Sekolah Bagus Tapi Jauh Atau Dekat Tapi Bukan Favorit?

Salah satu dilema memilih sekolah adalah ini: pengen sekolah yang bagus tapi lokasinya jauh dari rumah. Sekalinya ada yang dekat, menurut kita kurang oke. Jadi pilih yang mana, ya?

Sekolah Favorit VS Zonasi

Sebenarnya pemerintah ingin menghapus fenomena sekolah favorit dengan kebijakan zonasi, khususnya di sekolah negeri. Dalam kebijakan zonasi, calon siswa yang diterima di sekolah negeri adalah yang tempat tinggalnya berada pada zona yang sama dengan sekolah. Jadi jarak rumah ke sekolah relatif dekat.

Kebijakan ini menimbulkan protes, lantaran banyak orang yang ingin masuk sekolah tertentu (favorit), namun lokasinya jauh dari tempat tinggal.

Pemerintah pun memiliki alasan. Selain agar siswa nggak kejauhan, juga supaya kemampuan siswa di berbagai sekolah lebih merata. Bayangkan jika calon siswa yang nilainya tinggi hanya masuk sekolah yang dianggap favorit saja. Tak heran jika sekolah negeri yang itu-itu saja yang menjadi unggulan. Soalnya yang nilainya tinggi berkumpul di satu tempat.

Di sisi lain, banyak yang beranggapan kebijakan ini nggak fair. Semestinya yang menjadi pertimbangan utama adalah nilai. Apalagi, asal SMA memengaruhi peluang masuk perguruan tinggi di jalur SNMPTN.

Nah, yang tadi adalah pro-kontra kebijakan zonasi untuk sekolah negeri. Sekolah swasta lebih fleksibel dalam urusan ini. Calon siswa yang lolos tes dan dianggap memenuhi syarat bisa diterima.

Lantas, apa yang sebaiknya kita pilih sekolah bagus tapi jauh atau dekat tapi bukan favorit?

Sebagai bahan pertimbangan, kamu perlu mengecek 10 poin berikut ini.

  1. Perbandingan jarak tempuh kedua sekolah (tentunya dengan memperhitungkan kemacetan, ya.)
  2. Total biaya sekolah, baik SPP bulanan, jajan, maupun ongkos transportasi.
  3. Fasilitas dan transportasi ke sekolah tersebut, apakah naik angkutan umum, nebeng, diantar, atau lainnya.
  4. Apakah kebutuhanmu dipenuhi di sekolah tersebut. Misalnya, kamu ingin bergabung dengan klub basket, apakah tersedia di sekolah, ataukah kamu perlu ikut klub di luar sekolah? Perhatikan pula alokasi waktunya.
  5. Bagaimana lingkungan sekolah tersebut.
  6. Bagaimana tipe siswanya. (Kamu dapat menanyakan hal ini pada kenalan yang bersekolah di sana).
  7. Pelajari kurikulumnya.
  8. Gaya pengajarannya. Walau sekolah negeri dan kebanyakan sekolah swasta memiliki kurikulum nasional yang sama, namun bisa jadi ada perbedaan pada fokus dan gaya belajar-mengajar.
  9. Kondisi fisik dan mentalmu. Apakah kamu tipe orang yang terbiasa perjalanan jauh sehari-hari (perjalanan jauh ke sekolah) atau lebih baik yang dekat karena mudah lelah?
  10. Pertimbangan lain yang kamu harapkan dan butuhkan dari sekolah.

Kebutuhan dan keinginan tiap orang soal sekolah berbeda-beda. Jadi, jawabannya ada pada dirimu sendiri, pilih sekolah idaman yang jauh atau lebih memilih sekolah lain yang jaraknya dekat?

(Sumber gambar: Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 17 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 22 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 22 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 23 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 25 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1