Apa itu Penilai Kinerja Karyawan ?
Melakukan penilaian kinerja pekerja di perusahaan untuk mengetes, memeriksa, mengevaluasi dan memetakan kemampuan pekerja tersebut. Hasilnya, bisa digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan mengevaluasi karyawan. Profesi ini berada di bawah bidang departemen human resources. Biasanya mereka bekerja secara freelance, tapi ada juga perusahaan yang mempekerjakan profesi ini sebagai pegawai tetap.
Jenjang pendidikan minimal
N/A
SMK
D3
S1
S2
Gaji rata-rata
Contoh dari Jabatan Pekerjaan
Tugas Penilai Kinerja Karyawan
Pengetahuan
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
Administratif
Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.
Personil dan Sumber Daya Manusia
Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.
Psikologi
Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan, kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan afektif.
Keterampilan
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
Manajemen Sumber Daya Personalia
Memotivasi, mengembangkan, mengarahkan staf saat bekerja, serta mengidentifikasi orang-orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.
Persuasi
Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.
Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.
Manajemen waktu
Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain
Menulis
Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens
Kemampuan
- 1
Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
- 2
Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
- 3
Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.
- 4
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
- 5
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti
Diskusi terkait profesi Penilai Kinerja Karyawan
Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.