5 Negara Murah Meriah dalam Hal Biaya Pendidikannya!

Saat kamu mendengar "kuliah di luar negeri", pasti banyak dari kamu yang menganggap bahwa kuliah di luar negeri merupakan hal yang pastinya memakan biaya yang nggak sedikit. Maka dari itu, banyak dari anak-anak yang baru lulus SMA memilih untuk berkuliah di dalam negeri.

Biaya yang mahal ini nggak hanya berhubungan dengan biaya transportasi ke negara tujuannya saja melainkan mahal dalam segi biaya pendidikannya dan juga biaya hidup di negara tersebut. Nah, anggapan yang seperti ini akhirnya membuat banyak dari kamu yang enggan berkuliah di luar negeri.

Padahal nih, gaes, ketika kamu berkuliah di luar negeri, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti memiliki banyak teman dari berbagai negara, mengasah kemampuan bahasamu, mengasah kemampuan adaptasi, mengasah kemandirian, mengasah dirimu dalam mengatur berbagai macam hal dan sebagainya. Perlu kamu ketahui juga, gaes, bahwa manfaat yang kamu dapatkan ini pastinya akan berguna ketika kamu bekerja nanti.

Kalau kamu menganggap bahwa kuliah di luar negeri sangatlah mahal, kamu belum tahu saja, nih, ada beberapa negara yang memberikan pendidikan tinggi dengan biaya yang murah. Nggak hanya murah saja, nih, gaes, ada juga beberapa negara yang bahkan menggratiskan biaya pendidikan perguruan tingginya. Hmm negara mana saja, ya, yang memiliki biaya pendidikan yang murah?

1. Jerman

pendidikan di jerman

Jerman merupakan negara yang memberikan biaya kuliah gratis, nih, gaes, kepada para masyarakat uni-eropa maupun pendatang dari berbagai penjuru dunia. Jerman menghapus biaya kuliah di berbagai universitasnya di tahun 2018 lalu. Sehingga, pada saat ini, Jerman menjadi salah satu negara tujuan terfavorit yang dipilih bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Nah, karena kuliah ke Jerman nggak perlu memakan biaya pendidikannya, hal yang harus kamu perhatikan ialah transportasimu ke Jerman. Biasanya, untuk pergi ke Jerman, kamu harus merogoh kocek sekitar sembilan juta rupiah hingga sebelas juta rupiah untuk penerbangan ekonomi. Namun, hal ini tergantung dari maskapai penerbangan yang dipilih dan juga promo yang diberikan, ya.

Kalau kamu berkuliah di Jerman dengan menggunakan pihak ketiga yaitu lembaga yang mempermudah kamu untuk pergi ke Jerman, biasanya, kamu akan dikenakan biaya lainnya seperti administrasi di lembaga tersebut dan juga uang deposito yang harus kamu bayar di awal. Namun, uang deposito ini akan balik lagi, kok, gaes, kalau kamu nggak menggunakan uang tersebut untuk keperluan penting dan mendesak selama di Jerman.

Menurut Hotcourses, untuk biaya hidup selama satu tahun di Jerman ialah 144 juta Rupiah setelah pembulatan. Nah, biaya ini sudah termasuk makan, transportasi, hiburan, transportasi khusus dan sebagainya. Tentu untuk biaya ini bisa berkurang sesuai dengan bagaimana kamu mengelola keuangan dan gaya hidupmu.

2. Perancis

Sama dengan Jerman, Perancis pun memiliki biaya pendidikan yang murah bagi siapapun yang ingin berkuliah di Perancis, nih, gaes. Harga pendidikan yang murah nggak terbatas hanya bagi penduduk Uni-Eropa saja, namun, para pendatang dari megara lain pun dapat merasakan murahnya pendidikan di negara yang satu ini.

Kalau kamu berkuliah di universitas negeri mana pun di Perancis, kamu akan dikenakan biaya pendidikan sebesar 2.7 juta Rupiah dalam satu tahun. Namun, hal ini hanya berlaku hingga tahun ajaran 2019/2020 nih, gaes. Di tahun ini, Perancis menaikkan biaya pendidikannya menjadi 43.5 juta Rupiah per tahun. Kenaikkannya berkali-kali lipat, ya.

Tapi jangan bersedih dulu, dong! Meskipun biaya pendidikan di Perancis naik secara tajam, tetapi pemerintah Perancis masih bermurah hati, lho. Dengan kenaikan harga pendidikan ini, akhirnya, pemerintah Perancis memperbanyak beasiswa yang dimiliki. Yang tadinya beasiswa hanya terbuka untuk tujuh ribu orang, sekarang, beasiswa tersebut dibuka untuk dua puluh satu ribu orang. Apakah kamu masih sedih setelah mendengar kabar ini, gaes?

Untuk biaya hidup, di Perancis memang sedikit lebih mahal dibandingkan Jerman, gaes. Untuk hidup di Perancis, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 151 juta Rupiah untuk setahun. Biaya ini berlaku untuk kamu jika tinggal dan berkuliah di kota-kota kecil Perancis. Kalau kamu tinggal di Paris, well, harganya pun akan lebih mahal lagi, nih, gaes.

3. Taiwan

Nggak hanya di Eropa saja, nih, di negara Asia pun masih ada kok pendidikan perguruan tinggi yang masih terbilang murah. Salah satu negara dengan biaya pendidikan murah yaitu Taiwan. Universitas terkemuka di Taiwan yaitu National Taiwan University atau biasa disingkat NTU, merupakan universitas yang memberikan harga yang murah bagi para pelajar.

Universitas yang masuk ranking tujuh puluh enam QS World University Ranking per tahun 2014/2015 ini membebankan mahasiswanya sebesar 23 juta Rupiah hingga 28.8 juta Rupiah per tahunnya. Nah dengan biaya ini, Taipei yang merupakan Kota dimana NTU berada mendapatkan predikat sebagai kota yang paling terjangkau bagi para mahasiswa urutan ke 25 di tahun 2015.

Untuk biaya hidup, seperti yang disebutkan di acara Taiwan Higher Education Fair, biaya hidup di Taiwan tidaklah mahal. Dalam satu bulan, seseorang dapat mengeluarkan uang sebesar 2.5 juta Rupiah untuk makanan, transportasi dan sebagainya.

4. Austria

Balik lagi ke negara Eropa, nih, gaes, Austria pun merupakan negara dengan biaya pendidikan perguruan tinggi yang murah, lho, gaes. Di Austria, kamu akan dibebaskan masalah pembiayaan pendidikan selama dua semester apapun tingkatannya, baik itu tingkat sarjana, magister maupun doktoral. Setelahnya, mahasiswa harus membayar sekitar 5.6 juta Rupiah per semester. Namun, bagi para kamu pelajar internasional, per semester, kamu harus membayar sekitar 11.3 juta Rupiah per semester.

Untuk masalah biaya hidup, mahasiswa dikenakan biaya sekotar 13 juta Rupiah hingga 15.5 juta Rupiah per bulannya. Ini sudah termasuk biaya makan, transportasi dan sebagainya. Perlu kamu ketahui, Wina yang merupakan ibu kota Austria masuk ke dalam urutan dua puluh QS Best Student Cities 2015.

5. India

pendidikan di India

Terakhir, India merupakan salah satu negara Asia yang memiliki biaya pendidikan perguruan tinggi yang murah, gaes. Biasanya, biaya pendidikan di India digabung dalam satu tahun. Nggak hanya biaya pendidikannya saja, nih, gaes, biaya transportasi pun digabung dalam biaya ini, lho. Jadi, dalam satu tahun, untuk membayar biaya pendidikan dan juga transportasi di India sekitar 17.5 juta Rupiah hingga 76.4 juta Rupiah.

Untuk biaya hidup di India, seperti dilansir oleh Hotcourse, untuk harga konsumen seperti makanan dan barang-barang lainnya  236% lebih murah dibandingkan di Inggris. Sedangkan umtuk biaya sewa tempat tinggal, di India lebih murah 471% lebih murah dibandingkan Inggris.

***

Nah itu dia beberapa negara dengan biaya kuliah yang murah! Nah, kalau biaya kuliah di luar negeri ternyata murah, jadi tunggu apa lagi, gaes? Segeralah mencari-cari universitas di negara yang cocok dengan keinginanmu, ya!

Namun, perlu diingat, nih, gaes, meskipun kelima negara tersebut memiliki biaya yang murah untuk pendidikannya, kamu harus cari tahu terlebih dahulu, apakah universitas yang kamu tuju memberlakukan hal tersebut atau tidak, terutama kamu bukanlah penduduk asli negara tersebut. Selain itu, kamu juga harus mengetahui adakah aturan-aturan khusus terkait murahnya pendidikan di negara tersebut. Seperti biasa, cek dan recheck ya, sebelum memutuskan dimana kamu akan berkuliah. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: welcome-center-germany.com, hotcourses.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1