Prospek Cerah 4 Jurusan Teknologi di SMK dan Tips Sukses untuk Mendalaminya

Sejak tahun 2004, banyak bermunculan jurusan baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kini, Presiden Republik Indonesia, Pak Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pak Muhadjir Effendy untuk terus menyesuaikan jurusan SMK dengan kebutuhan zaman. Wih, bakal makin canggih dan makin variatif nih, jurusan SMK.

Tapi tahu nggak, sih, bahwa ada beberapa jurusan SMK di bidang Teknologi dan Informasi yang lagi banyak banget peminatnya. Jurusan bidang Teknologi dan Informasi seperti Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), dan Animasi menjadi jurusan SMK favorit ketiga  setelah Bidang Pariwisata dan Perhotelan serta Bisnis dan Manajemen.

Kenapa bidang Teknologi dan Informasi sekarang ini banyak peminatnya?

Tentu aja karena jurusan-jurusan di bidang ini dianggap bisa memenuhi kebutuhan dunia kerja yang mulai beralih dari manual ke digital. Dengan mempelajari pengetahuan seputar teknologi sejak bangku SMK, mereka dinilai bisa segera bersaing di dunia kerja.

RPL, TKJ, MM dan Animasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan pengembangan komputer, web, dan multimedia. Mereka yang masuk di jurusan-jurusan ini belajar tentang dasar-dasar pengoperasian dan pembuatan jaringan, gambar, serta video digital, yang bisa langsung diterapkan di dunia kerja. Apalagi kalau rajin mengulik teknologi di dalam dan luar kelas, serta terus melakukan eksperimen dan inovasi.

Tapi jangan langsung bangga juga, sob, ada catatan penting nih, pemerintah juga mendorong pemerintah provinsi untuk menaikkan jumlah SMK dalam lima tahun mendatang. Di DKI Jakarta aja, jumlah pelajar SMK sudah jauh lebih banyak daripada pelajar SMA. Kalau program kapasitas SMK ingin dinaikkan dua kali lipat, bisa-bisa jumlah pelajar SMA hanya setengah dari anak SMK.

Wah, kalau jumlah SMK terus ditambah, kira-kira kualitasnya bisa dinaikkan juga nggak ya? Trus, gimana dengan persaingan di dunia kerja?

Nah, inilah yang bisa kamu lakukan sebagai pelajar SMK bidang Teknologi dan Informasi supaya bisa bersaing.

1. Melek industri & dunia wirausaha sejak masih di bangku sekolah

Sebagai siswa SMK bidang teknologi, maka kamu harus rajin ngulik soal hardware dan software paling update serta yang banyak digunakan. Coba, deh, berkenalan dengan orang yang ahli di bidang tersebut atau para alumni kamu yang bekerja di industri komputer.

Kadang, kurikulum sekolah agak terlambat dalam menerapkan perubahan zaman. Metode praktek yang dipakai masih yang jadul alias jaman dulu. Makanya supaya kita nggak ketinggalan zaman dan bisa bersaing, kamu harus berusaha sendiri memahami apa yang menjadi tuntutan dunia kerja.

2. Mengasah kompetensi bukan cuma dari kelas

Menurut saya, kalau anak SMA harus banyak bergelut dengan buku di waktu luang, maka anak SMK haruslah bergelut dengan kegiatan praktek. Misalnya, buat kamu yang jurusan Animasi, jangan bosen-bosen melatih diri untuk membuat gambar yang baik. Saat akhir pekan, kamu juga bisa datang ke acara komunitas untuk memperluas pengalaman. Belajar dan diskusi bersama orang yang punya minat sama pastinya jadi lebih seru, ya.

3. Ikut berbagai lomba kompetensi siswa yang bisa mengasah hard kill dan soft skill

Kamu yang pelajar SMK pasti udah familiar banget sama yang namanya LKS alias Lomba Kompetensi Siswa. LKS adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta.

LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa terbaik yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi.

Lomba kayak LKS gini bisa mengasah hard skill dan soft skill kamu lebih baik lagi untuk persiapan terjun ke dunia kerja.

4. Persiapkan diri dengan peralatan yang mumpuni

Ibarat dunia kerja adalah medan perang, maka momen sekolah ini adalah arena latihan untuk kamu mengasah diri sebaik mungkin. Nah, persipakan diri dengan peralatan perang yang mumpuni jadi wajib banget, gaes. Apalagi, bidang teknologi nggak bisa jauh-jauh dari gadget canggih.

Tapi jangan khawatir, soalnya Youthmanual punya senjata kece yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Untuk memenuhi kebutuhan belajar kamu, Acer memiliki laptop murah seharga 3 jutaan aja. Aspire E5-411 (Graphic), sebuah laptop berukuran 14 inci yang dilengkapi dengan kartu grafis tambahan Nvidia GeForce 820M dengan RAM 2 GB yang memiliki performa mumpuni untuk belajar jaringan, pemrograman maupun video berukuran berat.

Nvidia menanamkan banyak teknologi pada kartu grafis GeForce 820M ini. Misalnya, Nvidia Optimus, yakni fitur yang memungkinkan komputer kamu untuk memilih penggunaan GPU terintegrasi ataupun GeForce 820M sesuai dengan kebutuhan grafis kamu saat digunakan. Lalu ada juga PhysX yang memungkinkan adegan ledakan atau partikel cairan pada game bergerak dengan lebih nyata serta Nvidia GPU Boost yang mampu meningkatkan performa kartu grafis secara otomatis ketika dibutuhkan.

Yuk, jadi anak SMK yang siap bersaing!

(sumber gambar: pancabudi.sch.id, smk.charnoestcyber.com, sgimage.detik.net.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1