Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Nia Fitria
3 tahun yang lalu

Halo, Nia!

Menurut saya, wanita bercadar cocok-cocok aja, kok untuk terjun di dunia hukum. Yang penting, kamu udah yakin dengan minat dan kemampuanmu untuk kuliah di jurusan Ilmu Hukum. Kalau masih belum yakin, coba selesaikan Peta Perjalanan di Youthmanual, ya!

Di dunia kerja nanti, yang diutamakan adalah kemampuan dan kepribadian kamu. Jadi, lebih baik kamu fokus dalam meningkatkan kualitas diri. Semoga membantu!

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 943
Winda Asmarawati
3 tahun yang lalu

Halo, Winda!

Menurutku, kamu harus meyakinkan diri dulu, apakah kamu memang mau dan mampu untuk masuk jurusan Akuntansi atau hanya suka pelajarannya saja karena ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik sebelum menentukan jurusan. Silakan baca artikel ini, ya. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-kuliah/pengenalan-bidang-program-studi/bidang-ekonomi-dan-bisnis

Kalau kamu sudah bertekad ingin mengambil jurusan Akuntansi, kamu harus survei kampus mana yang dapat kamu tuju sebagai anak IPA yang lintas jurusan dan seperti apa tesnya, apakah harus tes Soshum atau tidak. Semoga membantu!

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 683
Puji Lestari
3 tahun yang lalu

Halo, Puji!

Lulusan jurusan Agribisnis tentunya dapat bekerja di sektor pertanian. Selain itu, lulusannya juga dapat bekerja di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

Karena berkaitan dengan bisnis dan ekonomi, tentunya jurusan Agribisnis akan banyak mempelajari penerapan matematika dalam bidang-bidang tersebut seperti di mata kuliah Ekonomi Umum, Pembiayaan Agribisnis, atau Manajemen Usahatani.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pertanian/agribisnis-sosial-ekonomi-pertanian-

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 576
Hilyatul Muthiah
3 tahun yang lalu

Halo Hilyatul!

Jangan merasa salah jurusan dulu cuma karena soal hitungan, rugi!

Menurutku, kalau kamu memang menyukai ekonomi, kamu harus perjuangkan pendidikan ekonomi yang sudah kamu ambil. Ingat kembali apa alasan kamu menyukai ekonomi. Lagi pula, hitung-hitungan di ekonomi tidak serumit di jurusan teknik kok. Asal kamu fokus dan berusaha, kamu pasti bisa! Jangan minder dulu karena merasa kurang bisa hitung-hitungan ya.

Untuk tups agar asik dalam mengerjakan hitungan, sebenarnya ya kamu harus yakin dulu kalau kamu mampu. Kamu bisa keterima, artinya kamu punya kemampuan! Dan coba fokus pada konteks ilmu ekonominya. Hitungan adalah bagian kecil dari ilmu ekonomi yang kamu suka. Semoga pandanganmu terhadap hitungan jadi berbeda dan tidak merasa beban ya.

Semangat!

Baca selengkapnya
0 676
ridwan rahmatullah
3 tahun yang lalu

Halo, Ridwan!

Kalau kamu ingin masuk jurusan ekonomi pembangunan, kamu bisa mulai dengan rajin membaca info atu berita terkini tentang dunia ekonomi. Wawasan ini penting buat kamu saat kuliah karena di perkuliahan akan banyak tugas yang namanya membuat makalah ekonomi dan juga presentasi.

Kamu juga harus mulai belajar membaca grafik-grafik data ekonomi supaya waktu kuliah nanti nggak kaget. Dan ketika kamu baca informasi tentang berita ekonomi, usahakan buat rangkuman atau kesimpulan untuk melatih penalaran kamu dalam mencerna informasi.

Coba biasakan dulu, jadi saat kuliah nanti kamu nggak kaget dan kesulitan ya.


Baca selengkapnya
0 542
Adika Rizqullah
3 tahun yang lalu

Halo, Adika!

Kewirausahaan itu bisa dalam bentuk apa saja. Kalau kamu suka seni, kamu bisa menjadi wirausaha di bidang seni kok. Jadi, objeknya adalah seni. 

Baca selengkapnya
0 376
Endra Furi
3 tahun yang lalu

Hi Endra,

Memang kadang bingung ya ketika kita punya banyak sekali minat. Tapi bukan engga mungkin ketika semuanya digabungkan lho. Kalau dilihat dari profil kamu, sepertinya kamu punya minat besar di arah bisnis dan juga kerja lapangan. Pernah coba eksplor profesi di bidang pariwisata? Lingkungan?
Nah, coba kamu eksplor dulu nih di www.youthmanual.com/eksplorasi . Jangan lupa diskusikan juga dengan orang tua dan guru kamu yaa. 

Lalu jurusan apa yang harus aku pilih? Ada dua opsi:
1. Pilih jurusan yang bisa menggabungkan ketiga minat kamu
2. Atau, pilih jurusan yang sesuai dengan salah satu minat kamu, lalu kedua minat lainnya dipenuhi dengan ikut kegiatan ekstra di luar kampus.

Berikut beberapa artikel yang bisa jadi referensi kamu:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/pilihan-jurusan-kuliah-buat-kamu-yang-suka-jalan-jalan

https://www.youthmanual.com/post?src=alam

Happy exploring!

Baca selengkapnya
0 787
Tigor Boris Sihotang
4 tahun yang lalu

Halo Tigor,

Terima kasih sudah bertanya di Youthmanual. Untuk menjadi fakultas ekonomi Universitas Indonesia, kamu perlu mempersiapkan diri untuk SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia). 

Pastikan kamu mempersiapkan diri untuk ketiga seleksi tersebut dengan mengikuti panduan persiapan ini sudah disediakan oleh Youthmanual dalam artikel berikut

https://www.youthmanual.com/post/persiapan-kuliah-101/persiapan-masuk-perguruan-tinggi-negeri/3-jalur-masuk-perguruan-tinggi-negeri-snmptn-sbmptn-dan-seleksi-mandiri 

Selamat merancang masa depan!

Baca selengkapnya
0 408
Diannisa Nur Rahma
5 tahun yang lalu

Halo Diannisa!

Wah saya salut banget kamu udah lihat-lihat mata kuliah di jurusan yang kamu inginkan :) Setahu saya, di jurusan Ekonomi Pembangunan atau Ilmu Ekonomi memang banyak membahas teori ekonomi yang ada rumus-rumus dan hitung-hitungannya, jadi kalau gak suka Matematika mungkin akan kesulitan.

Kalau kamu sukanya Ekonomi dan Akuntansi, kenapa nggak pilih jurusan Manajemen atau Akuntansi? Memang masih ada mata kuliah Ekonometrika atau Matematika Ekonomi sih, tapi porsinya tidak sebanyak di jurusan Ekonomi Pembangunan atau Ilmu Ekonomi.

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 852
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1