Menu

6 Profesi yang Mewajibkan Kamu Mahir dalam Beberapa Bahasa Asing

Di jaman sekarang, kemampuan berbahasa asing itu sangat dibutuhkan, gaes. Nggak cuma sekedar buat gaya-gayaan saja. Tapi, pada kenyataannya kemampuan berbahasa asing memang sangat berguna untuk berkomunikasi dengan banyak orang di luar sana.

Apalagi kalau sudah memasuki dunia kerja. Pasti salah satu kemampuan yang juga diperhitungkan dan banyak dicari adalah mampu berbahasa asing.

Eitss, tunggu dulu! Bahasa asing yang saya maksud di sini bukan cuma bahasa Inggris saja, lho ya. Tapi, juga bahasa Mandarin, Jepang, Korea, Jerman, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, berbicara mengenai bahasa asing. Ini dia profesi-profesi dalam dunia kerja yang mewajibkan kamu mahir dalam beberapa bahasa asing. Penasaran? Check this out!

1. Translator

Profesi pertama yang mewajibkan kamu untuk mahir dalam berbahasa asing adalah Translator a.k.a Penerjemah , gaes. Seorang Penerjemah bertugas untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa yang lainnya, baik secara lisan maupun tertulis. Karena pekerjaannya itulah, sudah pasti orang yang memiliki profesi ini harus bisa berbahasa asing, bukan?

Well, di Indonesia, kehadiran seorang Penerjemah, masih terhitung sedikit jumlahnya. Bahasa-bahasa yang dikuasai pun hanya mencakup pada beberapa bahasa tertentu saja—misalnya bahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang. Maka nggak heran, peran dari seorang Penerjemah untuk menjadi penghubung bahasa sangat diperlukan.

2. Pemandu Tur atau Pemandu Wisata 

Seperti yang kamu tahu, Indonesia itu terkenal buangeett dengan keindahan alamnya. Saking indahnya, pemerintah ingin Indonesia menjadi negara tujuan pariwisata kelas dunia—dimana banyak turis-turis dari mancanegara berbondong-bondong mengunjungi Bali, Jogja, Nusa Tenggara, Labuan Bajo, Papua, dan daerah-daerah di wilayah lainnya.

Nah, salah satu profesi di industri pariwisata sendiri adalah menjadi Pemandu Wisata atau Pemandu Tur. Buat kamu yang berminat terjun di kedua profesi tersebut, kamu diharuskan untuk bisa berbahasa asing. Paling nggak bahasa asing yang harus kamu kuasai adalah bahasa Inggris. Karena bahasa ini yang paling banyak dikuasai oleh warga di setiap negara.

Fyi, saat ini sudah banyak, kok, kantor-kantor pemandu wisata yang menyediakan jasa pemandu yang mahir berbahasa asing sesuai dengan negara asal para turis yang datang ke Indonesia. Dengan demikian, industri pariwisata bakal terus ramai dan berprospek cerah.

3. Jurnalis

Kamu suka menulis dan memiliki kemampuan berbahasa asing? Mungkin profesi menjadi seorang Jurnalis bisa kamu coba.

Tugas seorang Jurnalis adalah menulis berita atau membuat karya jurnalistik. Untuk membuat karya tersebut, seorang Jurnalis membutuhkan banyak data dari berbagai sumber. Berbagai sumber tersebut bisa didapat melalui observasi, wawancara, hingga membaca literatur.

Nah, nggak mungkin, dong, kalau Jurnalis mengambil sumber data hanya dari Indonesia saja? Apalagi kalau berita yang ditulis mengenai berita-berita di luar Indonesia alias berita internasional. Mau nggak mau dia bakal baca artikel bahasa asing, ‘kan? Atau apabila ditugaskan ke luar negeri, masa iya mau komunikasi sama orang lain pakai bahasa Indonesia? Itulah kenapa, seorang Jurnalis harus mampu memahami bahasa negara lain.

4. Diplomat 

Bukan rahasia umum lagi, salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang Diplomat adalah menguasai bahasa asing. Diplomat sendiri merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di bawah Kementerian Luar negeri (Kemenlu). Tugasnya untuk menjalankan misi diplomatik dengan negara lain atau organisasi internasional.

Psstt… selain harus jago dalam bahasa Inggris, kalau kamu tertarik dan ingin sekali menjadi seorang Diplomat, kamu juga harus menguasai bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lho—yaitu Arab, Tionghoa, Perancis, Rusia, dan Spanyol. (Informasi mengenai profesi Diplomat bisa kamu baca di sini: Profesiku: Diplomat, Melati Sosrowidjojo)

5. Kru Kabin (Pramugari/Pramugara) 

Profesi selanjutnya yang mewajibkan kamu untuk mahir dalam beberapa bahasa asing adalah Pramugari dan Pramugara. Di dunia penerbangan internasional, bahasa Inggris sudah menjadi syarat wajib yang harus dikuasai, terutama bagi Pramugari dan Pramugara.

Entah itu buat penerbangan rute domestik maupun rute internasional, semuanya diharapkan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kenapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan penumpang pesawat itu terdiri dari berbagai daerah dan juga negara-negara lainnya. Coba saja kamu lihat tujuan-tujuan favorit pelancong mancanegara seperti Bali atau Nusa Tenggara, pasti banyak orang bule-nya.

Bayangkan aja kalau Pramugari dan pramugara cuma bisa bahasa Indonesia, gimana nanti berkomunikasi dengan penumpang mancanegara selama penerbangan? Jadi, kalau kamu nggak bisa berbicara dan nggak mau berbicara bahasa selain bahasa Indonesia, jangan harap, deh, kamu bisa bekerja di kedua profesi ini, ya. Hehehe.

6. Public Relation

Profesi Public Relation atau yang lebih kita kenal sebagai Hubungan Masyarakat  (Humas). Well, seorang Humas bakal lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi atau berkoordinasi dengan orang-orang di luar perusahaan dan di berbagai kegiatan.

Lingkup komunikasi mereka pun bisa dikatakan sangat luas—apalagi jika perusahaan yang memperkerjakan mereka nggak cuma bekerjasama sama orang atau perusahaan dari Indonesia saja, melainkan dari luar negeri. Otomatis, seorang Humas harus memiliki kemampuan dalam berbicara bahasa asing lainnya.

***

Itu tadi profesi-profesi yang mengharuskan karyawannya memiliki kemampuan dalam bahasa asing. Sebenarnya, sih, semua profesi kini juga sudah mulai mensyaratkan para pekerjanya buat mampu berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Jadi, kalau saat ini kamu merasa belum mahir-mahir betul, nggak ada salahnya buat belajar dari awal lagi, gaes. Karena nggak ada kata terlambat dalam hal belajar!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: azernews.com, asiaworldindonesia.com, mediaindonesia.com, calltutors.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©