5 Tanda Hubungan Pacaran Kamu Nggak Sehat, dan Harus Diwaspadai

Punya pacar memang menyenangkan ya, gaes. Jadi punya partner yang bisa disayang, diajak bercanda, diskusi, dan jalan-jalan bareng.

Tapi, jangan mentang-mentang lagi dimabuk asmara, trus kamu mengacuhkan tanda-tanda bahaya dalam sebuah hubungan. Sayang sama seseorang boleh, tapi jangan sampai rasa sayang membutakan kamu.

Menurut saya, ini dia lima tanda hubungan pacaran nggak sehat yang harus kamu waspadai!

1. Kamu jadi nggak punya waktu untuk melakukan hal lain, dan akhirnya nggak punya kesempatan untuk mengembangkan diri

Saat pacaran, pergi kemana pun kalian harus berdua! Berangkat ke sekolah atau kampus, makan di kantin, pulang ke rumah, bahkan weekend juga dihabiskan sama pacar! Duileh, itu pacar apa double tape? Kok nempel melulu?

Trus, saking sibuknya pacaran, kamu jadi mengesampingkan kesempatan untuk mengembangkan diri seperti ikut les, aktif di ekskul atau Unit Kegitan Mahasiswa, hadir di acara sahabat dekat dan keluarga, atau bahkan sekedar me-time.

Padahal masa muda adalah masa yang harus digunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan networking dan skills, lho! Nggak mau, dong, anak muda lain sudah menorehkan banyak prestasi, sementara kamu cuma sibuk jalan-jalan sama pacar.

Kalau kamu selalu harus bareng pacar kamu, sampai kamu nggak punya waktu untuk melakukan hal-hal lain, tandanya hubungan kamu nggak sehat, gaes.

Hubungan Tidak Sehat 2 - Youthmanual

2. Dia nggak mendukung kamu, malah selalu mengkritik kamu

Pacar ideal adalah pacar yang selalu memotivasi kamu untuk jadi lebih baik. Dia bakal support apapun hal baik yang kamu coba lakukan. Contohnya, kalau kamu ikut kelas fotografi atau memasak, dan hasilnya nggak sempurna, pacar yang baik akan selalu menyemangati kamu.

Kalau pacar kamu malah lebih banyak nge-judge kamu dan nggak peduli sama proses yang sedang kamu lewati, berarti hubungan kalian nggak sehat, gaes. Misalnya, dia selalu mengkritik penampilan kamu sampai kamu selalu merasa buruk, nggak jadi diri sendiri, dan berusaha berubah demi dia. You are not someone’s project. Do not let anyone determine who you are!

3. Dia sering menyalahkan kamu dalam segala keadaan

Hubungan yang isinya berantem mulu, saling salah-salahan, dan jarang saling memaafkan juga salah satu tanda hubungan yang nggak sehat.

Ciri pacar yang nggak oke juga adalah, di setiap keadaan, dia selalu menjadikan kamu sebagai sumber masalah. Misalnya, kalian terlambat datang ke suatu tempat, dan dia menyalahkan kamu karena memilih jalur macet atau karena nggak berangkat lebih awal.

Padahal mungkin kamu juga nggak tahu jalur mana yang bakal macet, dan sebetulnya pacar yang telat datang menjemput kamu sehingga kalian nggak bisa berangkat lebih awal. Pokoknya, he yells at you all the time! Hih, nyebelin.

4. Dia baik sama kamu kalau lagi ada maunya aja

Kalau pacar kamu selalu baik kalau ada maunya aja, berarti hubungan kalian bener-bener nggak sehat! Sikap begitu menunjukkan bahwa dia nggak tulus dan cuma mau mengambil keuntungan dari hubungan kalian, tuh.

Contoh sikap “ada maunya” adalah, dia baik banget sama kamu, kalau mau minta kamu kerjain tugas-tugas sekolah atau kuliahnya. Setelah tugasnya selesai, dia balik cuek dan nggak peduli lagi sama kamu. Kalau kamu punya pacar yang kayak gini, mending suruh dia cari asisten, deh, bukan pacar.

Hubungan Nggak Sehat 1 - Youthmanual

5. Bingung antara nggak mau kesepian atau jatuh cinta

Banyak anak muda yang takut dibilang jomblo, atau nggak tahu gimana caranya menikmati kesendirian. Akhirnya, mereka memutuskan mempertahankan hubungan yang sebetulnya udah nggak sehat.

Menurut situs LifeHack, penelitian yang dilakukan oleh sekelompok Psikolog dari salah satu lembaga di Amerika menunjukka bahwa seseorang harus paham bahwa sifat posesif dan cemburu yang keterlaluan bukanlah indikasi dari perasaan sayang yang besar. Justru hal tersebut adalah tanda bahwa orang tersebut nggak mau kesepian.

Nah, kamu harus bisa membedakan, nih, dia pacaran sama kamu karena beneran sayang, atau cuma karena nggak mau kesepian?

(Sumber foto: hercampus.com, meandmrwrong.com, shutterstock)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1