Apakah Urutan Pilihan Prodi Memengaruhi Peluang Lolos Seleksi Mandiri?

Salah satu strategi sukses seleksi mandiri adalah soal pemilihan prodi dan urutannya. Apakah urutan memengaruhi peluang kelulusan? Sejauh mana pengaruhnya? Apakah sebaiknya memilih prodi yang sama agar peluang lolos di seleksi mandiri 2021 lebih besar?

Urutan pilihan prodi = prioritas

Satu hal yang pasti, urutan pilihan prodi menunjukkan prioritas peserta. Jadi peserta akan diseleksi pada suatu prodi berdasarkan urutannya.

Misalnya, di seleksi mandiri ada 3 pilihan prodi:

  1. Prodi X
  2. Prodi Y
  3. Prodi Z

Maka peserta akan diseleksi untuk prodi X terlebih dahulu. Jika tidak lolos, baru diseleksi untuk prodi Y. Jika masih nggak lolos, peserta kembali diseleksi untuk prodi Z. Seandainya, nilai peserta sangat unggul, sehingga bisa masuk pada prodi mana saja, maka pasti dia akan masuk di prodi pilihan pertamanya atau prodi X.

Apakah peluang lolos peserta yang memilih prodi X pada pilihan pertama lebih besar dibandingkan yang memilih prodi X pada pilihan kedua?

Jawabannya tergantung performa/nilai si pendaftar.

Misalnya, ada 2 peserta, Yoga dan Sara.

Yoga memilih prodi Kedokteran Gigi pada pilihan 1 dan Fisika pada pilihan 2

Sara memilih prodi Kedokteran pada pilihan 1 dan Kedokteran Gigi pada pilihan 2

Yoga dan Sara mengikuti ujian seleksi mandiri yang sama. Nilai Yoga 79 sementara Sara 80. Sara tidak diterima pada pilihan pertama (Kedokteran) namun diterima di pilihan kedua (Kedokteran Gigi). Sementara Yoga tidak diterima di Kedokteran Gigi karena nilai ujiannya kalah saing.

Nah, seperti itulah gambaran persaingan dan peluangnya.

Tentu tiap PTN bisa memiliki kriteria seleksi yang berbeda. Ada yang murni nilai ujian mandiri atau skor UTBK, ada yang kombinasi dengan rapor di sekolah, adapula yang menggunakan esai, wawancara, atau materi seleksi lainnya.

Pilih 2 prodi yang sama = peluangnya lebih besar?

Nope! Dengan memilih prodi yang sama di PTN yang sama, peluangmu nggak akan jadi lebih besar. Malah kamu mengurangi pilihanmu, karena sama saja kamu hanya memilih satu prodi, dan bukan dua.

Strategi menentukan urutan pilihan

Tiap orang bisa memiliki pertimbangan yang berbeda dalam menentukan pilihan prodi serta urutannya. Namun 2 faktor yang menentukan urutan pilihan adalah:

  • Prioritas si peserta. Seperti yang sudah dibahas di atas, urutan pilihan menentukan urutan seleksi.
  • Tingkat kesulitan untuk masuk suatu prodi. Tingkat kesulitan masuk suatu prodi tergantung pesaingmu saat ini. Jadi nggak ada standar atau passing grade tertentu. Yang ada hanyalah perkiraan atau prediksi.

Dengan penjabaran di atas, semoga jelas ya, kaitan antara urutan pilihan prodi dengan peluang pada seleksi mandiri. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan ketik pada kolom komen.

(Sumber gambar: Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/memed_nurrohmad-3307648/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2389219">Memed_Nurrohmad</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2389219">Pixabay</a>)

LATEST COMMENT
Audry Sophie Biba | 17 jam yang lalu

Jurusan ilmu kelautan itu lebih ke soshum apa saintek?

Mengenal Lebih Dekat dengan Program Studi Ilmu Kelautan
Sya Zikra P | 2 hari yang lalu

Misalnya dari SMK jurusan seni dapat snmptn dan ambil jurusan saintek apakah pasti tidak akan diterima?

Lulus SMK, Kuliah di Prodi Sejalan atau Lintas Jurusan?
Rizkiyanto | 2 hari yang lalu

Open PP/Endrose Tiktok @rizkiyanto25 Folower 83,5k bayar seikhlasnya No tlpon/wa 082116945166

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Marsya Ayu Rofiah Heryani | 5 hari yang lalu

Nerima kok, alumni ku ada yang keterima di UI tapi sayang ga diambil karna ga bisa bayar

Peluang SMK Lulus SNMPTN, SBMPTN atau Ujian Mandiri. Serba-Serbi yang Harus Jadi Catatan Sebelum Berjuang Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1