7 Manfaat Cokelat Buat Tubuh Kamu

Bukan cuma enak, cokelat juga mengandung antioksidan kuat bernama Flavonoid. Selain itu, Polyphenol di dalam cokelat juga bikin cokelat nggak mudah tengik meskipun mengandung lemak tinggi.

Berikut tujuh manfaat coklat yang baik buat tubuh kamu.

1. Mencegah Diabetes

Makan sedikit dark chocolate setiap hari ternyata bisa membantu mencegah diabetes dan resistensi insulin. Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.153 orang berusia 18-69 tahun, para peneliti nemukan bahwa mereka yang makan 100 gram coklat sehari (sekitar satu batang cokelat kecil) telah mengurangi resistensi insulin dan meningkatnya enzim hati.

Asal kamu tahu, salah satu penyebab diabetes adalah turunnya sensivitas insulin. Karena tubuh nggak bisa menggunakan insulin dengan optimal maka kadar gula dalam darah pun bakal meningkat.

2. Menyembukan batuk

Theobromine, salah satu bahan yang dipakai untuk membuat cokelat, diketahui bisa menghentikan batuk. Bahkan, Theobromine ini lebih ampuh untuk menghentikan batuk dibanding obat batuk biasa yang mengandung Codeine atau Placebo. Theobromine juga menimbulkan lebih sedikit efek samping dan nggak bikin ngantuk!

3. Mencerahkan kulit

Seperti yang saya bilang di atas, antioksidan kuat dari Flavonoid dan Polyphenol di dalam cokelat mampu melindungi kulit dari racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, konsumsi cokelat dalam jumlah nggak berlebihan tapi teratur bikin kulit kamu lebih cerah.

Manfaat Cokelat 2 - Youthmanual

4. Baik bagi jantung

Diane Becker, seorang peneliti di University School of Medicine bilang dark chocolate bisa mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang nggak makan.

5. Mencegah kanker

Meskipun cokelat nggak bisa menyembuhkan kanker, tetapi cokelat mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. Lagi-lagi, antioksidan kuat bikin tubuh kamu nggak gampang kena sel kangker.

6. Baik bagi otak

Peneliti di John Hopkins University, menemukan bahwa minuman coklat panas membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu kamu berpikir lebih baik.

Manfaat Cokelat 1 - Youthmanual

7. Meringankan gejala PMS (Pre Menstruation Syndrome)

Cokelat juga mengandung Caffeine, Theobromine, Methyl–Xanthine dan Phenylethylamine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam memperbaiki mood seseorang.

Itulah kenapa kalo kita lagi sedih, banyak yang menyarankan kita makan cokelat.

Manfaat Cokelat 3 - Youthmanual

(Sumber foto: weheartit.com, magazine.foxnews.com, theodysseyonline.com, cambio.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1