5 Acara TV Lokal Yang Berkualitas

Sebenarnya, kalau diperhatikan, sekarang ini orang-orang udah jarang banget nonton TV. Pada nempel sama layar gadget dan laptop semua, gaes! Kalaupun sesekali nonton TV, tontonannya jarang banget siaran televisi lokal. Apalagi, citra tayangan TV lokal kayaknya semakin kalah dengan tayangan TV kabel yang semakin ke sini semakin mudah diakses.

Meskipun begitu, kalau diubek-ubek, sebenarnya masih ada, kok, tayangan-tayangan TV lokal yang berkualitas dan bermanfaat. Berikut lima favorit saya!

1. Kick Andy (Metro TV)
Jadwal Tayang : Jumat, 20.05 – 21.35

kick andy acara tv tv show metro tv

Acara TV yang dipandu oleh presenter asyik Andy Noya ini hampir selalu mengundang bintang tamu yang inspiratif, memotivasi, dan berprestasi dari bermacam-macam bidang. Misalnya, Rafi Ridwan, desainer cilik tunarunggu asal Indonesia yang karyanya sudah mencapai mancanegara. Trus, setelah diperhatikan, ternyata kebanyakan orang-orang inspiratif ini datang dari latar belakang yang sangat sederhana, lho.

Melihat para bintang tamu yang diwawancarai Andi, saya pun jadi lebih bersemangat dan positive thinking untuk ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara. Kalau mereka bisa, kenapa saya enggak?

2. Mata Najwa (Metro TV)
Jadwal Tayang : Rabu, 20.05 – 21.30

Acara TV Talkshow Mata Najwa Metro TV

Nggak bisa dipungkiri, daya tarik utama dari acara TV ini ada pada kemampuan pembawa acaranya, Najwa Shihab, dalam membawakan isu-isu yang sedang “panas” dengan lihai, serta menggali para narasumber lewat pertanyaan-pertanyaan yang tajam. Narasumbernya pun biasanya orang-orang yang terlibat langsung dalam isu yang dibahas. Makanya acara ini perlu banget untuk disimak, supaya kamu nggak kudet tentang isu-isu penting di dalam negeri!

Salah satu episode Mata Najwa favorit saya adalah episode Berjabat dengan Rakyat yang ditayangkan pada 25 November 2015 kemarin. Waktu itu, Najwa Shihab mempersilahkan sejumlah pejabat ternama—termasuk Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla—untuk menampilkan bakat dan hobi mereka diatas panggung. Kapan lagi kita bisa lihat Ibu Susi menari ballroom dancing dan Bapak Ridwan ngelawak ala stand-up comedian? Lewat episode ini, Mata Najwa memperlihatkan sisi pejabat-pejabat tersebut yang jarang diketahui publik, dan membawa mereka lebih dekat dengan rakyat. Seru!

3. 360 (Metro TV)
Jadwal Tayang : Kamis, 20.05 – 21.05

Metro TV Acara TV Dokumenter 360 Indonesia Isu Sosial

Di setiap episodenya, tayangan 360 selalu menayangkan tiga film dokumenter pendek mengenai tiga topik yang berbeda. Setiap minggu, topik yang disajikan beragam, tetapi biasanya tentang isu sosial yang kurang diketahui oleh masyarakat umum, seperti isu kekayaan alam Indonesia yang ternyata dikelola pihak asing, kisah anak adopsi yang mencari orangtuanya, hingga berbagai kegiatan sukarelawan di masyarakat. Sehingga pada akhirnya, tayangan 360 ini sangat memperluas wawasan, membuka hati, dan membuat kita jadi lebih peka terhadap keadaan sosial di sekeliling.

4. Spotlite (Trans 7)
Jadwal Tayang : Sabtu dan Minggu, 10.35 – 11.30

berita unik menarik trans 7 spotlite

Tayangan ini banyak menyajikan informasi yang nggak hanya bermanfaat, tetapi juga unik. Contohnya, Spotlite pernah membahas efek dari beragam wewangian, makanan beracun yang ada di sekitar kita namun sering nggak kita sadari, hingga kota-kota peradaban yang telah hilang. Alhasil, nonton Spotlite serasa kayak baca ensiklopedia audio-visual, deh!

5. On The Spot (Trans 7)
Jadwal Tayang : Senin – Jumat, 19.15 – 20.30

on the spot trans 7 berita menarik

Acara ini identik dengan angka 7 karena selalu menyajikan beragam informasi dalam bentuk daftar yang berisi tujuh hal, seperti misalnya 7 Pesawat Kepresidenan Tercanggih di Dunia, 7 Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, 7 Penemuan Sejarah Paling Misterius di Dunia, sampai, ehem, 7 Guru Paling Rupawan di Dunia.

Walaupun informasi yang disajikan cuma sekilas-sekilas, On The Spot tetaplah tayangan yang menyenangkan untuk memperluas pengetahuan umum.

***

Tuh, nggak semua tayangan TV lokal kita jelek, ‘kan? Yuk, pastikan tontonan kamu positif dan berkualitas!

(sumber foto : kompasiana.com, news.lukulomedia.com, youtube.com, fiksee.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1