9 Peluang Karier yang Paling Dibutuhkan dari Lulusan Teknik Informatika

Yap! Nggak bisa kita pungkiri, sejak dunia digital makin berkembang, salah satu program studi yang lagi naik daun banget dan berada di puncak popularitas adalah Teknik Informatika. Banyak orang yang mengincar program studi ini soalnya jaminan karier cukup menjanjikan.

Apalagi kemajuan teknologi saat ini semakin berkembang. Tentunya hal tersebut menjadi pengaruh penting yang sangat berperan dalam eksistensi program studi Teknik Informatika. Jadi, nggak heran kalau semakin tahun tingkat kesulitan untuk bisa lolos ke dalam program studi ini semakin meningkat pula.

Nah, buat kamu yang sedang atau tertarik dengan program studi Teknik Informatika. Yuk, kepoin 9 prospek kerja yang menggiurkan bagi para lulusan program studi yang satu ini!

1. Analis Sistem Komputer 

Profesi pertama yang bisa digeluti oleh mahasiswa lulusan program studi Teknik Informatia adalah menjaidi Analis Sistem Komputer. Tugasnya yaitu menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan atau organisasi.

Seorang Analis Sistem Komputer akan terjun dalam proyek-proyek yang mengharuskannya memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada untuk kemudian menganalisis kebutuhan sistem tersebut. Setelah itu, dia pun harus melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan, mengatur dan menguji solusinya dalam sistem.

Buat kamu yang tertarik menjadi seorang Analis Sistem Komputer, setidaknya kamu harus menguasai ilmu komputer dan elektronik, matematika, bahasa Inggris serta memiliki ketelitian yang tinggi. Sebab, merangkai sebuah sistem itu membutuhkan banyak tahapan hingga akhirnya sistem bisa berhasil digunakan.

2. Admin Database 

Profesi selanjutnya yaitu menjadi seorang Admin Database. Dia betugas untuk mengurusi perawatan dan pengembangan database atau basis data. Sehingga, data-data yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan dapat dirancang dan dirawat sebaik mungkin, serta teratur dan mudah untuk diakses. Nggak cuma itu, dia juga mengatur hak akses setiap pengguna.

Jadi, bisa dikatakan bahwa tanggung jawab seorang Admin Database ini cukup besar—mengingat dirinya harus bisa menjaga data dari pencurian yang mungkin bisa saja dilakukan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

3. Growth Hacker 

Pernahkah kamu mendengar istilah Growth Hacker? Kira-kira, makanan macam apaan tuh?

Eitss, tenang! Itu bukan istilah makanan kok, gaes. Dalam bahasa Indonesia, istilah Growth Hacker berarti peretas pertumbuhan.  Istilah ini biasanya dipakai pada industri digital atau perusahaan startup.

Growth Hackers sendiri adalah orang-orang yang ahli dalam memakai teknik SEO, pemasaran konten, analisis situs dan melakukan testing. Dalam dunia internet marketing, seorang Growth Hackers sangat dibutuhkan. Tanpa adanya mereka, maka website sebuah perusahaan startup nggak akan dikenal oleh banyak orang.

Slain itu, para Growth Hacker harus bisa menemukan strategi apa yang paling bagus dan efektif untuk pemasaran bisnis startup, tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran. Misalnya dengan cara melakukan pemasaran lewat media cetak, televisi, Youtube dan lain sebagainya. Atau bisa juga melalui sosial media lainnya yang sudah memiliki banyak followers.

4. Programmer

Selanjutnya, prospek karier Teknik Informatika di era digital seperti saat ini, yang akan menjadi most wanted adalah seorang Programmer. Apalagi dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki website, aplikasi, hingga program komputer—namun kekurangan orang untuk mengembangkannya.

Tugas dari seorang Programmer sendiri ialah haru mampu membuat, merawat, hingga mengembangkan berbagai program komputer, aplikasi, dan website. Dia juga harus menguasai bahasa pemrograman. Karena tanpa menguasai bahasa pemrograman, seorang Programmer nggak akan pernah bisa membuat sebuah program yang berguna untuk banyak orang.

5. Software Engineer

Anyway, seorang lulusan Teknik Informatika tentu saja punya peluang yang besar menjadi seorang Software Engineer, lho. Dia bertugas untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering—seperti ilmu komputer, teknik informatika itu sendiri, analisis matematika dalam desain, pengembangan (development), pemeliharaan (maintenance), pengujian (testing), dan evaluasi dari software komputer atau device lain.

Sedangkan, jenis-jenis software yang dibuat oleh seorang Software Engineer pun bermacam-macam. Misalnya saja sistem operasi dan network distribution serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer.

6. Arsitek Jaringan Komputer dan Arsitek Sistem Komputer 

Profesi selanjutnya yang bisa jadi pilihan mahasiswa lulusan Teknik Informatika adalah menjadi seorang Arsitek Jaringan Komputer dan Arsitek Sistem Komputer.

Hah? Arsitek berarti bangun-bangun rumah, dong? Apa gimana, sih?

Well, Arsitek Jaringan Komputer memang ada kaitannya dengan merancang dan mengimplementasikan sesuatu. Tapi, yang dirancang dan diimplementasikan adalah jaringan komputer dan informasi—seperti jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet, extranet, dan data jaringan komunikasi lainnya dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Selain itu, dia juga melakukan penelitian dan merekomendasikan jaringan hardware, data komunikasi dan perangkat lunak yang membantu efisiensi dan efektifitas jaringan atau komunikasi perangkat Internet dalam sebuah perusahaan/organisasi.

Sementara, Arsitek Sistem Komputer bertugas untuk mendesain dan mengembangkan solusi aplikasi untuk masalah yang lebih kompleks—misalnya masalah pada sistem administrasi atau masalah jaringan. Dia juga melakukan rancangan sistem manajemen dan fungsi integrasi.

7. Web Developer 

Web Developer adalah salah satu pekerjaan dari lulusan Teknik Informatika yang memiliki spesialisasi dalam perkembangan aplikasi world wide web, atau aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server pada web browser.

Pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh Web Developer yaitu HMTL/XHMTL, CSS, dan JavaScript. Sedangkan untuk menjadi seorang Web Developer dari lulusan Teknik Informatika harus menguasai server/client side architecture, programming dalam framework—seperti Perl, Python, Ruby, PHP, Go, dan Java.

Fyi, seorang lulusan Teknik Informatika bisa bekerja sebagai Web Developer secara penuh waktu atau paruh waktu dalam beberapa jenis organisasi, termasuk korporasi dan pemerintah, perusahaan kecil dan menengah, atau sebagai freelancer.

8. Konsultan IT 

Jangan salah! Seorang lulusan Teknik Informatika juga bisa menjadi Konsultan IT. Tugasnya ialah menerapkan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di suatu organisasi.

Dengan kata lain, seorang Konsultan IT adalah spesialis teknis yang fokus dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien dalam penggunaan teknologi informasi secara efisien untuk mencapai suatu tujuan dan target tertentu.

Sebagai gambaran, untuk kamu lulusan Teknik Informatika yang tertarik dengan pekerjaan ini, menjadi Konsultan IT harus bisa berpikir kritis serta memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah-masalah dan membuat solusinya biar nggak merugikan banyak pihak.

9. Tenaga Pengajar di bidang IT                                                               

Kamu nggak terlalu suka kalau berlama-lama duduk dan menatap layar komputer? Kalau iya, mungkin menjadi seorang pengajar di bidang IT—seperti dosen atau guru. Kamu bisa kembali menuangkan ilmu-ilmu yang telah kamu peroleh sebelumnya di bangku kuliah kepada mahasiswa atau murid-muridmu.

Meskipun kamu terlahir dari lulusan teknik, nggak ada salahnya, kok, menjadi seorang tenaga pengajar. Apalagi, kebutuhan IT di masa depan akan terus berkembang. Secara otomatis, akan banyak pula orang yang berminat untuk mempelajari dunia teknologi.

***

Nah, dari sekian banyak jenis profesi menjanjikan di atas, kamu sudah menentukan pilihan pada nomor berapa, gaes? Atau justru kamu masih bimbang mau milih profesi mana yang sesuai dengan passion-mu.

Well, apapun itu, semoga artikel ini bisa memberikan referensi kepadamu—khususnya buat kamu yang nggak tau prospek karier yang bisa dipilih mau setelah lulus dari program studi Teknik Informatika. Semoga sukses dengan profesi pilihanmu, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: zhunnda.blogspot.com, bisnisbisnis.id, everylogi.blogspot.com)

LATEST COMMENT
Yulika Aprianiii | 9 jam yang lalu

Saya jurusan IPS dari 5 hal di atas kemungkinan saya bisa masuk hi tapi masih takut gk bisa caranya agar lebih muda di terima di universitas gimna caranya

5 Tanda Bahwa Jurusan Hubungan Internasional Cocok Buat Kamu
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Bukan, Asesmen Nasional bukan untuk mengukur prestasi individu siswa, tetapi semacam penelitian untuk mengetahui capaian pendidikan di sekolah dan daerah. Yang ikutan hanya sebagian murid yang dipilih secara acak sebagai responden.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Fatimah Ibtisam | 17 jam yang lalu

Setahu kami, kelas 12 ujian sekolah (UAS) seperti biasa. Tidak ada Ujian Nasional.

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Lysta Ayu Pratama | 19 jam yang lalu

Aku barusan lihat yt katanya kls 12 ngga ada UN sama AKM, tapi tetap ada Ujian Sekolah

Info Lengkap Asesmen Nasional 2021, Bukan Sekadar Pengganti UN
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1