12 Tips Ampuh Menghadapi Musim Ujian Tengah Semester - Ternyata Nggak Selalu Harus Baca Buku!

Apa aja, sih yang harus kamu lakukan selama masa ujian? Belajar? Itu udah pasti!

Tapi ternyata ada beberapa kegiatan yang bisa mendukung mendukung kesuksesan selama masa ujian berlangsung, lho! Menurut penelitian di lembaga kesehatan anak di Australia, ujian merupakan salah satu masa yang penting dan memicu banyaknya stres. Karena itu kamu harus pintar-pintar menyikapinya. 

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan selama masa ujian.

1. Punya jadwal belajar yang teratur

Usahakan kamu membagi mata pelajaran/mata kuliah akan akan masuk ujian ke dalam beberapa bagian. Lalu buat jadwal per hari kapan kamu akan mempelajari bagian-bagian itu. Percaya, deh, Youthmanual udah sering banget bilang bahwa SKS itu nggak berlaku, sob!

2. Ambil waktu istirahat

Waktu istirahat bisa mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya ingat. Setiap habis belajar, coba istirahat selama dua menit, atau 20 menit tidur siang.

3. Banyak minum air

Tetap terhidrasi untuk mengurangi kelelahan, tapi sebaiknya hindari minuman mengandung kadar gula tinggi seperti soft drink atau minuman botol manis lainnya.

4. Lakukan hal yang kamu sukai

Ternyata musim ujian nggak harus diisi dengan buka buku pelajaran terus, kok. Kalau kamu sudah membagi waktu, kamu disarankan melakukan hal yang kamu suka juga seperti main musik, olahraga atau membaca buku favorit. Tentunya, setelah melakukan hobi kamu, kamu harus tetap kembali belajar.

5. Olahraga teratur

Berjalan kaki atau berlari selama 15 menit justru bisa bikin kamu lebih rileks. Selain itu, olahraga juga bikin mood kamu lebih bagus.

6. Makan dan tidur dengan baik

Makan teratur buat menghindari lonjakan gula darah. Stop belajar paling nggak setengah jam sebelum tidur. Usahakan kamu bisa tidur cukup. Tidur yang nyenyak bisa meningkatkan daya ingat dalam belajar, lho.

7. Meditasi dan mengatur pernafasan

Setiap pagi, coba duduk bersila dan atur pernafatasan kamu selama 5-10 menit. Fokus sama pernafasan bisa menghindari stress dan bikin kamu lebih gampang belajar.

8. Realistis

Kita bakal susah berkonsentrasi belajar setelah lebih dari 40-45 menit. Jadi jangan maksa belajar dengan banyak topik atau nantinya kamu malah kecewa bahwa kamu nggak bisa menyimpan banyak materi.

9. Bersikap positif

Bersikap positif bisa membantu mental dan performa kamu, lho. Kalau kamu percaya sama kemampuan sendiri, kamu bakal merasakan perbedaan dalam belajar.

10. Ngobrol kalau udah terlalu stres

Kalau kamu merasa tertekan untuk materi ujian, coba ngobrol sama keluarga atau teman kamu. Kalian bisa belajar bareng atau mungkin bisa berdiskusi lebih serius dengan mentor untuk materi tertentu.

11. Persiapkan segala sesuatu malam sebelumnya

Siapkan peralatan ujian, baju yang bakal kamu pakai dan segala yang kamu butuhkan di malam sebelumnya. Jangan begadang dan bangun lebih pagi biar fresh!

12. Penerimaan

Ketika ujian berlangsung, lakukan yang terbaik, lalu berusahalah menerima apapun hasilnya nanti. Ingat, nilai ujian memang penting tapi kesuksesan kamu nggak ditentukan semata-mata oleh nilai ujian tersebut.

***

Satu lagi tips penting nih, gaes:

Jauhi smarphone sementara waktu, deh! Kalaupun harus cek media sosial, jangan lama-lama dan kebablasan sampe lupa waktu!

 

(Sumber gambar: wisegeek.com, pinterest.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1