10 Hal Seru Tentang Olimpiade Rio 2016, Mulai Dari Katy Perry Sampai Virus Zika

Penggemar olahraga garis keras, siap-siap nongkrongin TV terus, nih, selama dua minggu ke depan, karena Olimpiade 2016 bakal dimulai minggu ini! 

Bagi yang ketinggalan informasi, tahun ini, Olimpiade musim panas berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil, mulai tanggal 5 Agustus sampai 21 Agustus 2016 nanti. 

Pesta pembukaan dan penutupan akan berlangsung di Stadion Maracanã, dan selama Olimpiade berlangsung, bakal ada 10.500 atlet dari 206 negara yang akan bersaing di 42 cabang olahraga yang berbeda. Termasuk Indonesia? Pastinya.

Berikut adalah 10 hal seru yang perlu kamu ketahui tentang Olimpiade musim panas 2016 ini.

1. Supermodel asal Brasil Gisele Bundchen dilaporkan akan tampil di upacara pembukaan Olimpiade 2016 tanggal 5 Agustus nanti. Katanya, Gisele akan menjadi sosok "The Girl From Ipanema" dalam acara ini.

2. Setelah lebih dari 100 tahun dan ratusan purnama berlalu, cabang olahraga golf akhirnya kembali dipertandingkan di Olimpiade tahun ini. Masalahnya, empat pemain golf top dunia dikabarkan nggak akan tampil di pertandingan ini. Mereka adalah Hari Jason, Jordan Spieth, Rory Mcllroy dan Dustin Johnson. Untuk ukuran Olimpiade, hal ini jadi bikin turnamen golf jadi nggak seru banget! 

Kenapa? Katanya, sih, karena para atlet tersebut takut dengan ancaman virus Zika yang ada di Brasil. Katanya, mereka lebih mementingkan keluarga dan kesehatan daripada medali emas Olimpiade. Huaaa, agak miris, ya.

Ada juga satu cabang olahraga yang benar-benar baru pertama kalinya akan tampil di Olimpiade, yaitu rugby seven.

3. Bicara soal virus Zika, virus yang disebar oleh nyamuk ini memang sedang marak di Rio de Janeiro. Penderita virus Zika bakal menderita gejala flu parah dan muntah-muntah hingga tujuh hari. 

Sebagai antisipasi, kebaranya panitia penyelenggara Olimpiade 2016 akan memasang kelambu di tempat tidur di mess atlet, dan setiap lokasi pertandingan akan dibuat se-anti-nyamuk mungkin. Yang pasti, sih, setiap kamar di mess atlet ini punya AC untuk menghalau nyamuk. Beberapa kontingen malah sudah menyiapkan baju olahraga anti nyamuk sendiri, seperti misalnya kontingen Korea Selatan.

Penampakan apartemen mess atlet Olimpiade Rio

Belasan ribu atlet internasional, relawan, dan staf Olimpiade 2016 telah menjalani tes kesehatan di Rio, dan sejauh ini, nggak ada yang terkena virus Zika. Meskipun begitu, beberapa atlet nggak mau ambil risiko. Juara tenis dari Kanada, Milos Raonic, dan bintang tenis Ceko Tomas Berdych juga dikabarkan mundur dari Olimpiade 2016 karena alasan virus Zika. Bahkan beberapa wartawan juga menolak pergi meliput ke Rio karena alasan yang sama. 

4. Brasil memperkirakan bakal ada 380,000 pelancong asing yang datang untuk menonton Olimpiade tahun ini.

Pengemudi taksi di Rio—yang sering disebut sebagai 'taxistas'—adalah warga Brasil pertama yang ditemui para pelancong setelah mereka keluar dari bandara. Wajar, dong, kalau para taxistas bisa dibilang  “duta Olimpiade” yang penting.

Alhasil, panitia penyelenggara Olimpiade 2016 memberikan kesempatan kepada para taxistas untuk kursus bahasa Inggris gratis! Dalam empat bulan, mereka biasanya sudah menguasai keterampilan berbicara dasar, supaya mereka bisa berkomunikasi dan memberikan info dengan baik kepada para pelancong.

5. Olimpiade 2016 adalah olimpiade pertama yang berlokasi di Amerika Selatan. Wah, setelah jadi tuan rumah Piala Dunia 2014, sekarang mereka jadi tuan rumah Olimpiade. Negara olahraga banget, ya!

6. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, akan ada satu tim yang terdiri dari 10 pengungsi (refugee), ikutan bersaing di Olimpiade. Tim ini terdiri dari beberapa atlet dari kamp pengungsi Kakuma di Kenya, dua perenang Suriah, dua judokas (atlet judo) dari Republik Demokratik Kongo, dan seorang pelari maraton dari Ethiopia. 

#TeamRefugees

Lho, kalau begitu, tim ini mewakili negara apa? Mereka akan membawa nama Olimpiade saja (saat upacara pembukaan nanti, mereka akan melangkah ke stadion sambil membawa bendera resmi Olimpiade). Secara langsung, mereka menjadi simbol harapan bagi para pengungsi di seluruh dunia. Keren, ya?

7. Saat Olimpiade nanti, panitia penyelenggara kira-kira akan menyiapkan makan 60.000 porsi per hari untuk para atlet. Menunya adalah makanan-makanan pokok Brasil seperti beras, kacang hitam, daging panggang, tapioka, pao de queijo (roti keju), dan buah khas Amazon, buah acai yang super bergizi. 

8. Kabarnya, total biaya Olimpiade 2016 ini sebesar 37,6 miliar Real Brazil atau sekitar 150,926,4 triliun Rupiah! Biaya ini termasuk biaya konstruksi sampai biaya pemasaran. 

Olimpiade ini akan berlangsung di empat daerah yang berbeda: 

  1. Copacabana, yang akan menjadi tuan rumah voli pantai
  2. Barra, yang akan menjadi Olympic Park
  3. Deodoro, yang akan menjadi tuan rumah olahraga air, BMX, dan pusat berkuda
  4. Maracanã, yang memiliki dua stadion besar dengan 70.000 relawan untuk membantu jalannya pertandingan

9. Kamu pasti sudah tahu, dong, tentang tradisi estafet obor Olimpiade?

Tahun ini, estafet obor Olimpiade sudah dimulai dari tanggal 21 April lalu di Yunani, lalu terus diestafet sampai Brasil selama lebih dari 90 hari.  Obor akan sampai di Rio saat pembukaan nanti, tanggal 5 Agustus. 

FYI, harga tiket untuk nonton Olimpiade ini berkisar antara US $40 sampai hampir US$ 1,400. Tiket termahal ini berlaku untuk kursi terbaik pada upacara pembukaan. Yah, siapa tahu aja kamu mau nonton, sob!

10. Setelah tiga tahun nggak mengeluarkan lagu baru, Katy Perry akhirnya meluncurkan single Rise dari album terbarunya. Nah, lagu ini pun langsung “diambil” sebagai lagu resmi Olimpiade 2016.

Lagunya memang cocok, sih, sob, sebagai lagu “pembakar semangat”. Simak aja liriknya, 'I won't just survive/ Oh, you'll see me thrive' dan 'Victory is in my veins/I know it, I know it,' 

Memang, ya, Katy Perry paling bisa membuat dan membawakan lagu-lagu pembakar semangat seperti Fireworks, Roar, dan kali ini Rise.

(sumber gambar: nbcolympics.com, radiotamazuj.org, dailytelegraph.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1