4 Perbedaan UTBK SBMPTN 2020 dengan UTBK SBMPTN 2021

Rencana UTBK dan SBMPTN 2021 sudah diumumkan. Nah, ada beberapa perbedaan pada pelaksanaan tahun ini dibandingkan UTBK dan SBMPTN 2020.

1. Materi UTBK TPS dan TKA

Perbedaan terbesar antara UTBK 2021 dengan UTBK 2020 adalah pada materinya. Di tahun 2020, karena situasi pandemi, LTMPT harus mempersingkat durasi ujian dan menghilangkan Tes Kompetensi Akademik (TKA) baik Saintek maupun Soshum. Alhasil, di SBMPTN 2021 apapun rumpun prodi yang diambil, UTBK untuk semua peserta sama, yakni hanya Tes Potensi Skolastik (TPS).

Walaupun TPS dapat menunjukkan kemampuan dasar untuk sukses menempuh pendidikan di perguruan tinggi, namun tidak adanya TKA membuat pihak kampus kesulitan dalam  menyeleksi calon mahasiswa yang tepat. Karena dianggap perlu, maka TPS dan TKA kembali diadakan tahun ini.

Bagi yang memilih prodi Saintek harus mengikuti TKA Saintek, prodi Soshum TKA Soshum, dan prodi campuran akan mengikuti keduanya.

UTBK dengan TPS dan TKA sendiri baru dimulai di tahun 2019 lalu. Namun, berbeda dengan di UTBK 2019, pada UTBK 2021 untuk TKA  Soshum tidak ada lagi materi Matematika IPS. Jadi hanya ada 4 subtes, yaitu Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah.

Info selengkapnya soal TPS dan TKA plus contoh soal bisa kamu klik di sini.

2. Diikuti Prodi D4 dari 40 Politeknik dan juga PTN

Selama ini SBMPTN hanya diikuti oleh PTN untuk program studi S1. Nah, mulai tahun 2020 sudah ada 40 politeknik yang ikutan dengan pilihan program D4. Nah, pada SBMPTN 2021, selain 85 PTN dengan prodi S1, ada 40 politeknik yang ikutan dengan program studi D4. Ada juga PTN (non Poltek) yang memiliki prodi D4.

Jadi, alternatif pilihan pada SBMPTN 2021 relatif lebih banyak.

3. Bisa Memilih Prodi S1 dan D4 Bersamaan

Pada SBMPTN 2020 lalu, peserta diminta memilih apakah akan memilih prodi S1 saja atau D4 saja.

Tahun ini, peserta bisa memilih prodi S1 untuk pilihan 1 serta prodi D4 untuk pilihan 2 atau sebaliknya. Dengan kata lain, pilihannya menjadi lebih fleksibel.

4. Diselenggarakan di bulan puasa

Tahun lalu rangkaian SBMPTN diundur karena pandemi dan akhirnya UTBK berlangsung pada akhir Juli. Nah rencananya UTBK akan diselenggarakan 2 gelombang di bulan puasa. FYI, bulan puasa alias Ramadan diperkirakan jatuh pada 12 April hingga 12 Mei 2021. Jadwal UTBK 2021 adalah:

Gelombang  1: 12 April hingga 18 April 2021

Gelombang 2: 26 April hingga 2 Mei 2021

Jadwal SBMPTN selengkapnya bisa kamu cek di sini:

Jadwal Lengkap SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2021

***

Empat hal di atas menjadi pembeda antara UTBK SBMPTN 2020 dengan UTBK SBMPTN 2021. Sedangkan untuk ketentuan dan aturan main masih banyak persamaan.

Nah, ada nih, kesamaan SBMPTN 2021 dan 2021 yang berbeda dengan SBMPTN 2019. Yaitu, tahun ini pendaftaran UTBK dan SBMPTN kembali dilakukan berbarengan.

Jadi, peserta memilih prodi tanpa mengetahui skor UTBK mereka. Bahkan mereka belum menempuh ujian. Padahal di tahun 2019, peserta mengikuti UTBK dan mendapatkan hasil terlebih dahulu sebelum mendaftar SBMPTN.

Menurut LTMPT selaku penyelenggara, memang idealnya, peserta mengetahui nilai UTBK ketika mendaftar SBMPTN. Namun karena kendala waktu, tahun ini nggak bisa dilakukan. Sayang sekali, ya!

(Sumber gambar: Pixabay)

LATEST COMMENT
Helena Chirsty | 2 jam yang lalu

sekedar saran dan sepengetahuan saya dari teman sih, biasanya kalau udah kuliah ( preklinik ) baru ketahuan minat dan kemampuannya nya ke arahmana, baru nentuin mau ambil spesialis apa.soalnya kan mata kuliahnya beda - beda , ada patologi klinik , forensik , anatomi ,reproduksi, kardiovaskuler,…

Kamu Nggak Cocok Ambil Prodi Kedokteran dan Jadi Dokter, Kalau…
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Kapan tanggal pendaftaran tahun 2021

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Doain saya ya supaya bisa diterima di ISI yogyakarta aamiin, saya harap kalian yang membaca ini bisa ikut men -aamiin kan hehe,makasi.

SNMPTN 2021 Universitas Indonesia: Keketatan Persaingan Prodi UI di SNMPTN 2020 dan Lainnya
Septi Alma Kurnia | 4 jam yang lalu

Doain saya ya gais,semoga di terima di ISI yogyakarta,saya sangat terima kasih apabila kalian yang membaca kalimat ini dan mengaminkannya,sekian makasi.

21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah
Desy Damayanti | 2 hari yang lalu

Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu, sukses selalu.

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1