Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Permatha Hati Putri Akyani
3 tahun yang lalu

Haloo Permatha :) aku mau coba jawab pertanyaanmu yaa.. 

Mengenai indikator nilai agar diterima di jurusan atau universitas tertentu itu masih belum transparan hingga saat ini. Sehingga yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar masuk di jurusan dan kampus yang kamu impikan, kamu harus terus berlatih, berdoa, dan sering2 update youth manual ya! 

Semangatttt

Baca selengkapnya
0 973
ARIF MUDA HASIBUAN
3 tahun yang lalu
Izin menjawab. Bisa kok. Hanya saja emang tetap harus berlatih berinteraksi dengan manusia lainnya, karena komunikasi dengan sangatlah penting. Minimal mampu bersosial, latihan saja ketika berkuliah di dalamnya. Saya meyakini jika memang punya keyakinan kuat menjadi seorang praktisi hukum, dia akan memancing diri agar tetap bisa bicara, minimal dalam keseharian ataupun diskusi. 
Baca selengkapnya
0 1507
Ahm Fozzy
3 tahun yang lalu

Hi! Memang benar kalau teknik kimia dan teknik nuklir sangat dominan dengan fisikanya, untuk kimianya relatif sedikit. Jika kamu mau di salah satu jurusan tersebut, kamu harus lebih tekun dan banyak berlatih tentang pelajaran fisika. Pasti bisa kamu, good luck!

Baca selengkapnya
0 653
Putri ejaa
3 tahun yang lalu

Halo Putri!

Peluang diterima di suatu program studi sangat tergantung beberapa hal. Salah satu yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih program studi adalah tingkat keketatan persaingan di suatu jurusan.

1. Kampus yang kamu pilih. Program studi di tiap perguruan tinggi atau kampus pun masuk ke dalam kategori yang berbeda. Beberapa program studi psikologi di kampus seperti UNPAD, UNS, dan UNHAS termasuk program studi saintek (sains dan teknologi) atau IPA, sementara di kampus seperti UI, UGM, dan UNAIR program studi psikologi termasuk soshum (sosial dan humaniora) atau IPS. Jalur SNMPTN memang lebih memprioritasnya siswa dari jurusan IPA untuk masuk ke program-program studi saintek, tapi tidak menutup kemungkinan mereka yang dari jurusan IPS di SMA bisa masuk ke program-program studi soshum melalui jalur SNMPTN. 

2. Jika kamu ikut jalur SBMPTN, mulai tahun 2019 dengan adanya penerapan sistem UTBK siswa perlu mengambil tes yang sesuai dengan program studi kuliah yang akan diambil. Jadi, jika kamu mengambil program studi psikologi di UNPAD yang program studi psikologinya termasuk saintek, maka kamu perlu mengambil tes UTBK IPA.

Semoga membantu ya 

Baca selengkapnya
0 2603
Salman Novand
3 tahun yang lalu

Hai Salman,

pada dasarnya, siapa saja bisa berkuliah di jurusan apa saja. Tapi, perlu kamu pahami apakah jurusan Astronomi:

  • sesuai dengan minat dan kemampuanmu?
  • tersedia di PTN yang memperbolehkan calon mahasiswa yang lintas jurusan?

Jika jawabannya ya dan ada, hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah belajar dengan tekun untuk bisa lolos seleksi perguruan tinggi di jurusan Astonomi. Jika jawabannya belum tahu, kamu bisa ikutan tes minat bakat dulu di www.youthmanual.com untuk melihat seberapa cocok kamu dengan jurusan Astronomi, serta memastikan ke kampus terkait mengenai kebijakan penerimaan mahasiswa baru yang lintas jurusan.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1616
Cindi Meizoya
3 tahun yang lalu

Hi Cindi! Kata teman-teman aku di jurusan akuntansi, kamu hanya perlu menguasai matematika dasar (aljabar, + : x -, dll). Untuk matematika tingkat atas atau kalkulus, umumnya dipelajari oleh anak-anak FMIPA, FT, ataupun FK. 

Baca selengkapnya
0 892
Sandraa Dellaa
3 tahun yang lalu

Hi Sandraa! Kamu dapat mulai mempelajari biologi, fisika, matematika, dan kimia, terutama yang berkenaan dengan tubuh manusia. Untuk itu perlu latihan terus-menerus agar terbiasa dengan setiap bentuk soal dan agar maksimal dalam pemahaman konsep. Good luck!

Baca selengkapnya
0 808
Elsa fadila
3 tahun yang lalu

Halo, Elsa!

Bisa banget dong. Untuk persiapan kamu, nggak ada salahnya pelajari lebih lanjut tentang jurusan manajemen pelayanan rumah sakit disini: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/kesehatan/manajemen-pelayanan-rumah-sakit-perumahsakitan-

Baca selengkapnya
0 1044
nina
3 tahun yang lalu

Halo Nina! Perkenalkan, aku Shania, kebetulan tahun lalu aku mendaftar SNMPTN peminatan juga nih hehe, izin berbagi pengalaman yaa.

Jadi tahun lalu aku mendaftar SNMPTN peminatan kimia dengan keadaan tahun lalu hanya ada 1 alumni yang diterima SNMPTN di FMIPA ITB (tidak melalui jalur peminatan) dan ada 1 teman satu angkatanku yang daftar ke FMIPA juga (dia tidak mendaftar peminatan karena jurusan yang dia mau tidak bisa lewat jalur peminatan). Nilai teman satu angkatanku ini memang lebih tinggi dariku, tapi pada saat itu aku PD karena aku memilih peminatan sedangkan dia tidak, dan ada peluang kuota untuk sekolahku ditambah menjadi >1 karena yang aku tau alumniku tahun lalu ini berprestasi. Tapi ternyata saat pengumuman ternyata hanya 1 orang yang diterima, yaitu temanku.

Jadii, besar atau kecilnya peluang menurutku tergantung kuota, alumni, dan adakah pesaing dari sekolah yang sama <-- ini harus diperhatikan yaaa.

Semoga membantuu :)

Baca selengkapnya
0 1724
Arliany Any
3 tahun yang lalu

Hi Arliany! Dalam jurusan farmasi memang kamu dituntut untuk pandai hitungan, terutama dalam mata kuliah kimia. Pandai berhitung akan membantu kamu untuk mendapat nilai yang tinggi. Jika kamu tidak terlalu jago berhitung, kamu dapat berlatih terus-menerus dan memiliki target agar pandai berhitung. Good luck!

Baca selengkapnya
0 1274
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1