Persiapan SNMPTN 2022: 12 Poin Penting

Biarpun masih tahun depan, persiapan SNMPTN 2022 mesti dilakukan dari sekarang. Simak poin-poin penting menuju sukses SNMPTN mendatang.

  1. Fokus belajar untuk performa semester 5. Jangan lengah karena rapor dari semester 1 hingga 5 akan menjadi` penilaian utama di SNMPTN.
  2. Lintas jurusan sangat sulit bagi anak IPS dan Bahasa. Sebaliknya, pelajar IPA leluasa lintas jurusan di SNMPTN, walaupun secara resmi hal tersebut tidak dianjurkan.
  3. Jika ingin lintas jurusan, cek persyaratan prodi yang ingin diambil di SNMPTN. Ada prodi yang mensyaratkan jurusan tertentu. Misalnya, seluruh prodi saintek di UI dan ITB hanya bisa dipilih oleh pelajar IPA. Sekali lagi, jangan lupa cek syarat prodi yang dituju, ya.
  4. Eksplorasi program studi dan pilih jurusan kuliah yang paling sesuai untukmu. Pastikan info yang kamu dapatkan lengkap dan benar. Mencari prodi yang tepat harus dilakukan dari sekarang. Jangan baru memikirkan menjelang pendaftaran SNMPTN.
  5. Masih nyambung dengan poin sebelumnya mengenai pilihan  prodi. Jangan memilih prodi hanya sekadar untuk diterima, padsahal kamu nggak minat. Ingat, SNMPTN berpengaruh banget, lho. Jika diterima, otomatis kamu nggak bisa ikutan SBMPTN dan juga seleksi mandiri di beberapa PTN.
  6. Kuota SNMPTN beberapa tahun terakhir adalah minimal 20 persen. Jadi nggak terlalu besar, dibandingkan jalur seleksi lainnya.
  7. Prestasi juga jadi bahan penilaian seleksi, tapi prestasinya di kompetisi akademik berskala besar seperti tingkat nasional/provinsi. Jadi bukan menang lomba di media sosial atau kompetisi di sekolah, ya. 
  8. Update aturan mainnya. Mungkin saja tahun ini ada perubahan aturan, syarat dan lainnya. Biasanya LTMPT sebagai penyelenggara akan mulai mengumumkan soal SNMPTN 2022 di bulan November mendatang.
  9. Jangan lupa pula mengecek rangkaian jadwal SNMPTN 2022. Sekarang belum ada. Nantikan  info lengkapnya.  
  10. Bagi yang ingin memilih prodi olahraga dan seni, ada portofolio yang perlu kamu upload. Nah, dari sekarang asah kemampuanmu di bidang tersebut biar portofoliomu mentereng alias menjadi salah satu yang terbaik. Bila perlu, ambil kursus atau kelas tambahan
  11. Cek juga bagaimana persaingan (keketatan persaingan) dan daya tampung prodi yang dituju. Untuk sementara kamu  bisa mengecek berdasarkan data tahun lalu.  
  12. Persiapkan SNMPTN 2022 dengan matang dan berikan yang terbaik. Namun jangan hanya mengandalan SNMPTN. Jika niat pengen masuk PTN, kamu juga harus menyiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN dan Seleksi Mandiri.
POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 6 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 18 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1