Menu

5 Tempat Makan di Bandung yang Enak, Murah, dan Asyik Buat Nongkrong. Pas Buat Mahasiswa!

Oleh Dewa Made Rai

Mahasiswa identik dengan lapar (sibuk kuliah dan beraktivitas tiap hari pastinya bikin gampang lapar. Apalagi mahasiswa masih masa pertumbuhan, hihihi), juga identik dengan… bokek! Ciyan.

Bersyukurlah kalau kamu kuliah di Bandung, karena kota ini punya banyak tempat makan yang menyajikan makanan enak dengan harga mahasiswa, plus asyik buat nongkrong. Minimal punya colokan buat laptop dan gadget, deh!

Bagi kamu yang akan kuliah di Kota Kembang ini, saya pilihkan lima tempat makan yang sudah sangat beken di kalangan mahasiswa Bandung.

Here we go, guys!

1. Cafe Madtari
Jl. Ranggagading, Taman Sari, Bandung. Belok kiri setelah BNI cabang Dago


cafe madtari bandung

Cafe Madtari adalah tongkrongan kaki lima yang sudah sangat melegenda di kalangan mahasiswa Bandung. Bahkan kalau kamu baru kuliah di Bandung, mungkin tempat ini adalah tempat pertama yang direkomendasikan teman-teman Bandung kamu.

Menu andalan Cafe Madtari adalah roti bakar dan mie instan. Serunya, kalau kamu pesan sesuatu yang pakai keju di sini (misalnya, roti bakar pakai keju), porsi keju yang diberikan nggak tanggung-tanggung. Menggunung!

Suasananya yang seperti kantin mahasiswa juga bikin tempat ini asyik buat nongkrong, sehingga banyak pengunjung yang betah.

2. Warung Upnormal
Jl. Cihampelas 56B
Jl. Buah Batu (setelah Yogya Departement Store)
Jl. R.E. Martadinata No 114 (dekat Taman Pramuka)


Warunk Upnormal Bandung

Warung yang awalnya berdiri di Serpong, Tangerang ini pertama kali muncul di Bandung pada tahun 2013. Namun sampai sekarang, mereka masih belum tergoyahkan sebagai tempat nongkrong favorit anak muda Bandung kekinian 2016! #gaulabes

Warung Upnormal punya tiga cabang di Bandung. Ketiga tempatnya simpel dan nyaman, tapi menurut saya, cabang yang paling cozy adalah yang di Jl. Riau. Apalagi wifi-nya kencang dan hidangannya murah meriah. Makanan favorit saya? Taro Bubble Milk dan Nasi Sosis Brautwust!

Trus, kalau kamu datangnya bareng teman-teman, Warung Upnormal menyediakan beberapa permainan—seperti kartu remi dan UNO Stacko—untuk dimainkan bareng, sehingga kamu dan teman-teman bisa melupakan gadget masing-masing sejenak.

Jadi jangan heran kalau suatu waktu kamu ke Warung Upnormal, trus banyak orang teriak-teriak. Bukan karena ada copet, sob, tetapi mungkin mereka pada main UNO Stacko, trus panik karena susunan stacko-nya mau roboh!

3. Bakso Boedjangan
Jl. Dipatiukur No. 1


Bakso Boedjangan Bandung

Bandung sangat identik dengan udaranya yang adem. Bahkan kalau tengah malam, udara dingin Bandung bisa bikin kamu nyeletuk “Eh, remote AC-nya mana, sih? Matiin bentar, dong!” Nah, kalau udara lagi dingin, memang paling enak makan makanan yang berkuah hangat, seperti bakso!

Bakso Boedjangan ini berlokasi di pinggir jalan, namun (lagi-lagi) tetap nyaman untuk nongkrong. Sementara rasa baksonya sendiri… beuuh, bisa ngalahin rasa semua bakso yang pernah kamu cobain sebelumnya, deh! Rekomen saya adalah bakso isi keju, lengkap dengan kuahnya! Nyesss…

4. Cawit (Cabe Rawit)
Jl. Ciumbuleuit No. 129 A

cawit cafe

Lagi lapar parah dan kepengen makan besar? Berarti kamu harus ke Cawit!

Memang, pilihan hidangan di tempat makan yang berlokasi di dekat Universitas Parahyangan ini di desain untuk makan kenyang, mulai dari pecel lele sampai steak ayam. Eits, walaupun judulnya steak, harganya ramah kantong mahasiswa, dong! Jadi, harga steak di Cawit masih di bawah selembar uang I Gusti Ngurah Rai, kok.

Restoran yang bernuansa industrial ini terletak di pinggir jalan, tapi nggak bakal bikin kamu terkena polusi, sebab posisinya agak tersembunyi. Trus, walaupun nggak buka 24 jam, Cawit buka sampai jam dua malam, gaes. Malah kalau weekend, bisa buka sampai jam empat pagi!

Oya, Cawit punya dua cabang, tapi cabang Ciumbuleuit ini lah yang harganya pas dengan mahasiswa. Jangan sampai salah, gaes!

5. Nasi Goreng AEP’S
Jl. Doktor Setiabudi No. 123, dekat Enhai alias Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Nasi Goreng Aeps Bandung

Satu lagi tempat makan yang pasti bakal jadi favorit kamu yang doyan makan dengan porsi besar—Nasi Goreng AEP!

FYI, AEP ternyata singkatan dari Asyik Enak Pas Seleraku. Hmmm… agak garing, ya, tapi nasi gorengnya memang terbukti enak dan bikin nagih, sih. Bahkan Nasi Goreng AEP sudah terkenal di kalangan mahasiswa Bandung sejak tahun 90an. Tempatnya pun sudah berkembang jauh lebih besar dibandingkan ketika awal berdiri dulu.

Namun karena porsi nasi goreng di sini besar, waktu masaknya jadi agak lama, terutama kalau lagi rame. Untungnya rasa makanannya nggak mengecewakan. Selain itu, Nasi Goreng AEP nggak hanya menjual nasi goreng, tetapi juga berbagai chinese food lainnya seperti capcay, puyunghai, dan -hai -hai lainnya. Mereka juga buka 24 jam, sehingga kalau kamu keasyikan ngobrol di sini sampai lupa waktu, nggak bakal ada yang ngusir, kok, sob!

***

Itulah lima tempat makan yang seru, murah, tapi meriah di Bandung. Bikin makin nggak sabar kuliah di Kota Kembang ini dong, ya. Jangan lupa, Youthmanual punya direktori berbagai universitas yang ada di Bandung, lho. Cekidot bagian “Cari Kampus” di paling bawah halaman ini, ya.

(sumber gambar: riezergo.wordpress.com, hafiankamal.blogspot.com, kabarrakyat.co, Dunia Kuliner Bandung, Tripadvisor, qraved.com, scarlet-dragonchild.deviantart.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©