Arm-Chair

Esport Gamer

Olahraga


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Esport Gamer?

Esports (electronic sport) atau olahraga elektronik adalah bentuk kompetisi yang difasilitasi oleh sistem elektronik, khususnya video game dan game online. Pada dasarnya, ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bermain game secara kompetitif. Seorang Esport Gamer adalah orang yang bermain game kompetitif secara profesional dan terorganisir, biasanya melibatkan permainan berbasis tim ataupun individu. Kompetisi atau turnamen Esport biasanya dilangsungkan setiap musim, yang tentunya dihadiri oleh penggemar dan kompensasi yang jumlahnya yang tidak sedikit.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Professsional Competitive Gamer
Caster
Gamer Coach
Game & Player Analyst
Game Strategist
Tournament Referee
Gamer Team Manager
Game Event Manager

Tugas Esport Gamer

 

Melatih kemampuan dan keahlian dalam setiap game yang ditekuni dengan jadwal yang terstruktur
Mengikuti turnamen/kompetisi game sesuai dengan musim dan game yang ditekuni, baik secara individu maupun dalam tim
Mengikuti perkembangan dari game yang ditekuni dan dampaknya terhadap perubahan regulasi turnamen/kompetisi di setiap musim
Menyusun strategi untuk memenangkan turnamen/kompetisi tiap musim

Pengetahuan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Bahasa Asing

Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Manajemen waktu

Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.

  • 3

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 4

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 5

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 6

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 7

    Kecepatan Persepsi - Kemampuan secara cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan dari seperangkat huruf, angka, objek, gambar, dan pola. Hal yang dibandingkan dapat disajikan dalam waktu yang bersamaan maupun bergiliran. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek yang disajikan dengan objek yang diingat.

  • 8

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 9

    Reaksi yang Cepat - kemampuan untuk merespon secara cepat (dengan tangan, jari, atau kaki) pada sebuah sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyalnya muncul.

  • 10

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 11

    Sensitivitas Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau memberitahukan perbedaan antara suara yang berbeda nada dan kenyaringan.

Diskusi terkait profesi Esport Gamer

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1