Rekomendasi Tempat Makan di Solo yang Hits dan Kekinian (Tapi Tetap Terjangkau!)

Bisnis kuliner lagi seru-serunya di Solo. Banyak bermunculan tempat makan dan tongkrongan kekinian yang pas buat anak muda. Gerai asik, pilihan menu menarik, plus harganya terjangkau. Spot kuliner tersebut cocok buat ngonkrong sama teman-teman atau bikin perayaan kecil-kecilan (surprise party, graduation party, bday party, party anak nowadays lah, pokoknya). Simak petualangan kuliner hits di Solo berikut ini.

Smile Kitchen, Menu dan Venue Fotogenik

Menu: Menyediakan berbagai makanan dan dessert populer, di antaranya Mac and Cheese, Black Burger, Chicken Katsu, Beef Fujitas (a la Meksiko). Untuk dessert dan minuman, kamu bisa mencoba Taro and Cream, Choco Mouse, Coffee Gayo Red Long with fruit flavour,  serta minuman favorit Love Potion dengan 5 pilihan rasa buah segar. Kedai ini memasang harga murah meriah, namun rasanya sama sekali nggak mengecewakan, dan plating alias tampilannya oke pula. Pas lah buat AGS (Anak Gaul Solo. Tsaah!)

smile kitchen solo

Suasana: Smile Kitchen merupakan rumah yang disulap jadi kedai makan. Lokasinya pun dalam gang perumahan. Dekorasi dan penataannya apik, modern, dan didominasi aneka warna pastel. Kamu bisa duduk di dalam, teras luar, atau di ruangan yang agak tersembunyi. Bisa dibilang setiap sudut ruangan bisa jadi spot foto yang kece. Mau bikin perayaan kecil-kecilan bareng teman-teman juga oke banget. Nongkrong santai sambil seseruan main Uno Stacko (yang disediakan di sini) juga seru. O ya, kalau ke sini pakai baju yang adem, karena ruangannya nggak ber-AC, hanya memakai kipas angin.

Smile kitchen

Lokasi:  Jl. Wijaya kusuma no.17 (dekat Lottemart)

Jam buka: 10.00 - 22.00

Kisaran Harga: Rp10,000 – Rp35,000an

Instagram: @Smile_Kichen

Kontak: 087835503515 (WA)

Killing Mie, Mie A la Chef

Menu: Sesuai dengan jargonya ‘The best Noodle Resto in Solo’, menu andalan di resto ini adalah aneka mie. Tekstur mie yang dibuat oleh chef Killing Mie memang khas, agak tebal dan panjang. FYI, chef-nya adalah Brian, runner up MasterChef Indonesia. Mie Tom Yum, Mie Kebab, Mie Bolognise, Killing Mie, hingga Pizza Mie bisa jadi pilihan kamu. O iya, untuk ukuran rasa pedas, Killing Mie mengguakan level dengan skala 0-5. Menurut saya, yang lumayan doyan masakan pedas, level 2 pun udah berasa pedasnya, sementara level 5 saya nggak berani (Cupu!). Mau coba menu selain mie juga bisa, seperti Chick and Cheese (ayam yang disiram dengan melted cheese dan disajikan dengan french fries), nasi goreng, hingga aneka roti bakar. O iya, kalau mau pesan sebaiknya tanyakan dulu porsinya, soalnya ada beberapa menu super besar, yang bisa dimakan 2-3 orang.

killing mie solo

Suasana: Killing Mie memang berada di kawasan dengan banyak tempat makan hip. Didominasi warna kuning, gerai Killing Mie ini cukup menarik perhatian. Beberapa dindingnya dihiasi mural. Meja dan bangku kayu tersedia untuk sekitar 50-60 pengunjung.  Banyak anak muda dan pelajar yang makan dan hangout di sini. Btw, Killing Mie juga suka kasih promo dan gimmick, seperti diskon untuk pelajar dan kompetisi foto.

killing mie solo

Lokasi: Jl.Kenanga 22 Badran Kota Barat

Kisaran Harga: Rp10,000 – Rp55,000an

Jam Buka: Senin-Kamis: 12.00-23.00, Jumat 12.30-23.00, Sabtu: 12.00-24.00, Minggu: 11.00-23.00

Instagram: @killingmie

Kontak: 0271-7882046

Shawarmanis, "Little Morocco" di Solo

Menu: Shawarmanis menghadirkan aneka menu bercita-rasa Timur Tengah, dan andalannya adalah shawarma yang  berisi potongan daging, sayur, serta saus, serta dibungkus dengan tortilla. Mirip kayak kebab, lah! Selain itu, kamu bisa coba Pizza Lahm (pizza dengan potongan daging Shawarma, pepperoni, dan paprika), Nasi Mandhi Ghonam (nasi khas peranakan Timur Tengah), aneka dessert, dan lainnya. Saya sendiri suka dengan shawarma dan pizza-nya. 

Btw, kalau makan di gerai yang baru dibuka pertengahan Juli 2017 lalu ini, jangan sungkan nanya-nanya ke pramusajinya. Soalnya, banyak nama menu yang belum familiar dan memakai istilah bahasa Arab. Kecuali kalau kamu memang mahasiswa jurusan Sastra Arab. Hihihi.

shawarmanis

Suasana: Sejalan dengan konsep menunya, Gerai Shawarmanis juga didesain bernuansa Timur Tengah. Nggak memakai terlalu banyak detail, Shawarmanis bermain dengan dekorasi dan motif pada dinding, tegel kunci pada lantai, lampu, serta beberapa pajangan. Kalau lihai menggunakan kamera hape, mungkin kamu bisa medapatkan foto (atau Instagram story) dengan "feel" Maroko. Sedap!  

Lokasi: Jl. Kartopuran No.8, Serengan

Jam Buka: 13.00 – 22.00

Kisaran Harga: Rp9,000 – Rp56,000

Instagram: @shawarmanis

Kontak: 085702043361

Kedai Roti Bakar 543: Ada Berapa Menu? Ratusan!

Menu: Kayaknya variasi roti bakar, mie, dan nasi goreng apa aja ada di sini. Secara, menurut situs resminya, total menu Kedai Roti Bakar 543 ada 180 bijik! Yang paling beken, tentu saja roti bakar kekinian dengan segala macam pilihan topping, mulai dari Ovomaltine, Matcha Ice Cream, Magnum, KitKat, Toblerone, Sosis, serta banyak lainnya.

Karena selera saya yang agak, ehm, old school , maka menu favorit saya justru jatuh pada mi-telor-kornet-keju. Untuk menu mie, kamu bisa request level kepedasan 1 hingga 5, ya. O iya, pilihan minumannya juga banyak dan seru-seru, seperti Manggo Smoothies Granola, Black Forrest, Marshmellow Green Tea Choco (masih belum kebayang rasanya, hehehe), Vanilla Cadburry, dan banyak lainnya. Lengkap aneka rasa, aneka warna!

kedai roti bakar 543

Suasana:  Gerainya sendri cukup simpel, yaitu dengan meja dan bangku kayu panjang serta ilustrasi Kedai Roti Bakar 543 pada dindingnya. Kedai ini hampir selalu dipenuhi sama pengunjung. Saking suksesnya, kini Kedai Roti Bakar 543 membuka cabang di kota lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Jepara, Bali, Tangerang Selatan, Sragen, Bekasi, dan Cirebon.

Lokasi: Jalan Samratulangi 20 Manahan Solo (Pusat) dan Jl. Sutan Syarir No. 100C, Widuran (Cabang)

Jam buka: 10.00-24.00

Kisaran Harga: Rp10,000 – Rp50,000

Kontak:  (0271)7461543  dan 082260543543 (Line)

Instagram: @rotibakar543

Yellow Truck Coffee, Tempat Ngopi-Ngopi Kece

Menu: Kedai ngopi murah meriah ini berasal dari Bandung, dan juga ada di Jakarta, Bogor, Depok, Yogyakarta, dan Lampung. Di sini tersedia beraneka kopi, termasuk es kopi susu yang femes dan kekinian itu. Kamu bisa coba juga Caramel Macchiato, Affogato, Hazelnut Latte, Oreo Chips Blend, hingga aneka minuman Milkshake, mojitos, dan cokelat. Sementara pilihan makanannya cukup familiar di lidah, macam spaghetti, kentang goreng, rice bowl ayam dan sapi, burger, cordon blue, nasi goreng, ayam penyet, hingga aneka roti bakar. Pokoknya, dari makanan berat hingga camilan, dari western, Asia, sampai Indonesia. Yellow Truck Coffee ini seolah membawa cita rasa kafe khas Bandung yang inovatif ke kota Solo.          

yellow truck coffee

Suasana: Rumah tua yang apik disulap menjadi kedai kopi. Hasilnya, homey sekaligus estetik. Yang artinya, venue bernuansa warna kuning dan dinding bata putih ini nyaman buat nongkrong bareng teman atau ngerjain tugas. Untuk tempat duduk, saya prefer yang di belakang dekat taman, karena serasa lagi di rumah. Setiap sudut dan detail Yellow Truck Coffee sendiri fotogenic. Dari  meja, lantai, pintu, hingga pajangannya. O iya, konsep kedainya juga open bar, jadi kamu bisa melihat barista membuat minuman, atau nodong minta diajarin.

Lokasi: Jl.Kebangkitan Nasional nomor 1935

Jam buka: 10.00 – 23.00

Kisaran harga: Rp12,000 – Rp36,000

Instagram: @yellowtrcukcoffee

Panties Pizza, Pizza-nya Anak Muda

Menu: Satu lagi nih, kedai asal Solo yang sukses berat dan ekspansi ke kota-kota lain. Panties Pizza sebenarnya adalah sebutan untuk jenis pizza lipat a.k.a calzone. Nah, semua menu di Panties Pizza adalah pizza lipat, dengan variasi berbagai topping, dari aneka daging, sampai yang manis.

Kamu bisa mencoba University Pizza (sosis ayam, sosis daging, bakso, daging kebab, salami, jamur), 1001 Nights Pizza (daging dengan bumbu rasa timur tengah, yang agak mirip kayak kebab), Mission Im-Pizza-ble (sosis sapi dan mozzarella), Banana Pizza (pisang dan cokelat), dan lainnya. Satu porsi Pizza lipat terdiri dari 4 potong, yang bisa dimakan 1-2 orang, atau 4 orang kalau lagi bener-bener bokek. Hihihi. Tapi enakan sih, dateng ramean, mesen varian pizza yang beda, trus dimakan bareng-bareng.

Suasana: Venue gerai yang berdiri sejak tahun 2013 ini biasanya dipenuhi anak muda, baik yang di gerai pusat maupun di mal. Ilustrasi dengan warna-warna cerah menghiasi dinding Panties Pizza. Tempat duduk dan penataannya sendiri standar aja, sih. Cuma mungkin karena tempatnya yang santai dan banyak pengunjung muda, jadi berasa nyaman di situ.

panties pizza

Lokasi: Jl. Kebangkitan Nasional No. 63 Penumping, Surakarta (Pusat), Mal Paragon (cabang)

Jam buka: 11.00 – 22.00

Kisaran Harga: Rp21,000 – Rp29,000

Instagram: @pantiespizzaindonesia

Kontak: 0271 7462075

(sumber gambar: Instagram Panties Pizza, Smile Kitchen, Killing Mie, Shawarmanis, Yellow Truck Coffee, Kedai Roti Bakar 543, Solofoodgram, solo-delicious.com, two-travelers.weebly.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 7 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 18 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 19 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1