Menu

6 Hal Kecil yang Nggak Pernah Dilupakan Oleh Orang Sukses

Kesuksesan adalah sesuatu yang terasa “besar”. Bener, nggak?

Maksudnya, pencapaian yang berhasil diraih oleh jerih payah kamu sendiri itu rasanya akan sangat membanggakan, karena kamu membangun kesuksesan itu sedikit demi sedikit dari nol. Orang-orang sukses pun juga berhasil meraih pencapaian besarnya dari sesuatu yang kecil.

Tapi, yang membedakan orang-orang sukses dengan yang lainnya adalah mereka nggak lupa kalau titel “sukses” itu nggak permanen. Mereka harus dapat mempertahankannya agar nggak stagnan—apalagi jatuh dalam kegagalan. Maka dari itu, mereka nggak pernah lupa untuk selalu melakukan hal-hal kecil ini agar kesuksesan mereka nggak hanya sekadar label “besar” yang sewaktu-waktu dapat menciut.

Apa aja, sih?

Orang sukses nggak pernah lupa untuk meninggalkan zona nyaman mereka

1

Zona nyaman didefinisikan sebagai keadaan psikologis dimana kamu merasa familiar, terkontrol, dan bebas kecemasan jika berada di dalamnya. Dengan kata lain, kamu akan mendapatkan banyak pressure dan stres jika berada di luar zona tersebut.

Padahal, untuk bisa berkembang dan mengejar kesuksesan, kamu harus terus menambah wawasan dan memperkaya pengalaman baru—yang berarti kamu harus berani untuk meninggalkan zona nyaman kamu!

Terus berada di zona nyaman berarti kamu nggak bisa mengambil risiko sehingga hidup kamu akan selalu konstan. Orang sukses, tuh, nggak “nyaman” berdiam di suatu tempat, lho. Makanya, nggak heran kalau mereka selalu bereksperimen dan berinovasi ke dalam zona baru untuk dapat terus menembus batas kemampuan mereka dalam mencapai kesuksesan.

Orang sukses nggak pernah lupa untuk belajar dan mencoba

Hal terkece tentang belajar adalah beribu manfaat yang yang akan kamu dapatkan dalam segala aspek kehidupan melalu proses tersebut. Orang-orang sukses berusaha untuk terus belajar hal-hal baru dan memperluas pengetahuan mereka, bahkan pada hal-hal yang mereka sudah tahu.

Kalau kamu memutuskan untuk berhenti belajar dan mencoba, maka nggak akan ada cara lain untuk memperluas pikiran kamu. Memperluas pikiran dan pengetahuan, tuh, penting banget untuk menuju kesuksesan. Soalnya, tanpa ilmu dan pengalaman baru, kamu nggak akan bisa mengembangkan diri kamu untuk dapat lebih menonjol dari orang lain. Ingat, sukses adalah sesuatu yang “besar”, ‘kan?

Coba, deh, bayangin kalau Bill Gates memutuska untuk berhenti belajar dan mencoba. Bisa jadi hari gini komputer dan internet masih jadi barang langka, sob! Tapi, karena dia tetap berpegang teguh pada mimpinya, ia terus bejuang sampai akhirnya mencapai kesuksesan tersebut.

Orang sukses nggak pernah lupa untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai

3

Siapa, sih, yang nggak merasa senang ketika idenya bisa terealisasikan? Masalahnya, proses merealisasikan suatu ide itu jauh lebih rumit dan melelahkan. Makanya, jika nggak ada komitmen yang kuat, nggak jarang proses realisasi ini terputus di tengah jalan karena mereka merasa nggak sanggup untuk menyelesaikannya.

Orang sukses nggak pernah menunda-nunda pekerjaan—apalagi berputus asa dan menelantarkan apa pun yang sudah mereka mulai. Soalnya, kalau mereka menyerah di tengah jalan, mereka nggak aka pernah mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan. Kalau tujuan nggak tercapai, gimana caranya mereka bisa berkembang dan meraih kesuksesan, hayo?

Selain itu, orang sukses juga sangat menghindari multitasking, karena hal itu hanya akan menurunkan produktivitas. Ketika kamu ber-multitask, kamu membatasi kemampuan kamu untuk fokus secara total pada satu tugas tertentu pada suatu waktu. Orang-orang sukses memanfaatkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki dengan berfokus pada satu tugas dan satu waktu saja, sehingga akan lebih banyak tugas yang dapat terselesaikan. Saik!

Orang sukses nggak pernah lupa untuk meminta pendapat

Kebanyakan orang akan merasa gengsi apabila mendapatkan komentar dan kritik dari orang lain. Tapi, orang sukses nggak pernah merasa begitu, tuh!

Meminta pendapat, umpan balik, dan saran adalah salah satu hal krusial bagi orang sukses agar dapat terus berkembang. Ketika dihadapkan oleh pilihan yang sulit, mereka nggak akan ragu untuk meminta opini orang lain guna mendapatkan jalan keluar yang menguntungkan paling banyak pihak. Dengan kata lain, orang sukses itu nggak egois, hihihi.

Tapi perlu untuk diingat kalau meminta pendapat bukanlah hal yang mudah, ya, gaes. Meminta pendapat buka berarti kamu nggak bisa mengambil keputusan dan nggak independen, tetapi itu berarti kamu terbuka pada segala opsi dan kesempatan yang membuat kamu dapat berpikir lebih luas. Jadi jangan pernah takut untuk bertanya, ya!

Orang sukses nggak pernah lupa untuk move on

5

Move on bukan cuma sebatas ngelupain mantan aja, tapi juga gimana caranya kamu bisa meninggalkan masa lalu kamu dan nggak membiarkannya mendikte masa depan kamu.

Maksudnya gimana, tuh?

Jadi, mereka hanya menjadikan pengalaman masa lalu sebagai pembelajaran—bukan sebagai sesuatu yang harus direnungkan berlarut-larut. Baik kegagalan maupun kesuksesan yang telah mereka dapatkan di masa lalu hanya dijadikan sebagai bahan refleksi untuk menentukan langkah apa yang selanjutnya mereka ambil agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Banyak orang yang sulit untuk bangkit kembali setelah mengalami kegagalan—begitu pula yang mudah merasa puas setelah mencapai suatu kesuksesan. Nah, orang sukses nggak suka berlama-lama menikmati dampak ini, sehingga mereka memilih untuk segera move on dan terus maju untuk mencoba mengejar keberhasilan yang lain.

Orang sukses nggak pernah lupa untuk berpikir positif

Sudah tahu, kan, apa bedanya orang yang yang selalu berpikiran positif dengan orang yang selalu berpikiran negatif? Orang-orang yang selalu berpikiran positif, tuh, bakalan selalu satu langkah lebih dekat dengan kesuksesan, lho!

Sikap optimis, prasangka buruk, dan lingkungan negatif adalah hal-hal yang sangat dihindari oleh orang-orang sukses. Individu yang negatif sangat destruktif dan bakal membuat kamu nggak bisa memfokuskan diri untuk mencapai kesuksesan. Kenegatifan yang ditimbulkan akan mengaburkan impian dan tujuan yang aku capai. Ingat, success is all about mindset!

Dalam mencapai kesuksesan, dibutuhkan fokus dan tekad yang bulat, dan setiap orang sukses kesamaan dalam hal ini. Mereka nggak akan membiarkan pengaruh buruk untuk menghalangi mereka untuk mencapai tujuan dan meraih kesuksesan, karena mereka yakin hanya mindset yang positif-lah yang dapat membantu mereka mewujudkan impiannya.

(sumber gambar: lingualinkdc.net, cdn.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©