Pikirkan 7 Hal Ini di Malam Sebelum Ujian Agar Kamu Nggak Stress dan Panik Keesokan Harinya

Setiap pelajar di dunia pasti pernah merasakan yang namanya stress dan panik jelang ujian. Ketakutan akan gagal atau nge-blank ditengah-tengah mengerjakan soal menghantui detik-detik menjelang Hari-H ujian.

Nah, daripada materi yang udah kamu pelajari mati-matian menguap gitu aja gara-gara panik atau stress, mending kamu menenangkan diri dengan mikirin hal-hal berikut ini di malam sebelum ujian berlangsung. Niscaya, kamu akan jadi lebih tenang dan siap tempur mengerjakan soal-soal yang diujikan nantinya.

Semangat!

1. Bayangkan skenario positif

Daripada sibuk mikirin apakah besok kamu bakal bangun kesiangan, telat karena macet di jalan, atau soal yang diujikan ternyata melenceng jauh dari apa yang udah kamu pelajari, mending kamu memikirkan skenario-skenario positif apa yang mungkin terjadi di hari H ujian kamu. Misal, bayangkan kalau ternyata soal ujian yang keluar ternyata hampir sama dengan soal-soal yang kamu kerjakan pas latihan.

Hal ini sedikit banyak bakal meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam menghadapi ujian esok hari, menenangkan hati kamu, dan menaikkan mood kamu sebelum ujian.

2. Pikirkan performa terbaikmu

Coba inget-inget lagi deh kapan terakhir kali kamu merasa sukses dalam menghadapi sebuah ujian? Pas UTS kemarin kah? Atau waktu UAS semester lalu? Kalau sudah, kamu bisa juga sekalian mengingat-ingat apa yang kamu lakukan saat itu hingga kamu bisa sukses melalui ujian tersebut. Siapa tahu hal tersebut bisa juga kamu terapkan agar bisa mengulang kesuksesan di ujian yang akan datang.

3. Yakinkan diri kamu bahwa persiapan kamu sudah maksimal

Tingkatkan kepercayaan diri kamu dengan memberi reminder pada dirimu sendiri bahwa persiapan yang sudah kamu lakukan untuk menghadapi ujian ini sudah maksimal. You did your very best and it’s time to fight with all you’ve got.

Lagipula, terlalu memforsir diri kamu untuk belajar hingga detik-detik terakhir malah bisa bikin materi yang udah tersimpan di otakmu sebelumnya buyar. Jadi, yakin aja, usaha itu nggak pernah mengkhianati hasil.

4. Fokus pada dirimu sendiri

Here’s a tip for living a stress-free life: jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Masing-masing memiliki usaha dan tantangannya sendiri, jadi akan lebih baik kalau kamu fokus aja pada apa yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Membandingkan diri kamu dengan usaha orang lain hanya bikin kamu semakin stress dan selalu merasa ‘kurang’.

5. Angap ujian sebagai tantangan, bukan ancaman

Kalau kamu udah melihat ujian sebagai sesuatu yang mengerikan, mindset kamu terus-terusan memberi perspektif negatif akan ujian tersebut. Ini nantinya akan berujung pada stress dan paniknya kamu dalam mengerjakan soal ketika hari H. Instead, kamu bisa melihat ujian sebagai kesempatan untuk membuktikan diri kamu bahwa kamu mampu atau sebagai tantangan yang menarik untuk dihadapi.

6. Cara Menghadapi rintangan

Kamu pasti pernah ‘kan menghadapi rintangan—dalam bentuk apapun itu—dalam hidup kamu? Coba ingat kembali bagaimana kamu menghadapinya dan apa yang memotivasimu untuk tetap bergerak ke depan demi melewati rintangan tersebut.

Hal ini berguna untuk menambah rasa percaya diri dan memotivasi kamu untuk mengerjakan ujian dengan lebih baik, karena kamu yakin bahwa kamu pernah menghadapi tantagngan yang lebih sulit dari ini—so, this exam should just be an easy one.

7. Mimpi indah

Udah nggak kehitung berapa jurnal dan penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa tidur itu memiliki manfaat luar biasa untuk meningkatkan kinerja dan kreatifitas otak. So, daripada kamu sibuk begadang mempelajari materi dalam kondisi mental dan fisik yang nggak efektif, lebih baik kamu tutup buku, cuci kaki, cuci tangan, lalu tarik selimut. Good night, sleep tight, don’t let the bugs bite!

(sumber gambar: junkee.com, huffingtonpost.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 23 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1