5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kamu Ikut Volunteer ke Luar Negeri

Kata siapa yang go international cuma artis saja? Kamu yang masih berkuliah atau bersekolah pun memiliki kesempatan untuk go international, lho. Hmm... Dengan cara apa, ya? Well, kalau kamu ingin go international, kamu bisa banget nih, dengan study abroad sebagai seorang student exchange atau sebagai volunteer.

Kalau student exchange ke luar negeri, pastinya sudah biasa, ya, tetapi, memangnya ada, ya, program volunteer yang sampai ke luar negeri? Wah, ada dong, gaes, pastinya! Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek beberapa institusi atau  lembaga volunteer seperti AIESEC, WWOOF, United Nations Volunteer dan sebagainya.

Perlu kamu ketahui, nih, gaes, dengan mengikuti program volunteer ke luar negeri, kamu akan memiliki banyak manfaat, lho. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah mempercantik CV-mu yang nantinya akan dipamerkan kepada para HRD, hehe. Selain itu, kamu bisa belajar beradaptasi dengan kondisi budaya, lingkungan dan orang-orang yang berbeda banget denganmu, belajar berbahasa asing dan sebagainya.

Dulu, waktu saya masih duduk di bangku kuliah, saya pernah mengikuti kegiatan yang satu ini, gaes. Setelah saya menyelesaikan program ini, saya merasa mendapatkan beberapa manfaat seperti memiliki teman dari berbagai negara, belajar berbahasa Inggris aktif baik itu tulisan maupun percakapan, jalan-jalan ke daerah dan negara baru, memiliki pengalaman volunteering dan sebagainya. Pokoknya, selain bermanfaat, pastinya seru banget, deh, gaes.

Apakah kamu ingin mencoba volunteering ke luar negeri? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, nih, sebelum kamu mengikuti volunteering ke luar negeri. Hmm... Hal apa saja, ya, yang harus kamu ketahui sebelum pergi ke luar negeri untuk melakukan program volunteer?

1. Ketahui organisasi atau institusi yang mengadakan kegiatan volunteer

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mencaritahu organisasi atau institusi yang mengadakan kegiatan tersebut. Hal ini perlu kamu cari tahu agar kamu bisa lihat, nih, track record dari institusi ini.

Lho, memangnya kenapa, sih, harus liat track record dari institusinya? Well, ketika saya mau mengikuti volunteer pada saat saya duduk di bangku kuliah, saya harus cati tahu dulu nih, track record dari institusi yang membuat program volunteer tersebut. Saya mencaritahu terlebih dahulu agar saya mengetahui bagaimana aktivitas volunteer yang akan diadakan. Selain itu, saya juga mencari tahu negara-negara mana saja yang bisa saya kunjungi.

Selain itu, kita juga harus tahu apakah institusi penyedia kegiatan volunteer ini merupakan institusi yang kredibel atau nggak. Jadi, kalau kamu ingin melakukan volunteer, cari tahu dulu, ya, tentang institusi tersebut.

2. Biaya mengikuti program volunteer

Kalau ngomongin volunteering, pasti hampir semua dari kita yang menganggap bahwa kegiatan tersebut adalah gratis tanpa pungutan biaya apapun. Tetapi, ada, lho, beberapa institusi atau organisasi penyedia kegiatan volunteer yang memiliki biaya.

Lho, kok, gitu? Kan kita akan membantu mereka melakukan suatu kegiatan, tetapi, kenapa kita yang harus membayar? Well, setiap institusi atau organisasi volunteer berbeda-beda, nih. Ada yang menerapkan biaya administratif untuk semua akomodasimu di negara tersebut dan ada juga yang memang untuk diberikan kepada orang membutuhkan dan terlibat pada kegiatan volunteer tersebut.

Nah, maka dari itu, gaes, sebelum kamu melamar suatu aktivitas volunteering, cari tahu dulu, ya, terkait hal ini. Kalau biaya tersebut menggunakan mata uang asing, jangan lupa untuk hitung ke dalam mata uang kita, ya!

3. Kegiatan selama kamu volunteer

Sebelum kamu volunteering di negara orang, kamu harus tahu dulu, nih, kegiatanmu selama volunteering. Jangan sampai kamu daftar suatu kegiatan volunteer tetapi nggak tahu akan kegiatannya, ya.

Nah, karena kamu akan melakukan volunteer di luar negeri, ada baiknya kamu mengetahui kegiatannya terlebih dahulu dengan tujuan yaitu dapat mempersiapkan sesuatunya sebaik mungkin. Misalnya, kamu nggak tahu kalau salah satu acara volunteer-mu adalah fashion show baju tradisional negara. Nah, karena kamu nggak tahu, akhirnya kamu nggak membawa baju daerahmu. Kalau sudah kayak gitu, siapa yang repot? Sudah berada di luar negeri untuk volunteer, eh, malah ketinggalan baju, susah deh, nyarinya.

4. Ketahui biaya hidup di negara tujuanmu

ketahui akomodasimu

Ketika kamu melakukan volunteer, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dan berkaitan dengan masalah biaya hidup. Yang pertama, kamu nggak dimintai sejumlah biaya untuk akomodasimu tetapi kamu harus memenuhi akomodasimu oleh uang pribadi. Yang kedua, kamu dimintai biaya dan dipenuhi masalah biaya akomodasimu. Yang ketiga, kamu dipungut biaya tapi kamu juga yang memenuhi akomodasimu.

Nah, apapun yang terjadi, kamu harus tahu biaya hidup di negara tujuanmu untuk volunteer. Ketika kamu mengetahui berapa biaya hidupmu selama volunteering di negara tujuanmu, setidaknya, kamu bisa menabung agar kamu memiliki cukup uang untuk memenuhi akomodasimu selama di negara tujuan.

Dulu, waktu saya akan mrlakuakn volunteering ke luar negeri, saya berusaha untuk mencaritahu harga makanan, minuman, sim card dan barang-barang lainnya yang akan saya perlukan selama disana. Nah, kamu bisa mencari ini dengan membaca berbagai macam artikel yang tersedia di mesin pencari. Dengan begitu, kamu pun akhirnya bisa mengestimasikan budget yang akan kamu perlukan.

5. Ketahui berapa lama pembuatan visa-mu

ketahui cara bikin visa

Yesh! Ini nih yang paling penting! Ketika kamu ingin volunteering ke luar negeri, kamu harus tahu apakah negara tujuanmu membutuhkan visa yang harus diurus dari negara asal atau hanya cukup dengan visa on arrival.

Kalau ternyata kamu memerlukan visa yang harus diurus dari negara asal, kamu harus tahu juga berapa lama proses pembuatannya. Jangan sampai, sudah waktunya kamu berangkat tetapi visamu belum jadi dibuat.

Hal penting lainnya, kamu juga harus tahu tentang berapa lama visa tersebut bisa digunakan. Kalau kamu akan melakukan volunteer selama dua bulan tetapi ternyata satu visa hanya bisa digunakan selama satu bulan, maka, kamu harus membeli dua visa, gaes.

Nah, hal yang satu ini merupakan hal yang sangat penting tapi banyak dilupakan atau ditunda pengurusannya oleh mereka yang ingin pergi volunteering atau study exchange ke luar negeri. Kamu jangan kayaj gitu, ya, gaes, agar kamu nggak kerepotan selama volunteer di negara tujuanmu.

***

Nah, itu dia lima hal yang perlu banget kamu ketahui sebelum kamu pergi untuk program volunteering di luar negeri. kelima hal di atas merupakan basic yang wajib banget untuk kamu ketahui. Kalau kamu nggak mengetahui kelima hal di atas, mungkin, kamu akan kesulitan ketika kamu ingin mendaftar program volunteer tersebut atau kamu akan merasa kesulitan ketika kamu sudah berada di negara tujuanmu.

Maka dari itu, gaes, kalau kamu mau mengikuti kegiatan volunteer ke luar negeri, mulai dari sekarang, yuk, mulai mencsri informasi terkait lima hal di atas. Menyiapkan sesuatu dari awal akan membuatmu lebih mudah dalam mengikuti kegiatan tersebut, lho, jadi jangan malas mencari informasi, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: goabroad.com, idntimes.com, capreform.eu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 24 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1