Menu
Arm-Chair

Resepsionis

Perhotelan, Pariwisata dan Event


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Resepsionis?

Resepsionis dan Petugas Informasi secara umum bertugas untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum, pelanggan, pengunjung, dan pihak yang berkepentingan lainnya mengenai kegiatan yang dilakukan pada pendirian dan lokasi departemen, kantor, dan karyawan di dalam organisasi. Idealnya, seorang Resepsionis memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan dalam bidang hospitality, walaupun pada umumnya perusahaan di bidang mana pun membutuhkan profesi satu ini.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Concierge
Front Officer
Penerima Tamu
Juru Tulis
Asisten Unit
Petugas Informasi
Helpdesk
Customer Service

Tugas

Mengoperasikan switchboard telepon untuk menjawab, layar, atau meneruskan panggilan, memberikan informasi, mengambil pesan, atau menjadwalkan janji pertemuan
Menyambut dan menyapa tamu, menentukan sifat dan tujuan kunjungan, dan mengarahkan atau mengantar tamu ke tujuan yang diinginkan
Menjadwalkan pertemuan, mengikuti jadwal, serta memperbarui kalender janji temu
Mendengar dan menyelesaikan keluhan dari pelanggan atau publik
Menyimpan dan mengarsipkan catatan
Melaksanakan tugas pendukung administratif seperti proofreading, menyalin informasi tulisan tangan, atau mengoperasikan kalkulator atau komputer untuk bekerja dengan catatan pembayaran, faktur, neraca, atau dokumen lainnya

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Administratif

Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Bahasa Asing

Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Orientasi Melayani

Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 4

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 6

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

  • 7

    Artikulasi Berbicara - Pengucapan huruf/kata yang jelas

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©