6 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Public speaking!

Buat sebagian besar orang, public speaking merupakan suatu hal yang menyeramkan. Berbicara di depan banyak orang dan sendirian. Karena kesendirian ini, akhirnya kamu pun menjadi satu-satunya orang yang diperhatikan. Terus, bagaimana kalau mereka melihat ada yang salah denganmu? Terus kalau kamu salah memberikan informasi bagaimana? Kalau kamu melakukan kesalahan pasti ditertawakan dan malu banget. Well, pasti itu lah yang akan kamu pikirkan tentang public speaking.

Seperti yang sudah saya sebutkan pada artikel-artikel sebelumnya, hal-hal yang kamu pikirkan seperti di atas merupakan hal-hal yang nggak benar, lho. Kalau kamu terus takut karena hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka, kapan kamu akan berano untuk public speaking? Mau nggak mau, kamu harus belajar public speaking, gaes.

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, cobalah asah kemampuan public speaking-mu! Kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan cara mengikuti berbagai organisasi sekolah atau kampus. Tapi, nggak hanya ikut-ikut saja, nih, kamu juga harus aktif berpendapat, bertanya atau bahkan presentasi.

Kenapa, sih, kita harus banget belajar public speaking? Memangnya sepenting itu, ya, public speaking, tuh? Well, jelas gaes, public speaking merupakan hal yang penting banget untuk kamu kuasai. Kalau kamu masih nggak percaya, nih, saya kasih alasan kenapa kamu harus belajar public speaking!

1. Bisa membantu kamu approaching orang

Ketika kamu suka sama cewek atau cowok, lalu kamu ingin kenal dia lebih dekat, saya yakin kamu akan mencari topik obrolan yang menyenangkan sebelum beralih kepada minta nomer telepon, hehe. Tanpa kamu sadari, ketika kamu mengajak orang tersebut ngobrol, kurang lebih, kamu pasti akan berusaha menyusun kata yang baik, mengatur gestur tubuh agar terlihat nggak kaku tapi juga nggak lebay dan kamu pun pasti akan menutupi rasa gugupmu.

Kalau kamu bisa melakukan hal tersebut dengan baik, pasti kamu bisa kenalan dan dapet nomer telepon orang itu, kan? Nah, hal ini sama saja seperti public speaking, gaes! Ketika kamu public speaking, kamu pastinya sudah memiliki topik apa yang ingin dibicarakan. Setelah itu, kamu berusaha membuat topik ini menarik dan tetap menggunakan bahasa yang sederhana agar orang lain mengerti apa maksudmu. Kamu pun menjaga gestur tubuh agar terlihat nggak kaku.

Dari kesamaan yang telah disebutkan, kita bisa mengambil kesimpulan, nih, gaes, selama kamu memiliki kemampuan public speaking, kamu bisa approach atau mendekati seseorang. Nggak hanya mendekati, kamu pun dapat mempengaruhi orang tersebut.

2. Kamu bisa memenuhi keperluanmu dengan cepat dan baik

Kamu tahu nggak kenapa pekerjaan sales harus memiliki kemampuan public speaking? Well, jawabannya jelas, gaes, supaya orang lain dapat terpengaruhi dan orang tersebut dapat memenuhi kebutuhanmu dengan cepat dan dengan baik. Dulu, saya pernah bekerja menjadi seorang agen asuransi. Sudah jelas bahwa disini saya adalah seorang sales. Sebelum saya terjun langsung untuk memaparkan produk yang saya jual, banyak sekali training yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi agar para sales menjual barang sesuai dengan targetnya.

Nah, para pengisi training ini pastinya memiliki public speaking yang baik sehingga dapat memotivasi saya. Akhirnya, yang tadinya saya enggan berjualan produk asuransi ini, karena kemampuan sang pengisi acara, akhirnya saya pun tergugah untuk berjualan.

Begitu pun ketika saya bekerja sekarang, sering kali saya berdiskusi dan juga memaparkan suatu hal kepada orang lain. Disini, kemampuan public speaking sangat dibutuhkan. Kemampuan tersebut dibutuhkan agar kamu bisa menyampaikan sesuatu dengan baik dan dapat diterima oleh orang-orang yang ada di sekitarmu.

3. Percaya dirimu akan tumbuh

membangkitkan kepercayaan dirimu

Ketika kamu belajar untuk public speaking, lama-kelamaan kemampuanmu akan terasah. Ketika kamu sudah menguasai public speaking, saya yakin kamu akan memiliki kepercayaan diri yang baik. Dengan memiliki kemampuan tersebut, dapat membantumu untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

Saya memiliki beberapa teman yang jago sekali public speaking. Hingga saat ini, teman-teman saya memiliki kepercayaandiri yang baik. Nggak kepedean, tapi cukup memiliki kepercayaan diri untuk berbicara banyak hal di depan orang banyak. Nah, kepercayaan diri ini pun akhirnya berkembang nggak hanya saat ia melakukan public speaking tapi ke segala aspek lainnya.

4. Menarik berbagai kesempatan

Seperti yang saya bilang sebelumnya, ketika kamu mahir dalam melakukan public speaking, kamu bisa approach orang dan mempengaruhi orang lain. Ketika kamu melakukan public speaking di dunia kantoran atau di dunia kampus dengan partisipan seminar atau training yang luas dan nggak terbatas untuk mahasiswa, kamu nggak akan tahu kan siapa yang datang ke acara tersebut?

Nah, karena kamu nggak akan tahu siapa yang datang ke acara tersebut, maka kamu harus melakukan public speaking sebaik mungkin. Nggak ada yang tahu, lho, kalau ternyata di dalam seminar atau training tersebut ada seorang peneliti atau seseorang yang memiliki lembaga yang sedang mencari pekerja.

Kalau kamu melakukan public speaking dengan baik dan memahami topik yang sedang dibicarakan dengan baik juga, maka output yang akan kamu keluarkan akan baik dan dapat diterima oleh orang banyak. Output disini maksudnya cara kamu berbicara di depan umum dan juga pesan yang ingin kamu sampaikan, ya, gaes. Kalau kamu dapat menyampaikan semuanya dengan baik, bisa saja, nih, kamu mendapatkan kesempatan berupa mengikuti projek dengan peneliti atau seseorang yang memiliki lembaga tersebut. Bahkan, kamu juga bisa ditawar bekerja di suatu tempat. Yakin masih menganggap public speaking nggak perlu untuk dikuasai?

5. Mengembangkan kemampuan memimpin

Sebagai pemimpin, selain hard skill, ia pun harus memiliki soft skill. Soft skill apa sih yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin? Yap, yang paling penting seorang pemimpin harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi terutama dalam public speaking.

Untuk memimpin suatu organisasi, seorang pemimpin akan sering berbicara di depan banyak orang atau forum. Pemimpin tersebut akan jarang sekali berbicara secara satu per satu. Nah, agar para anggotamu dapat bekerja sesuai dengan tugas yang telah dibagikan, sebagai seorang pemimpin kamu harus bisa memberikan mereka pemahaman apa saya yang harus mereka kerjakan dan apa tujuannya.

Selain itu, kamu pun harus bisa menjawab setiap pertanyaan ketika ada yang mempertanyakannya kepadamu. Kamu pun harus bisa memberikan motivasi kepada anggotamu sehingga mereka bisa bekerja sesuai dengan harapanmu. Nah, maka dari itu, public speaking ternyata dibutuhkan, kan, dalam memimpin suatu organisasi?

6. Membuatmu menonjol di sekolah, kampus bahkan dunia kerja!

membuatmu lebih menonjol dimanapun

Sadarkah kamu bahwa banyak orang-orang yang menonjol di sekolah, kampus atau kuliah adalah orang-orang yang pandai melakukan public speaking? Saya punya teman dekat di kampus, ia memiliki kemampuan public speaking yang baik, sehingga ia pun menonjol dalam dunia kerja.

Lho, memangnya kenapa bisa, ya, kalau jago public speaking akhirnya malah menonjol di lingkungannya? Well, jawabannya sudah jelas banget, nih, gaes. Kamu yang bisa public speaking, pastinya banyak berbicara dan muncul di banyak acara, baik itu sebagai MC atau pengisi acara. Dengan begitu, kamu akan dikenal oleh banyak orang.

***

Yes, itu dia beberapa alasan mengapa kamu harus belajar public speaking! Kalau kamu lihat lagi apa-apa saja alasan dari kenapa kamu harus belajar public speaking, semuanya tertuju pada keuntungan diri kamu, lho. Perlu diingat, nih, gaes, kalau kamu ingin mendapatkan keuntungan, kamu harus bekerja lebih keras. Kalau kamu nggak suka public speaking dan berusaha belajar tentang public speaking, cepat atau lambat kamu pasti akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Maka dari itu, gaes, mumpung kamu masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, kamu harus menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Jangan sampai kamu menyesal karena nggak belajar public speaking, ya! Semangat terus!

Baca juga:

(Sumber gambar: hipwee.com, lifezooming.com, conversion-omics.com)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 2 jam yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1