Menu

Apa yang Harus Dilakukan Anak Muda Supaya Bisa Sukses di Era Teknologi dan Digital

Teknologi menjadi tema penting di zaman sekarang ini. Tema ini diangkat di seminar, workshop, bahkan dikaitkan dengan acara-acara anak muda generasi milenial. Nggak heran, sih, soalnya teknologi emang udah jadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Perkembangannya yang cepat bikin semua pihak merasa harus merespon dan membicarakan tentang era teknologi dan digital.

Sebagai generasi milenial, kita dianggap paling savvy soal teknologi. Bukan cuma pasar, anak muda sekarang dianggap mampu menangkap peluang teknologi. Teknologi dianggap sebagai alat yang bisa mempercepat kesuksesan.

Kepercayaan, etos kerja, bahkan network, semua itu dibangun melalui platform teknologi. Misalnya, untuk menilai profesionalitas seseorang, kita tinggal lihat bagaimana korespondensi melalui email atau chat orang tersebut. Makanya, di industri online shop, seseorang bisa langsung transfer uang untuk beli barang, meskipun belum pernah bertemu langsung dengan si penjual!

Tapi bener nggak, sih, generasi milenial beneran tau cara memanfaatkan teknologi dengan baik? Jangan-jangan, teknologi cuma dipakai buat belanja atau stalking mantan aja. Jangan sampe kayak gini ya, gaes… Soalnya, seiring dengan kemudahan di era teknologi dan digital, persaingannya juga jadi lebih besar.

Ini dia beberapa strategi yang harus dilakukan anak muda supaya bisa sukses di era teknologi dan digital!

Tetap disiplin dan profesional

Kirim tugas sekolah atau kuliah via online? Wawancara via Skype? Nggak masalah, gaes. Justru yang menjadi masalah adalah ketika semua kemudahan itu nggak kamu barengi dengan disiplin dan profesionalitas. Bagaimanapun juga, teknologi akan mempermudah dan mempercepat kesuksesan, kalau kamu bekerja keras dan tetap mempersiapkan segala sesuatu dengan niat!

Berani berbeda

Dengan teknologi, semua orang akan mendapatkan atau menawarkan kemudahan dan cenderung melakukan hal-hal yang sama. Misalnya, perusahaan transportasi online sama-sama memberi kemudahan dalam memesan ojek. Keduanya juga sama-sama murah. Bedanya, yang satu selalu menawarkan masker kepada penumpang dan yang satu lagi nggak. Tentu kita lebih memilih jasa transportasi online yang menawarkan masker karena service-ya lebih baik.

Hal yang sama berlaku buat kamu. Kalau kamu ingin terlihat menonjol diantara yang lainnya, cobalah buat hal berbeda di era teknologi dan digital ini. Karya kamu baik di bidang akademis (esai, makalah atau skripsi) ataupun di bidang media sosial (youtube, blog atau vlog) tentu harus menawarkan perbedaaan agar mendapat nilai lebih.

Menjaga komunikasi digital dengan baik

Setuju nggak, sih, kalau saya bilang interaksi manusia mulai berkurang kualitasnya? Maksudnya, kita sekarang lebih banyak chat dibanding ketemu. Lebih banyak memantau daripada terlibat. Padahal, teman-teman dan saudara mungkin butuh kita lebih dari itu. 

Menjaga "kehadiran" kita, meskipun secara digital penting banget, gaes. Misalnya, coba kasih komen di postingan temen kamu daripada cuma sekedar kirim likes atau love. Atau coba ajak teman kamu ngobrol via chat sedikit lebih lama dibanding cuma saling menimpali di grup. 

Era teknologi dan digital nggak boleh menghilangkan empati kamu terhadap orang-orang di sekeliling kamu, ya. Ini salah satu cara sukses membangun hubungan yang tetap real!

Tetap relevan

Selain menjaga komunikasi, menjadi relevan juga penting banget. Meskipun era teknologi dan digital terus berkembang, tapi apa yang kamu presentasikan ke orang-orang di sekeliling kamu harus tetap "nyambung" sama mereka. Misalnya, jangan memakai istilah teknologi yang terlalu sulit atau tanpa penjelasan. Atau malah sok-sok membicarakan soal hal baru padahal kamu belum mengerti apa-apa tentang hal tersebut.

Terus belajar tentang kemajuan teknologi terbaru

Jangan anti sama teknologi baru!

Beberapa dari kamu mungkin masih bingung tentang istilah cloud computing, vritual reality dan lain sebagainya. Tugas kamu biar tetap bisa keep up dan sukses di era digital ini adalah dengan nggak anti sama hal-hal baru di dunia teknologi.

Awalnya, kita mungkin akan sulit memahami, apalagi kalau background pendidikan kita bukan di bidang ini. Tapi kesulitan itu jangan bikin kamu mundur dan akhirnya gaptek ya, gaes. Utak atik terus teknologi yang lagi berkembang sekarang. Meskipun kamu belum membutuhkannya untuk aplikasi kegiatan sehari-hari, tapi at least kamu udah tahu infomasi terbarunya.

 

(Sumber gambar: s3.amazonaws.com, liveitforward.com, elearningindustry.com)

LATEST COMMENT
Rusni | 2 hari yang lalu

Pengen masuk universitas tanjung pura

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
Aisyah Galuh | 2 hari yang lalu

Saya juga suka jasa titip. Tapi biasanya jastip saya dari toko online kemudian saya jual ke teman teman dengan menaikkan harga. Lumayan sih untungnya

10 Ide Bisnis Buat Mahasiswa dan Pelajar yang Nggak Menyita Waktu (Bagian 2)
Obbi Handira | 2 hari yang lalu

Program Pascasarjana S2 Terbaik di Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area yang sudah Terakreditas A oleh BAN-PT, informasi lengkap kungjungi www.uma.ac.id dan pasca.uma.ac.id

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Agribisnis Terbaik
Obbi Handira | 4 hari yang lalu

Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©