Apa itu Resepsionis?
Resepsionis dan Petugas Informasi secara umum bertugas untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum, pelanggan, pengunjung, dan pihak yang berkepentingan lainnya mengenai kegiatan yang dilakukan pada pendirian dan lokasi departemen, kantor, dan karyawan di dalam organisasi. Idealnya, seorang Resepsionis memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan dalam bidang hospitality, walaupun pada umumnya perusahaan di bidang mana pun membutuhkan profesi satu ini.
Jenjang pendidikan minimal
N/A
SMK
D3
S1
S2
Contoh dari Jabatan Pekerjaan
Tugas Resepsionis
Pengetahuan
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
Administratif
Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.
Komputer dan Elektronik
Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
Bahasa Asing
Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.
Keterampilan
Aktif Mendengarkan
Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.
Orientasi Melayani
Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.
Kepekaan Sosial
Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
Berbicara
Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif
Menulis
Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens
Kemampuan
- 1
Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).
- 2
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
- 3
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
- 4
Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
- 5
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
- 6
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti
- 7
Artikulasi Berbicara - Pengucapan huruf/kata yang jelas
Diskusi terkait profesi Resepsionis
Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.