penting Memilih Mentor di Kampus atau Tempat Kerja

Keberadaan mentor dapat membantu kesuksesan kita. Selain membantu memperluas networking, mentor juga bisa mengenalkan kita pada banyak peluang-peluang yang sejalan dengan karir impian. 

Walau begitu, ternyata nggak gampang menemukan mentor yang pas. Terus gimana dong, supaya bisa dapat mentor yang 'klik'?

1. Ketahui tujuan memiliki mentor

Sebelum kita heboh ke sana-ke mari mencari mentor, penting untuk mengetahui apa yang ingin diperoleh dari mentoring. Apa kemampuan yang ingin kita miliki atau solusi yang didapatkan pascamentoring? Pertanyaan ini harus kita jawab gaes, karena bakalan menentukan tipe dan kualitas mentor yang dibutuhkan.

Misalnya, tujuan mentoring adalah supaya menguasai public speaking tentu kita mesti punya mentor yang ahli public speaking. 

2. Cari mentor yang memiliki kesamaan prinsip dengan kita

Pada dasarnya, mentoring adalah hubungan antara dua orang berbeda. Untuk menyatukannya, keduanya ini harus berbagi prinsip yang sama.

Contohnya gini, kita tipe orang yang suka tepat waktu, tapi calon mentor menganggap kalau tepat waktu itu nggak penting. Pastinya nanti kita akan lebih sering terpancing emosi kalau ketemuan, hehe. 

Memiliki track record yang oke tidak cukup untuk membuktikan kalau seseorang cocok menjadi mentor kita. Mungkin dia memang mentor yang keren, tapi buat orang lain, bukan untuk kita.

Ingat, kesamaan itu hanya berlaku untuk hal-hal prinsip. Sementara perbedaan selera serta sudut pandang antara kita dan calon mentor bukan masalah. Justru itu akan memperkaya pengetahuan.

3. Pilih yang mau mengajari dan memberi saran membangun

Tentu kamu ingin punya mentor yang bersedia meluangkan waktunya untukmu. Kalau kamu lagi bimbang memutuskan topik skripsi, kamu bisa menceritakan keraguanmu dan mentor akan memberimu saran. Mentor adalah orang yang mau mendengarkan ceritamu, mau mengerti situasimu, dan mau membantumu mencari solusinya.

Sebaliknya, jika terlalu sibuk atau nggak minat mengajarimu, berarti dia bukan sosok yang tepat. Segera lah pindah ke lain hati, eh lain mentor!

4. Carilah mentor yang nggak pernah berhenti belajar

Mentor yang baik adalah dia yang ingin terus maju. Dia mau belajar dan mempelajari hal-hal baru serta nggak puas dengan comfort zone-nya Dia akan sering update skill yang dimiliki serta tren di bidangnya. 

Orang seperti inilah yang cocok menjadi mentor kita, karena dia juga bakal terus memacu diri kita untuk maju. 

5. Bisa jadi coach sekaligus cheerleader

Salah satu yang mendasari kenapa kita memerlukan mentor adalah kita butuh saran dan bimbingan dari seorang ahli di bidang yang ingin kita tekuni. Artinya, sebagai mentee alias orang yang dimentori, kita ingin diberi saran serta masukan. Kita juga perlu mentor yang tegas dengan kesalahan atau kemalasan kita, seperti layaknya peran coach atau pelatih.

Di sisi lain, kita juga perlu punya mentor yang bisa menyemangati. Seseorang yang bahagia saat kita meraih suatu pencapaian. Yup, ibarat cheerleader yang terus bersama kita sepanjang pertandingan dan ikut merayakan kemenangan.

Sudah ketemu kriteria mentor seperti di atas? Kalau belum, selamat mencari, ya!

(sumber gambar : samuelhenry.net, hopeforwomenmag.com, linkedin.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1