Menu
Arm-Chair

Kriminolog

Hukum dan Kriminalitas


  • Gaji rata-rata

    5jt - 5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Kriminolog?

Kriminologi adalah bagian dari sosiologi yang berfokus dalam melakukan analisa dan studi mengenai kriminalitas; apa penyebabnya, bagaimana efek dan dampak sosial yang ditimbulkan. Tanggung jawab kriminolog meliputi menganalisis data untuk menentukan penyebab kejahatan & kriminilitas terjadi dan menemukan cara untuk memprediksi, mencegah, dan mencegah perilaku kriminal lebih lanjut. Kriminolog akan menganalisis melalui aspek psikologis, sosial dan prilaku dari pelaku tindakan kriminal.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

5jt - 5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Criminologist
Kriminolog

Tugas

Meneliti dan menganalisis pola tindakan kriminal pada masyarakat
Mencegah tindakan kriminal melalui serangkaian program edukatif dan rehabilitasi
Menganalisis metode rehabilitasi kriminal yang paling sesuai
Membuat laporan profil kriminal untuk kepolisian
Mengawasi tindakan kriminal

Pengetahuan

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Psikologi

Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan, kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan afektif.

Sosiologi dan Antropologi

Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren dan pengaruh masyarakat, migrasi manusia, etnis, budaya, sejarah, dan asal-usul

Terapi dan Konseling

Pengetahuan tentang prinsip, metode, dan prosedur diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi disfungsi fisik dan mental, serta memberikan bimbingan karir.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 5

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©