Wawancara Kerja Tanpa Persiapan? Ini Triknya!

Persiapan sangat dibutuhkan dalam wawancara kerja. Tapi bagaimana bila persiapannya sangat minim bahkan nihil? Apakah sebaiknya mundur karena kemungkinann besar akan gagal? Prinsipnya, jangan menyerah sebelum mencoba. Wawancara tanpa melakukan riset perusahaan, latihan menjawab pertanyaan, dan menyiapkan penampilan yang paripurna memang jauh dari ideal. Tapi kamu bisa membuat keadaan lebih baik dengan:

1. Penampilan yang pantas. Nggak sempat pakai baju terbaik yang sesuai dengan standar perusahaan? Pastikan saja pakaian yang kamu kenakan bersih dan pantas, walau biasa saja. Bersikan noda pada sepatu, cuci tangan, cuci muka agar wajah fresh, sisiran/rapikan kerudung, dan perbaiki tampilan baju.  Jangan sampai badan/baju berbau tak sedap atau malah wanginya menyengat karena kebanyakan pake parfum.    

2. Sambil menunggu wawancara, bisa browsing mengenai perusahaan. Tapi kalau memang waktunya mepet, ya nggak perlu memaksakan untuk riset dadakan.

3. Jika sempat baca-baca, lakukan dengan relaks. Jangan memaksakan untuk membaca semua informasi apalagii menghafalnya. Yang ada kamu malah makin nervous.

4. Fokus pada dirimu. Sebab tujuan utama wawancara adalah mengenal dan menggali dirimu. Mengingat dan memahami CV-mu akan sangat membantu. Tanpa latihan, kamu tetap bisa menjawab pertanyaan mengenai dirimu.

5. Selain itu fokus pada bidang yang kamu lamar. Sebab mungkin kamu belum tahu banyak soal perusahan, namu kamu tahu bidang yang dilamar, misalnya bagian keuangan, atau bagian desain. Nanti akan banyak pertanyaan seputar pekerjaan tersebut.

6. Jika dalam interview ada pertanyaan,Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?” Kamu bisa menjawab dengan netral, seperti “Kandidat seperti apa yang perusahaan Anda cari?”

7. Berikan kesan pertama yang baik, dengan menyapa, menatap, tersenyum, dan tetap profesional. Gestur semacam ini akan membuat suasana wawancara lebih menyenangkaan.

8. Saat ada pertanyaan yang kamu nggak bisa dijawab atau jawabannya nggak memuaskan, Harus move on secepatnya. Karena kamu masih dalam sesi wawancara.

Masih ada pertanyaan lain yang perlu dijawab. Kekurangan jawabanmu tadi masih bisa ditebus dengan sisa wawancara yang berjalan baik. Sebaliknya, jika nggak bisa mengendalikan diri, situasi akan makin akward dan parah.

***

Kuncinya adalah berusaha untuk tenang, walau kondisinya tidak ideal. Sebab ketenangan merupakan salah satu modal penting untuk kesuksesan wawancara kerjamu. Semoga berhasil!

(sumber gambar: pixabay.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Freelance prodi Manajemen cukup beragam, mulai dari yang sejalan dengan studi yang diambil sampai yang sangat berbeda. Contohnya di Rencanamu, pernah ada mahasiswa Manajemen yang menjadi freelance writer.

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Pekerjaan (freelance) yang terkait dengan prodi Rekayasa Perangkat Lunak antara lain menjadi web developer atau bagian IT.

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Fatimah Ibtisam | 1 hari yang lalu

Ada pekerjaan lepas khusus untuk mahasiswa jurusan tertentu. Adapula yang bisa untuk berbagai/semua jurusan/prodi. Selengkapnya, baca di link ini: https://rencanamu.id/post/dunia-kerja/persiapan-kerja/lowongan-kerja-freelance-untuk-mahasiswa

Jadi Freelancer Sambil Kuliah: Banyak Keuntungannya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1