Rekomendasi Toko Stationery dan Perangkat Belajar Kece di Berbagai Kota Indonesia

Saya paling nggak setuju kalau dibilang stationery adalah pernak-perniknya cewek. Alat tulis dan perangkat belajar bukan monopoli gender tertentu, lho (ceileh!). Selain fungsional, perlengkapan ini bisa menambah semangat buat belajar. Makanya, hunting stationery beserta tetek-bengek ruang belajar pun menjadi agenda menyenangkan menjelang masuk sekolah atau kampus.

Berikut adalah rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi untuk berbelanja alat tulis dan perlengkapan belajar lainnya.

1. Gramedia, Toko Gunung Agung, Karisma

Lokasi: Berbagai kota di Indonesia

Ketiganya adalah toko buku besar yang bisa ditemukan di berbagai kota. Kalau hunting ke sini, teliti deh, bagian stationery dan sekitarnya. Kadang perlengkapan belajar atau alat tulis yang oke suka nyelip di seksi gift, barang anak-anak, atau malah di area kasir. Intinya jangan malas nyari dan ngubek-ngubek. Saya sendiri sering nemu alat tulis kece nan berfaedah (dan murmer!) di antara setumpukan koleksinya.

toko buku

2. Pasar Pagi Mangga Dua   

Lokasi: Kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara

Ke Mangdu (Mangga Dua)? Emangnya  mau beli baju? Jangan salah, gaes, di Pasar Pagi Mangga Dua ada satu lantai penuh (lower ground) yang menjual perlengkapan ATK (alat tulis kantor), termasuk pensil dan pulpen gambar dengan berbagai ukuran yang biasa digunakan anak Desain, Arsitektur, atau Teknik. Selain di LG, ada juga beberapa toko stationery yang tersebar di berbagai lantai.  Oya, di sini kamu akan mendapat harga yang lebih ekonomis jika membeli banyak.

3. Asemka

Lokasi: Jl. Pentongkangan, Jakarta Barat

Asemka merupakan pasar grosir yang menjual souvenir, aksesoris, mainan, alat tulis serta perlengkapan buat kamar dan meja belajar kamu. Walau kebanyakan buat anak-anak, tapi berdasarkan pengalaman pribadi, bisa kok menemukan yang pas buat anak muda. Di sini kamu juga bisa mencari tempat pensil atau pouch dengan kualitas yang oke. Ada juga yang menjual rak atau laci kecil untuk menyimpan perlengkapan  belajar. Tempat ini pas buat kamu yang suka "tantangan" menyusuri pasar yang crowded dan tawar-menawar dengan penjual.

4. Aksara

Lokasi: Kemang  Raya, Cilandak Town Square, Pacific Place Jakarta

Kalau kamu suka tempat yang cozy dan rada sepi untuk belanja plus menyukai barang dengan berkualitas tinggi, kayaknya toko buku Aksara pas untukmu. Selain buku-buku, Aksara juga mengkurasi alat tulis, perlengkapan belajar, serta benda-benda yang berkaitan dengan hobi. Sebagian barangnya adalah produk impor dan ada juga yang produksi lokal. Yang jelas, koleksinya dikurasi alias dipilih yang sesuai dengan standar kualitas serta gaya Aksara. Alhasil, barangnya pun nggak banyak, sehingga pas untuk yang nggak pengen ribet ngubek-ngubek barang. Di sisi lain, karena barang-barangnya merupakan pilihan, kamu mungkin perlu merogoh kocek lebih untuk membelinya.

Saya sendiri selalu menyempatkan diri untuk melihat-lihat koleksi stationery aksara karena barangnya unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

5. Kinokuniya

toko buku kinokuniya

Lokasi: PIM 2, Plaza Senayan, Grand Indonesia Jakarta

Sama dengan Aksara, Kinokuniya merupakan toko buku yang didominasi koleksi buku impor. Bedanya, Kinokuniya lebih besar. Kebanyakan koleksi stationery di sini diimpor dari Amerika, Jepang, dan China. Biasanya suka ada tuh, notebook yang kece atau alat tulis yang canggih.

6. Scoop

Lokasi: Jakarta, Bandung, Surabaya

Kalau kamu suka stationery dan perlengkapan ruang belajar bergaya Jepang, tepat sekali kamu datang ke mari. Scoop memang nggak sebesar toko buku, namun gerainya yang berada di mal memuat banyak pernak-pernik alat tulis. Saya sendiri cukup betah berlama-lama di sana sambil memperhatikan detail barang-barangnya.

7. Paperclip

toko buku

Lokasi: Jakarta, Medan, Surabaya

Sesuai namanya, inilah gerai yang menjual kebutuhan tulis-menulis. Ragam stationery yang dijual cukup komplet. Sehingga kalau kamu butuh berbagai tipe pensil, pulpen, spidol, atau cat poster untuk berbagai kebutuhan, kamu bisa mampir ke mari.  

8. Gift shop di mal

Lokasi: Berbagai mal/pusat belanja

Di tiap mal, biasanya ada gift shop dan di situ (biasanya) terdapat koleksi alat tulis berbagai gaya. Yang menyenangkan, koleksi masing-masing gift shop itu berbeda-beda. Bahkan ada yang menjual produk lokal yang dibuat di daerah tersebut. Siapa tahu kamu menemukan "harta karun" berupa stationery keren dengan harga yang miring. Karena koleksi tiap gift shop unik dan berbeda, tiap plesir ke berbagai daerah, saya selalu menyempatkan mengintip gift shop-nya.

9. “Gerobak” Pernak-Pernik di mal

Lokasi: Berbagai mal/pusat belanja

Selain gift shop, ada pula gerai mungil atau gerobak di selasar mal. Sesekali coba deh, hunting alat tulis di situ.

10. Toko alat tulis/koperasi Kampus

buku universitas indonesia notes

Nah, tiap kampus biasanya punya toko/koperasi yang menyediakan alat tulis dengan harga yang cocok dengan kantong mahasiswa dan pelajar. Tersedia pula alat tulis sekaligus merchandise kampus. Misalnya, notebook, map, atau pulpen dengan logo atau desain almamater. Bagi yang masih SMA, boleh aja, sih, beli perlengkapan dengan logo/desain kampus favorit. Biar makin semangat belajarnya!

***

Kalau nanti udah beli perlengkapan sekolah, boleh dong “pamer” foto-foto pas masuk sekolah, sekalian ikutan Youthmanual Photo Competition “Hari Pertama Sekolah”. Caranya, upload foto hari pertama kamu ke Instagram dan tulis resolusi kamu di tahun ajaran baru. Jangan lupa follow IG Youthmanual, sertakan tagar #Youthmanual, #YMHariPertamaSekolah, #RancangMasaDepan, plus tag 10 temen kamu. Buat 5 orang dengan foto serta resolusi tahun ajaran baru terkece bakalan dapat akses ke Youthmanual Premium, lho.

Btw, selain gerai di atas, banyak notebook dan perlengkapan belajar keren lainnya yang dijual secara online. Misalnya di bobobobo.com, arterous.com, shopdeca.com, dan lainnya. Kamu punya rekomendasi tempat belanja stationery? Share di kolom komen, ya.

(sumber gambar: arterous.com, http://tokogrosir.my.id, tokopedia.net, plaza-senayan.com, paperclip.co.id, Youthmanual)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 6 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 18 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1