Manfaat yang Pasti Kamu Alami Kalau Kamu Jago Bicara Bahasa Asing

Masih ingat artikel Youthmanual tentang Tim Doner? Kalau belum, singkatnya, Tim Doner adalah seorang anak muda di Amerika yang mempelajari 23 bahasa dalam waktu empat tahun aja. Gokil!

Kalau kamu bisa bicara bahasa asing, kamu patut bangga, lho. Soalnya, ada banyak manfaat dan hal seru yang bisa kamu dapatkan dari skill ini. Lagian, buat generasi milenial, kemampuan menguasai bahasa asing—apalagi lebih dari satu bahasa—udah jadi hal wajib banget, deh.

Banyak yang bilang kalau kita terlalu sering menggunakan bahasa asing, berarti kita nggak cinta bahasa Indonesia alias nggak nasionalis. Kalau menurut saya, sih, yang penting kita menggunakan bahasa sesuai tempat, kondisi, dan lawan bicara. Nggak perlu ngomong bahasa asing sama teman atau famili sesama orang Indonesia di Indonesia, apalagi sama abang angkot dan gojek langganan. Tapi jangan juga anti-banget sama bahasa asing!

Anyways, apa aja, sih, manfaat dan hal seru yang bisa kamu dapatkan dari skill menguasai bahasa asing?

1. Bringing sexy to the next level!

Saya yakin, deh, banyak yang setuju kalau saya bilang kemampuan bahasa asing itu bikin kita jadi lebih seksi. Seksi di sini bukan berarti tampil dengan baju terbuka ya, gaes, tapi tampil dengan pembawaan yang smart dan berkarakter. THAT is sexy.

2. Memperluas networking

Bisa bicara bahasa asing bikin kamu lebih mudah kenalan sama orang lain di events skala internasional. Misalnya, seminar, workshop atau sekedar event meet up. Otomatis, ini bisa jadi kesempatan kamu untuk memperluas gebetan networking, gaes!

3. Menambah referensi bacaan

Banyak artikel atau informasi di internet disajikan dalam bahasa Inggris. Otomatis, kalau kamu jago bahasa Inggris, materi bacaan kamu juga jadi lebih banyak, dan kamu jadi bisa punya lebih banyak referensi dibandingkan teman-teman kamu. Menurut penelitian, mempelajari bahasa asing juga bikin otak kamu tetap tajam. Malah, sebuah studi tahun 2013 di bidang Neurologi menjelaskan bahwa mereka yang bilingual nggak rentan kena Alzheimer atau Dementia.

4. Menambah uang saku

Kalau kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa mengajar les atau menjadi penerjemah parus waktu, lho. Uang saku pun nambah, deh!

Manfaat Bilingual 2 - Yotuhmanual

5. Memperluas kesempatan belajar dan bekerja ke luar negeri

Beasiswa atau kesempatan kerja ke luar negeri akan terbuka lebih lebar buat kamu yang menguasai bahasa asing. Misalnya, kalau ada dua kandidat untuk mendapat beasiswa sekolah ke luar negeri, lembaga pemberi beasiswa pasti akan memprioritaskan kandidat yang bisa bahasa asing, dong!

6. Jadi punya nilai plus untuk dicantumkan di CV

Dengan mencantumkan “menguasai bahasa xxxx” di daftar kemampuan di CV, sudah pasti CV kamu jadi lebih outstanding dong, ya. Trus, dengan poin plus bahasa asing ini, kamu jadi punya posisi bargaining menawar gaji dengan lebih baik.

7. Nggak perlu subtitle

Pengen bisa nyanyi sepenuh hati sambil memahami arti lirik lagunya? Atau nonton film luar negeri tanpa subtitle? Nggak masalaaaah…

8. Jadi lebih mudah jalan-jalan di luar negeri

Saat travelling ke sebuah negara asing, kamu nggak bakal kesasar kalau kamu mengerti bahasanya. Kamu jadi bisa baca papan petunjuk di negara tersebut, dan baca menu makanan di restaurant lokal pun jadi lebih khidmat! Kamu juga bisa berinteraksi sama orang lokal, yang pastinya menambah keseruan travelling kamu. Minimal, kuasai bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, deh.

Manfaat Bilingual 1 - Yotuhmanual

9. Bisa marah-marah tanpa orang lain tahu. Hihihi…

10. Bisa nggosipin orang atau bahkan nguping pembicaraan orang lain tanpa mereka tahu. Hihihi… (lagi)

Saya sendiri punya pengalaman menarik dengan bahasa asing. Klik artikelnya, deh. Jadi, yuk, lebih banyak belajar bahasa asing agar kita bisa berkontribusi lebih besar untuk Indonesia!

(Sumber foto: news.psu.edu, millenialmagazine.com, udemy.com, 

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1