5 Alasan Mengapa UTBK 2021 Sangat Penting!

UTBK 2021 merupakan syarat dan penilaian utama SBMPTN. Tapi bukan itu saja lho, UTBK 2021 sangat penting karena…

1. Penentu keberhasilan SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi dengan ujian. Nah, ujiannya adalah  UTBK yang hasilnya menentukan apakah kamu diterima atau tidak. Walaupun khusus untuk prodi bidang seni dan olahraga, ada pula penilaian portofolio.

Nilai rapor, asal sekolah, prestasi (kecuali yang dimasukkan portofolio) tidak memiliki pengaruh pada SBMPTN. Semua bergantung pada hasil Tes Potensi Skolastik dan Tes Potensi Akademik yang diujikan dalam UTBK.

Nantinya, skor UTBK kamu akan dibandingkan dengan peserta SBMPTN lain. Misalnya, daya tampung prodi Hukum Universitas Padjadjaran adalah 130 kursi. Maka yang lolos adalah adalah pemilih prodi Unpad (yang belum diterima di prodi lain) yang nilai UTBK-nya termasuk 130 terbaik. 

2. Dipakai di SIMAK UI

Seleksi mandiri UI atau SIMAK UI adalah salah satu seleksi mandiri terbesar dan banyak diminati. Nggak heran mengingat UI memberikan porsi kuota terbesar pada jalur ini, yakni mencapai 50 persen dari keseluruhan. Belum lagi kesempatan masuk S1 pararel dan vokasi. Ya, peserta SIMAK bisa memilih hingga 6 prodi.

SIMAK UI memiliki ujian tersendiri. Akan tetapi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SIMAK UI 2021 memakai nilai UTBK sebagai bahan pertimbangan seleksi S1 reguler. Artinya, selain hasil ujian mandiri, peserta juga akan diseleksi berdasarkan hasil UTBK-nya. Dan untuk pendaftar S1 reguler di SIMAK UI wajib mengikuti UTBK 2021.

3. Digunakan di Seleksi Mandiri lainnya

Selain UI, banyak pula PTN yang menggunakan UTBK dalam seleksinya. Penggunaannya pun berbeda-beda, yaitu:

a. Seleksi mandiri hanya dengan hasil UTBK. Jadi nggak perlu tes, cukup mendaftar dan memberikan hasil UTBK 2021.

b. Seleksi mandiri wajib menyertakan hasil UTBK sebagai salah satu penilaian. Ini seperti SIMAK UI.

c, Peserta seleksi mandiri yang boleh memilih, mau jalur dengan tes atau atau jalur skor UTBK.

Semakin baik hasil UTBK-mu semakin besar kesempatanmu lolos. Mana sajakah PTN yang memakai nilai UTBK untuk seleksi mandiri seperti poin a, b, dan c? Tahun 2020 lalu, kampus seperti UGM, ITS, Universitas Brawijaya, dan UNS, menggunakan hasil UTBK untuk seleksi mandirinya.

Untuk lebih jelasnya, kamu perlu mengecek PTN yang dituju, karena aturan seleksi mandiri bisa berbeda antarkampus.

4. Bisa untuk seleksi PTS

UTBK nggak hanya buat masuk PTN, lho. Ternyata ada juga PTN yang memakai skor UTBK untuk seleksi masuk, atau untuk salah satu pertimbangan seleksi.  

Alhasil, kalau nilai UTBK kita memuaskan, bisa juga dipakai untuk masuk kampus swasta seandainya belum lolos SBMPTN. Lumayan banget 'kan?

5. Dipakai untuk daftar PKN-STAN

Ya, tahun ini penerimaan PKN-STAN juga menggunakan nilai UTBK. Ya. Berdasarkan Siaran Pers SPMB PKN STAN 2021, UTBK merupakan syarat penerimaan di STAN. Nilai yang akan dipakai adalah TPS (Tes Potensi Skolastik), sehingga bisa diikuti peserta tes rumpun saintek maupun soshum. Jadi, kalau kalian berniat masuk STAN, berusahalah maksimal di Tes Potensi Skolastik.

***

Saatnya berjuang untuk UTBK. Selain kelima alasan di atas, mempelajari materi UTBK juga akan menjadi modal kamu untuk belajar di perguruan tinggi. Yup, literasi bacaan, literasi angka, penalaran, serta pemahaman akademik penting untuk studi kamu di bangku kuliah. Bahkan Tes Potensi Skolastik di dalam UTBK merupakan gambaran bagaimana kesiapan kamu menerima materi di perguruan tinggi. So, ingat ya, bahwa UTBK 2021 sangat penting. Semoga berhasil!

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1