7 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Saat Jam Istirahat Sekolah

Oleh Ananda Vickry Pratama

Rata-rata waktu belajar di sekolah adalah 8 jam. Tetapi selama 8 jam itu, tentunya kamu nggak terus-terusan belajar, ya. Ada periode tertentu dimana kamu rehat belajar sejenak, yaitu saat jam istirahat.

Jam istirahat, tuh, penting banget untuk siswa, sepenting oksigen buat tubuh dan mie instan untuk anak kost #ehem. Tanpa jam istirahat, otak kamu bisa jadi capek, karena terus-terusan dijejali pelajaran yang membutuhkan fokus dan proses berpikir. Nah, meski durasinya cuma sebentar, sebaiknya jam istirahat kamu isi dengan sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya, kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini:

1. Tidur

Daripada ketiduran pas jam pelajaran sehingga akhirnya diomelin guru, mendingan kamu tidur saat jam istirahat, deh. Selain agar kamu bisa tidur dengan PUAS (meski cuman sebentar), tidur saat jam istirahat juga dapat memulihkan kondisi tubuhmu sehingga jadi lebih segar. Yang penting tidurnya jangan kelewat pules, ya, supaya pas mata kamu melek, gerbang sekolahmu belum dikunci!

2. Baca buku

Wih, memangnya hari gini masih ada siswa yang mau memanfaatkan jam istirahat untuk baca buku? Sejujurnya memang jarang banget, sih! Padahal kalau kamu menghabiskan jam istirahatmu untuk baca buku, kamu bisa dapat banyak ilmu, lho. Gimanapun juga, buku adalah gudang ilmu. Lagian buku yang bisa kamu baca nggak harus buku pelajaran juga, keleus. Kamu bisa baca buku sastra, novel, ataupun komik.

3. Nonton film, serial, atau serial YouTube

Setelah pusing berkutat dengan materi pelajaran sepagian, saat jam istirahat, rehatkanlah diri kamu sejenak dengan menyaksikan film, serial, atau seri-seri YouTube menarik yang bisa bikin matamu melek. Ajak teman-teman kamu nonton juga ya, biar rame dan makin seru. Ajak guru kamu juga, mungkin? Woelah!

4. Makan bekal atau jajan di kantin

Buat kamu yang susah rutin sarapan sebelum berangkat sekolah, kamu mesti mengisi jam istirahatmu dengan makan—entah dari bekal yang kamu bawa ataupun dari kantin—supaya kamu nggak pingsan kesulitan memahami pelajaran selama sekolah. Sebaiknya, sih, isi perut dengan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan sebagainya. Jangan cuma isi perut dengan jajanan ber-MSG dan minuman penuh gula, sob! Yang nggak kalah penting, setelah makan, langsung minum air, ya, supaya nggak sheret.

5. Kumpul ekstrakulikuler/organisasi

Kalau kamu aktif di ekstrakulikuler/organisasi sekolah, setiap hari pasti ada rapat organisasi untuk berbagai tujuan, mulai dari untuk mengurusi acara, membahas masalah internal, atau untuk kumpul basa-basi demi bahas rutinitas. Nah, kalau  kamu termasuk siswa yang aktif di keorganisasian, kamu bisa pakai jam istirahatmu untuk kumpul cyantik ekstrakulikuler/organisasi.

6. Mengerjakan tugas

Tugas dari sekolah, tuh, memang serasa nggak ada habisnya. Makanya, supaya nggak menumpuk sampai setinggi menara Dubai, mending kamu cicil tugas-tugas sekolahmu saat jam istirahat. Dan supaya menyelesaikan tugasnya lebih mudah dan cepat, kamu bisa mengerjakannya dengan teman-teman lain, alias berkelompok. Kalau bisa, ajak teman kamu yang otaknya encer, supaya kamu dapat ilmunya.

7. Mengeksplorasi diri di Youthmanual

“Gue ini orangnya kayak apa, ya?” Yhaelah, sob, hari gini kamu masih bingung begitu? Makanya, buka, deh, situs Youthmanual yang dapat membantu kamu mengenali diri, potensi, dan minatmu, serta memberikan rekomendasi profesi, karir, dan jurusan yang sesuai dengan profilmu. Tanpa sulap, tanpa sihir! Nggak hanya itu, Youthmanual juga menyuguhkan artikel-artikel menarik serta wadah bertanya seputar sekolah, kuliah, karier dan masa depan ke mentor-mentor keren. Jadi daripada gabut saat jam istirahat, mending ubek situs Youthmanual. Dijamin berfaedah!

Sebagai siswa, kegiatan apa yang biasa kamu lakukan saat jam istirahat? Cipika-cipiki, lah, di kolom komentar!

(sumber foto: 1freewallpapers.com, softwaredevilz.blogspot.com, smabukateja.sch.id, blog.duitpintar.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 14 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1