7 Manfaat Cokelat Buat Tubuh Kamu

Bukan cuma enak, cokelat juga mengandung antioksidan kuat bernama Flavonoid. Selain itu, Polyphenol di dalam cokelat juga bikin cokelat nggak mudah tengik meskipun mengandung lemak tinggi.

Berikut tujuh manfaat coklat yang baik buat tubuh kamu.

1. Mencegah Diabetes

Makan sedikit dark chocolate setiap hari ternyata bisa membantu mencegah diabetes dan resistensi insulin. Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.153 orang berusia 18-69 tahun, para peneliti nemukan bahwa mereka yang makan 100 gram coklat sehari (sekitar satu batang cokelat kecil) telah mengurangi resistensi insulin dan meningkatnya enzim hati.

Asal kamu tahu, salah satu penyebab diabetes adalah turunnya sensivitas insulin. Karena tubuh nggak bisa menggunakan insulin dengan optimal maka kadar gula dalam darah pun bakal meningkat.

2. Menyembukan batuk

Theobromine, salah satu bahan yang dipakai untuk membuat cokelat, diketahui bisa menghentikan batuk. Bahkan, Theobromine ini lebih ampuh untuk menghentikan batuk dibanding obat batuk biasa yang mengandung Codeine atau Placebo. Theobromine juga menimbulkan lebih sedikit efek samping dan nggak bikin ngantuk!

3. Mencerahkan kulit

Seperti yang saya bilang di atas, antioksidan kuat dari Flavonoid dan Polyphenol di dalam cokelat mampu melindungi kulit dari racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selain itu, konsumsi cokelat dalam jumlah nggak berlebihan tapi teratur bikin kulit kamu lebih cerah.

Manfaat Cokelat 2 - Youthmanual

4. Baik bagi jantung

Diane Becker, seorang peneliti di University School of Medicine bilang dark chocolate bisa mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang nggak makan.

5. Mencegah kanker

Meskipun cokelat nggak bisa menyembuhkan kanker, tetapi cokelat mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. Lagi-lagi, antioksidan kuat bikin tubuh kamu nggak gampang kena sel kangker.

6. Baik bagi otak

Peneliti di John Hopkins University, menemukan bahwa minuman coklat panas membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam coklat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga membantu kamu berpikir lebih baik.

Manfaat Cokelat 1 - Youthmanual

7. Meringankan gejala PMS (Pre Menstruation Syndrome)

Cokelat juga mengandung Caffeine, Theobromine, Methyl–Xanthine dan Phenylethylamine yang alami. Semua kandungan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, terutama dalam memperbaiki mood seseorang.

Itulah kenapa kalo kita lagi sedih, banyak yang menyarankan kita makan cokelat.

Manfaat Cokelat 3 - Youthmanual

(Sumber foto: weheartit.com, magazine.foxnews.com, theodysseyonline.com, cambio.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1