7 Manfaat Cokelat Buat Tubuh Kamu

Bukan cuma enak, cokelat juga mengandung antioksidan kuat bernama Flavonoid. Selain itu, Polyphenol di dalam cokelat juga bikin cokelat nggak mudah tengik meskipun mengandung lemak tinggi.

Berikut tujuh manfaat coklat yang baik buat tubuh kamu.

1. Mencegah Diabetes

Makan sedikit dark chocolate setiap hari ternyata bisa membantu mencegah diabetes dan resistensi insulin. Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.153 orang berusia 18-69 tahun, para peneliti nemukan bahwa mereka yang makan 100 gram coklat sehari (sekitar satu batang cokelat kecil) telah mengurangi resistensi insulin dan meningkatnya enzim hati.

Asal kamu tahu, salah satu penyebab diabetes adalah turunnya sensivitas insulin. Karena tubuh nggak bisa menggunakan insulin dengan optimal maka kadar gula dalam darah pun bakal meningkat.

2. Menyembukan batuk

Theobromine, salah satu bahan yang dipakai untuk membuat cokelat, diketahui bisa menghentikan batuk. Bahkan, Theobromine ini lebih ampuh untuk menghentikan batuk dibanding obat batuk biasa yang mengandung Codeine atau Placebo. Theobromine juga menimbulkan lebih sedikit efek samping dan nggak bikin ngantuk!

3. Mencerahkan kulit

Seperti yang saya bilang di atas, antioksidan kuat dari Flavonoid dan Polyphenol di dalam cokelat mampu melindungi kulit dari racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, konsumsi cokelat dalam jumlah nggak berlebihan tapi teratur bikin kulit kamu lebih cerah.

Manfaat Cokelat 2 - Youthmanual

4. Baik bagi jantung

Diane Becker, seorang peneliti di University School of Medicine bilang dark chocolate bisa mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang nggak makan.

5. Mencegah kanker

Meskipun cokelat nggak bisa menyembuhkan kanker, tetapi cokelat mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. Lagi-lagi, antioksidan kuat bikin tubuh kamu nggak gampang kena sel kangker.

6. Baik bagi otak

Peneliti di John Hopkins University, menemukan bahwa minuman coklat panas membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu kamu berpikir lebih baik.

Manfaat Cokelat 1 - Youthmanual

7. Meringankan gejala PMS (Pre Menstruation Syndrome)

Cokelat juga mengandung Caffeine, Theobromine, Methyl–Xanthine dan Phenylethylamine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam memperbaiki mood seseorang.

Itulah kenapa kalo kita lagi sedih, banyak yang menyarankan kita makan cokelat.

Manfaat Cokelat 3 - Youthmanual

(Sumber foto: weheartit.com, magazine.foxnews.com, theodysseyonline.com, cambio.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 4 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 9 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 9 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 10 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 12 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1