5 Profesi Paling Diincar Oleh Para Mahasiswa Lulusan Sastra Inggris

Dalam bidang sastra, Sastra Inggris merupakan salah satu program studi yang paling banyak diminati di Indonesia. Bahkan gosipnya, program studi sastra Inggris adalah program studi “paling aman” buat anak-anak IPS. Kendati demikian, program studi yang satu ini sering kali dianggap sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Anyway, buat kamu mahasiswa yang sedang atau ingin kuliah di Sastra Inggris, kamu nggak perlu khawatir kalau nantinya kesulitan mendapatkan pekerjaan, gaes. Mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional, tentunya peluangmu untuk memilih profesi yang kamu inginkan dan sesuai passion-mu masih sangat terbuka lebar.

Nah, karena banyaknya profesi yang bisa dipilih. Kamu mau tahu nggak, sih? Profesi apa saja yang paling banyak dipilih oleh para mahasiswa lulusan Sastra Inggris? Yuk, kita simak selengkapnya berikut ini

1. Translator

Salah satu profesi yang paling banyak dipilih oleh para mahasiswa lulusan Sastra Inggris adalah menjadi Translator a.k.a Penerjemah . Kalau kamu memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangaatt baik, orang akan menggunakan jasamu untuk menerjemahkan bahasa yang digunakan ke dalam Bahasa Inggris. Nggak cuma itu, saat ini, banyak juga perusahaan yang membutuhkan jasa dari seorang Penerjemah kalau ada tamu asing yang datang dari luar negeri untuk urusan pekerjaan.

That’s why, kalau kamu sedang kuliah di program studi ini, tapi bahasa Inggrismu masih biasa-biasa saja, kamu harus terus mengasah dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Siapa tahu, ‘kan, kamu bisa menjadi Penerjemah profesional yang dikenal banyak orang suatu saat nanti.

2. Wartawan atau Jurnalis

Profesi selanjutnya yang paling banyak dipilih oleh para mahasiswa lulusan Sastra Inggris adalah menjadi seorang Wartawan atau Jurnalis. Prospek karier seorang Wartawan atau jurnalis cukup menjanjikan di masa depan karena masih banyak perusahaan yang membutuhkan Wartawan atau Jurnalis yang berkualitas.

Tugas dari Wartawan atau Jurnalis sendiri adalah menuliskan berita atau laporan—dimana tulisan atau laporan tersebut akan dimuat di koran sebagai berita atau di stasiun-stasiun TV dan radio. Trs, kerja sebagai Wartawan atau Jurnalis, itu capek nggak, ya? Harus berani berdesak-desakan sama orang, dong, ya? Tantangannya apa aja, ya, kalau mau jadi Wartawan atau Jurnalis? Nah, buat kamu yang penasaran, kamu bisa baca selengkapnya di: Bekerja Sebagai Jurnalis: Menarik, Nggak, Sih?.

Oyaa... kalau kamu mau jadi seorang Wartawan atau Jurnalis, jangan cuma bisa bahasa Indonesia saja, ya, gaes. Sebaiknya kamu menguasai beberapa bahasa asing, salah satu di antaranya adalah bahasa Inggris. Selain itu, kalau kamu sudah menjadi seorang Wartawan atau Jurnalis profesional, kamu juga bisa membuka perusahaan multimedia secara mandiri, lho. Siapa tahu, ‘kan, perusahaanmu nantinya bisa berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi.

3. Pemandu Tur atau Pemandu Wisata 

Kamu jago berbahasa Inggris dan memiliki public speaking yang baik? Kalau iya, mungkin menjadi seorang Pemandu Tur atau Pemandu Wisata bisa kamu coba setelah lulus dari program studi Sastra Inggris, gaes.

Well, menjadi seorang Pemandu Tur atau Pemandu Wisata bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang sangat menyenangkan. Selain mendapatkan penghasilan sekaligus jalan-jalan gratis, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman menarik bersama para wisatawan. Kamu pun bisa menjelajahi dunia lebih luas sambil terus memperkaya wawasanmu di bidang pariwisata. Seru banget, nggak, sih?

4. Dosen bahasa Inggris dan Literatur

Daripada kamu bingung-bingung mau kerja apa setelah lulus nanti. Pasti di antara kamu banyak memilih untuk menjadi Dosen saja. Bener nggak?

Tapi, jangan salah! Menjadi Dosen bahasa Inggris adalah salah satu prospek karier yang menjanjikan untuk mahasiswa lulusan Sastra Inggris, lho. Kenapa? Soalnya, masih banyak universitas yang membutuhkan Dosen bahasa Inggris untuk memberikan mata kuliah bahasa Inggris (ya kali bahasa Jawa hehehe).

Jadi, kalau bahasa Inggrismu jago dan kamu punya passion dalam dunia mengajar atau pendidikan, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berkarier sebagai Dosen bahasa Inggris yang profesional. Siapa yang tahu, dengan jam terbang mengajarmu yang semakin tinggi serta pengalaman mengajarmu yang semakin banyak bisa menunjang kariermu di masa depan.

5. Penulis buku bahasa Inggris

Salah satu stereotip dari lulusan sastra Inggris yang masih dipercaya hingga saat ini adalah ketika lulus nanti mereka cuma bisa jadi Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif saja. Ya, memang banyak orang yang berprofesi sebagai Penulis setelah lulus dari sastra Inggris. Tapi, masih sedikit orang yang menjadi Penulis buku berbahasa Inggris.

Tentu menjadi Penulis buku bahasa Inggris merupakan salah satu prospek karier yang menjanjikan. Kalau buku yang kamu tulis berhasil diterbitkan, kemudian menjadi best seller. Maka, nama dan karyamu sebagai penulis akan langsung mendunia alias lebih dikenal di dalam dan luar negeri. Nggak cuma itu, kamu pun bisa mendapatkan royalti yang sangat besar dari hasil penjualan bukumu tersebut. Wah!

***

Itulah 5 profesi yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa lulusan sastra Inggris. Sebenarnya, masih banyak prospek karier yang menjanjikan buat para mahasiswa lulusan Sastra Inggris. Di antaranya adalah Content Writer, Copywriter, Manajer Sosial Media, Editor (Artikel/Tulisan), document control, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Well, buat kamu yang nantinya akan lulus dari program studi sastra Inggris, nggak ada salahnya kok, kamu mencoba salah satu dari berbagai banyak pilihan karier yang ada. Akhir kata, selalu semangat meraih impian dan selamat meniti karier yang diinginkan, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: independent.co.uk, mag-pigiste.org, lektur.id)

LATEST COMMENT
Elza Aulia | 3 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Fatimah Ibtisam | 5 hari yang lalu

Berdasarkan data tahun lalu siswa IPA bisa memilih prodi Manajemen di berbagai PTN pada SNMPTN. Namun sebaiknya melalui jalur SBMPTN, karena lintas jurusan tidak dianjurkan di SNMPTN. Selain itu, bisa juga lintas jurusan melalui seleksi mandiri.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
MUHAMMAD RAFIF KURNIAWAN | 6 hari yang lalu

Itu untuk tipe=Investigatif, karena Jurusan Kuliah Eksakta atau Jurusan Kuliah Ilmu Pasti Itu Untuk Kepribadian=Investigatif, Kayaknya.

Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu Lewat Kode Holland!
Syakira Al Aafiyah | 7 hari yang lalu

Sangat membantu bagi yang kebingungan ingin berteman dngan siapa

Berteman dengan Siapa Saja VS Pilah-Pilih dalam Berteman?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1