Cara Memaksimalkan Potensi Kamu dalam Menguasai Mata Pelajaran Favorit

Kamu-kamu yang sekarang sudah menginjak bangku SMP dan SMA pasti sudah punya pemahaman yang lebih baik mengenai berbagai bidang dan mata pelajaran yang selama ini sudah kamu pelajari dari bangku sekolah dasar. So, kalau ditanya mata pelajaran apa yang menjadi favorit kamu, pastinya kamu udah bisa jawab, dong, ya.

Terlepas mata pelajaran apa pun yang kamu senangi, kamu harus paham kalau hal yang mungkin kamu anggap sepele ini sesungguhnya adalah salah satu langkah penting dalam menentukan masa depan kamu, lho. How so?

Ketika kamu memperoleh nilai tinggi di mata pelajaran tertentu, teman-teman kamu sering berkonsultasi dan meminta bantuan kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dalam mata pelajaran tersebut, dan mereka tahu kalau bidang itu adalah bidang yang “kamu banget”, artinya kamu sudah mulai mengetahui dimana letak kemampuan dan potensi seperti apa yang bisa kamu kembangkan.

Ekspektasinya, kamu pasti bakal merasa kalau mata pelajaran favorit kamu itu bisa menjadi pilihan jurusan bahkan jalan karier yang nantinya ingin kamu tempuh. Iya, nggak?

Makanya, kalau kamu sudah mengetahui mata pelajaran apa yang menjadi favoritmu dan sangat termotivasi untuk memperdalam pengetahuan dan mengasah potensi yang kamu punya dalam bidang tersebut dari sekarang, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Minta umpan balik dari guru kamu secara personal

1

Jangan merasa puas begitu aja ketika mendapat nilai ulangan bagus, gaes! Pencapaian akademik yang bagus bukan berarti kamu sudah berhasil mencapai ujung perjuangan kamu, lho, ya. Malahan, ini baru titik permulaan kamu dalam jalan panjang kamu menuju kesuksesan.

Daripada cuma berpuas diri, lebih baik kamu segera nyamper guru mata pelajaran favorit kamu yang udah ngasih kamu nilai yang memuaskan tersebut untuk meminta umpan balik yang lebih berfaedah dari sekadar angka-angka di atas kertas.

Para guru akan dengan senang hati memberikan sudut pandangnya terhadap kamu yang memiliki ketertarikan yang mendalam dalam mata pelajaran tersebut. Mereka nggak akan ragu untuk berbagi saran dan masukan tertentu mengenai apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan diri, karena mereka pastinya sudah memahami kelebihan dan kelemahan kamu selama mengikuti kelas mereka. Saik!

2. Ikut ekstrakurikuler / kegiatan lain yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut

2

Iya, gaes, yang namanya eksul itu faedah banget untuk mengasah soft skill dan membantu kamu dalam mencaritahu minat, bakat serta potensi yang terpendam. Makanya, jangan sampai nyesel gara-gara kamu menyia-nyiakan masa sekolah dengan nggak aktif mengikuti kegiatan ekskul sama sekali, ya.

Misalnya, kamu selalu menyenangi pelajaran Bahasa Inggris dan nilai-nilai kamu dalam pelajaran tersebut selalu di atas rata-rata. Kalau ada ekskul English club atau ekskul debat bahasa inggris di sekolah kamu, ada baiknya kalau kamu gabung dalam ekskul-ekskul tersebut untuk mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa inggris serta membiasakan diri untuk mempelajari hal-hal yang kamu senangi secara lebih mendalam.

Ekskul di sekolah kamu nggak ada yang berhubungan dengan mata pelajaran favorit? Nggak masalah! Di luar sana, ada banyaaak banget channel yang bisa kamu manfaatkan untuk menyalurkan hobi dan potensi kamu, seperti kursus, perlombaan, komunitas pelajar, sampai forum media sosial yang dibentuk atas dasar minat yang sama. Jadi, jangan takut kalau sampai nggak ada teman untuk berbagi!

3. Jadilah “ahli” dalam topik tertentu

3

Mungkin kamu pernah bermimpi bisa menjadi seseorang yang ahli dalam hal apa pun. Padahal, pada kenyataannya, hal itu impossible banget, gaes. Terutama jika kamu sedang berusaha dalam mencari jati diri, lebih baik kalau kamu berfokus kepada hal yang sudah pasti kamu sukai dan berusaha mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kamu dalam bidang tersebut.

Apa pun mata pelajaran yang kamu senangi, pasti kamu memiliki ketertarikan khusus dalam suatu topik tertentu. Ketika kamu ingin menjadi ahli dalam topik tersebut, tentu kamu harus bisa mendalami pembahasannya secara mendetail.

Baca buku pelajaran dan ngerjain PR aja nggak cukup untuk mempelajarinya secara mendetail, sob. Kamu harus aktif mencari ilmu-ilmu lain di luar ranah akademik seperti berita terkini yang relevan sampai forum diskusi mengenai topik spesifik yang menarik minat kamu. Apalagi dengan bertukar pikiran dapat menambah wawasan kamu dari berbagai sudut pandang yang objektif.

Kepandaian kamu dalam suatu mata pelajaran memang seringkali dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa oleh teman-teman kamu. Tapi, jangan sekali-kali gunakan keahlian dan pengetahuan yang kamu punya untuk pamer dan bicara omong kosong, lho, ya. Lebih baik kamu berbagi ilmu yang kamu miliki dengan orang yang membutuhkan!

(sumber gambar:  i0.wp.com, tqn.com, edufrica.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1