Serba-Serbi Politeknik di SBMPTN 2021: Prodi Lebih Banyak, Persaingan Makin Ketat

Di SBMPTN 2021 ada beberapa perubahan aturan main mengenai politeknik. Ya, sejak tahun 2020 lalu, prodi D4 di politeknik memang bisa dipilih melalui jalur SBMPTN. Hal luar biasa, mengingat sebelumnya poltek nggak pernah ikut seleksi bersama PTN. Simak poin informasi seputar politeknik di SBMPTN 2021 berikut ini.

1.Tahun lau poltek hanya ada di SBMPTN, sedangkan tahun ini juga ada di SNMPTN.

2. Cuma 8 poltek dengan 70 prodi D4 yang ikut serta di SBMPTN 2020, sedangkan di SBMPTN 2021 ada 40 politeknik, dan pilihan prodinya pun mencapai ratusan.

3. Oiya, politeknik sebenarnya juga memiliki prodi D3, namun prodi yang terdaftar di SBMPTN dan SNMPTN hanya sarjana terapan alias D4.

4. Tahun lalu, hanya politeknik yang membuka prodi D4 pada SBMPTN. Kini, beberapa PTN (nonpoltek) seperti UGM dan ITS juga membuka prodi D4 pada SBMPTN. Sehingga kamu yang tertarik pengen masuk program sarjana terapan pilihannya nggak terbatas di politeknik.

5. Sebaliknya aturan pemilihan prodi juga makin fleksibel. Pada SBMPTN 2020, peserta hanya bisa memilih mendaftar ke poltek atau ke PTN (salah satunya). Nggak bisa bercampur, misalnya pilihan 1 poltek pilihan 2 PTN. Namun tahun ini pilihannya bebas. Bisa menggabungkan antara S1, D4, poltek, dan nonpoltek.

6. Pada SBMPTN 2020 lalu, secara umum pendaftar politeknik belum banyak, yakni hanya 1453 pemilih, dan 638 peserta atau hampir 44 persen di antaranya berhasil diterima. Tahun ini, kemungkinan persaingan akan makin ketat. Soalnya, peserta bisa memilih PTN sekaligus poltek.  

7. Prodi di poltek terbagi atas rumpun soshum dan saintek. Pendaftar bisa lintas jurusan, asal sesuai dengn UTBK yang diikuti.

8. Program Sarjana Terapan setara dengan Sarjana, namun D4 lebih menekankan pada praktik ketimbang S1. Karena itulah D4 sejalan dengan SMK. Di SNMPTN, SMK dianggap lebih sejalan untuk masuk D4. Namun, latar belakang sekolah nggak terlalu berpengaruh di SBMPTN. Baik lulusan SMA, MA, dan SMK berpeluang masuk poltek.

9. Selain peluang masuknya yang cukup besar, jurusan yang dipelajari di poltek juga menarik. Sebagian adalah prodi popyler yang banyak peminatnya, seperti Teknik Informatika, Akuntansi, atau Desain Grafis.

10. Banyak juga prodi di poltek yang unik atau sangat spesifik dan jarak ditemukan di perguruan tinggi pada umumnya. Di antaranya adalah Akuntansi Manajemen Pemerintahan dan Teknik Konservasi  Energi di Politeknik Negeri Bandung , Teknologi Industri Cetak Kemasan dan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional di Politeknik Negeri Jakarta, serta banyak lainnya.

Gimana, apakah kamu tertarik memilih prodi D4 di Politeknik? Pastikan kamu mempelajari mengenai program studi dan kampusnya sebelum menjatuhkan pilihan. Seperti yang disebutkan pada poin di atas, kami memprediksikan persaingan di politeknik kali ini akan lebih ketat dibandingkan tahun lalu, terutama untuk beberapa prodi. Sebagai informasi pada SNMPTN 2021, Teknik Informatika di Politeknik Negeri Bandung masuk dalam top 20 prodi dengan persaingan terketat dengan peluang masuk 1:60, lho.

(Sumber gambar: LTMPT)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1