12 Persiapan Menjelang UTBK SBMPTN 2020 Selain Belajar dan Latihan Soal

Selain belajar dan latihan soal, ternyata ada hal penting yang perlu kamu lakukan menjelang UTBK SBMPTN 2020.

1.  Pilih prodi dan PTN

Pendaftaran UTBK sedang berlangsung hingga 20 Juni mendatang. Penting sekali untuk memutuskan PTN dan prodi mana yang akan dipilih. Pertimbangkan dengan matang sehingga kamu terhindar dari drama salah jurusan.

Cek yang ini: Cara Cepat dan Praktis Menentukan Pilihan Prodi.

2. Segera selesaikan pendaftaran

Hingga tanggal 13 lalu, sudah tercatat 600 ribuan calon peserta yang mendaftarkan diri dan 500 ribu di antaranya telah finalisasi. Jika belum, segera tuntaskan pendaftaran. Periksa lagi semua isian serta pilihan PTN dan prodinya. Sebab jika sudah finalisasi tidak dapat diubah.

3. Makan teratur dan bergizi.

Asupan makananmu menentukan kondisi fisikmu, terutama untuk belajar. Konsumsi makanan sehat juga meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan yang nggak seimbang, seperti kebanyakan gula, bisa membuat kamu cepat ngantuk, mager, atau malah sakit tenggorokan. Ganggu banget!

4. Jaga kebersihan

Cuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan kamar dan sekitar, mandi teratur, merupakan usaha hidup sehat. Lagipula suasana yang bersih (dan rapi) bikin kamu makin semangat belajar. Yakan?

5. Menghindari keluar rumah jika tidak penting

Memang sih, PSBB sedang dilonggarkan dan (katanya) kita berada di masa transisi. Tapi nggak perlu sih, ke luar rumah. Bagaimanapun juga, di rumah tetap lebih baik di masa pandemi ini.  

6. Jikalau harus keluar rumah.....

Kalau harus banget keluar, pakai masket dan jaga jarak. Hindari juga tempat dan waktu ramai orang.

7. Istirahat yang cukup.

Bagi yang biasa begadang dan jam tidurnya nggak teratur, mulailah ubah kebiasaan. Saatnya tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang pas. Saat bangun, kamu boleh kembali belajar dan berkegiatan. Tapii tetap harus diselingi istirahat. Misalnya, rehatkan mata dari layar gadget, stretching, atau makan buah. Sebaliknya jangan forsir tenagamu.

8. Jaga kesehatan fisik.

Inti dari poin 3 hingga 7 adalah untuk kesehatanmu. Nah, selain langkah yang sudah dijabarkan di atas, perhatikan dirimu saat ini. Kamu lah yang paling tahu kondisi tubuhmu. Apakah butuh vitamin, obat, konsultasi dengan dokter, atau hanya perlu jaga-jaga saja. Penting banget lho dilakukan, sebab jika kondisi tubuh drop, tentu akan menghambat persiapan UTBK. Lebih gawat jika nggak enak badan di hari H, kemungkinan besar kamu nggak boleh ikutan ujian. Wadaw!

9. Jangan lupakan kesehatan mental.

Yang sering kelupaan nih: jaga kesehatan mental. Jangan cuma fokus di fisik aja. Pikiran yang lelah serta rasa sumpek dan waswas bisa memengaruhi semangat belajar. Selain itu, pikiran negatif jug abisa bikin seseorang jadi sakit secara fisik.

Mengobrol dengan teman, melakukan hobi yang disukai, dan sharing dengan keluarga merupakan salah satu cara melepas diri dari kepenatan dan permasalahan nonfisik lainnya.

10. Try out jika masih memungkinkan.

Try out berbeda dengan latihan soal. Di try out, situasi dan kondisinya dibuat seperti sedang ujian beneran. Simulasi seperti ini dibutuhkan sebelum mengerjakan UTBK.

12. Hindari Kesibukan yang menyita waktu dan tenaga.

Saat ini, persiapan UTBK SBMPTN 2020 merupakan prioritasmu. Bukannya nggak boleh punya kesibukan/kegiatan lain. Tapi pastikan saja hal lain tersebut nggak menguras tenaga atau mengganggu kondisi tubuh. Bergabung di kepanitiaan, maraton serial, serta hal lain yang nggak penting namun bisa menyita perhatian, disingkirin dulu ya gaes.

12. Berdoa

Usaha amemang nggak boleh kendor, namun kekuatan doa sangat luar biasa. Di samping itu, doa juga bisa menenangkan diri dan membuat kita jadi lebih positif.

***

Semoga sukses pejuang SBMPTN 2020. Pantang menyerah sebelum menaklukkan TPS. Eheheheh!

(Photo by Prateek Katyal from Pexels)

 

 

LATEST COMMENT
Hanifaa | 10 jam yang lalu

Gaada yg cocok sama pelajaran geografi, fisika?

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Leoda | 14 jam yang lalu

Permisi min, saya mau tanya tentang mata kuliah. Saya saat ini semester 6, saya memiliki nilai C- di 1 matkul di smester 3, apakah saya dapat memperbaiki matkul tersebut? Lalu saat ini ada teman saya yang sering membolos kuliah serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen, apabila dia mendapatkan…

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1