8 Manfaat Buat Kamu yang Suka Bangun Pagi

"Jangan suka bangun siang-siang, nanti rezekinya dipatok ayam, lho". Disadari maupun tanpa disadari, selama hidupmu, pasti kamu pernah mendengar kalimat yang seperti di atas. Kalimat "rezeki dipatok ayam" sepertinya sudah sering diucapkan dan dilekatkan kepada mereka yang sering sekali bangun pada siang hari.

Memangnya bisa, ya, rezeki dipatok ayam? Well, sebenarnya kalimat ini hanyalah istilah, gaes. Kalimat ini sebenarnya mengandung arti ayam saja bangun pagi untuk mencari makan, masa kamu masih malas-malasan atau tidur-tiduran di atas kasur. Harusnya kamu pun bangun pagi dan memulai semua aktivitasmu.

Sebenarnya, bangun pagi disini, tuh, jam berapa, ya? Bangun pagi disini ialah di antara jam setengah lima hingga jam enam pagi. Untuk sebagian orang, bangun pagi memang merupakan suatu hal yang cukup sulit. Bukannya, segera bangun dan merapikan tempat tidur, sebagian orang malah justru menarik selimutnya makin atas. Apakah kamu merupakan sebagian orang tersebut, gaes? Hehe.

Meskipun bangun pagi cukup sulit dan kasur memiliki banyak godaan untuk membuatmu stay di kasur, tapi, bangun pagi memiliki banyak manfaat, lho. Ada apa saja, sih, manfaat bangun pagi? Cek manfaatnya di bawah ini, ya!

1. Membuat kamu lebih sukses

sukses

Yap, ketika kamu bangun lebih pagi, kamu lebih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan suatu hal. Buat kamu yang masih bersekolah, kamu bisa mengulang materi di sekolah untuk lebih memahaminya. Kalau kamu sudah berkuliah, kamu bisa membaca materi selanjut sehingga kamu bisa lebih aktif pada diskusi di kelas. Nah, buat kamu yang bekerja, kamu bisa, kok, melakukan hal-hal produktif yang lain untuk meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, menurut penelitian di Universitas Texas tahun 2008, mahasiswa yang bangun lebih pagi diantara jam setengah lima hingga jam enam, memiliki GPA alias IPK yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang bangun lebih siang.

2. Meningkatkan kinerja otak

Nah, buat kamu yang biasa bangun pagi, kamu bisa meningkatkan kinerja otak, lho. Kenapa bisa begitu? Karena di pagi hari, kamu dapat menghirup udara yang bersih dan tentunya kadar oksigen yang ada di dalam tubuhmu dapat menyebabkan aliran darah lancar ke otak.

3. Meningkatkan daya ingat

Nah, masih ada kaitannya sama poin sebelumnya, kalau kamu menghirup udara yang bersih, tentunya kadar oksigen yang kamu hirup lebih banyak daripada di siang hari atau di jam-jam lainnya, dong? Nah, kadar oksigen di dalam tubuhmu ini akan memperkecil kemungkinan terkena gejala pikun. Sehingga, kamu yang bangun di pagi hari, pasti lebih mudah mengingat sesuatu dibandingkan orang-orang yang bangun pada siang hari.

Dengan mudah mengingat duatu hal, pasti kamu akan mudah dalam mempelajari suatu hal yang baru. Siapa, sih, yang akan senang jika merasa mudah mempelajari suatu hal yang baru? Pastinya kamu sendiri, kan?

4. Lebih bugar

Yap, kalau kamu terbiasa bangun pagi, pasti kamu akan memiliki tubuh yang lebih bugar. Kenapa seperti itu? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kadar oksigen pagi hari lebih banyak dibandingkan siang. Selain untuk otak, oksigen itu sendiri baik untuk tubuhmu. Oksigen akan membantu sistem aliran darah, mencegah kanker dan asma, menjaga kekebalan tubuh dan sebagainya. Ternyata banyak, kan, manfaat oksigen untuk tubuh? Maka dari itu, segera bangun pagi, yuk!

5. Membangun mood baikmu

mood

Tanpa kamu sadari, bangun pagi pun akan membuat mood-mu jauh lebih baik, lho. Kok, bisa? Wah, tentu bisa dong! Dengan bangun pagi, tubuhmu akan terbantu dalam pembuatan hormon serotonin yang dapat menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh yang baik. Mau, kan, punya mood yang selalu baik dan nggak pake ada mood swing? Makanya, gaes, bangun pagi! Hehe.

6. Lebih semangat dan produktif

Kalau kamu sudah memiliki mood yang baik, pastinya kamu akan menjalani hari dengan semangat dong? Mau ke sekolah, kampus atau kantor, pasti akan kamu jalani dengan perasaan yang senang dan semangat tanpa adanya rasa malas.

Biasanya, nih, ketika kamu suka memiliki rasa semangat, pasti kamu jadi termotivasi untuk melakukan banyak hal. Kalau kamu yang sekolah, pasti kamu akan lebih konsentrasi dalam memperhatikan gurumu dan mengerjakan tugas-tugasnya, begitupun dengan kamu yang berkuliah. Buat kamu yang sudah bekerja, pasti kamu akan lebih semangat mengerjakan pekerjaanmu. Pada akhirnya, dengan merasa semangat, kamu akan jauh lebih produktif.

7. Kuat mental dan lebih berpikiran positif

positive thinking

Yep, sebelumnya sudah dijelaskan kalau bangun pagi akan membantu tubuh dalam memproduksi hormon serotonin. Nah, hormon ini dapat menjaga keseimbangan mental. Kalau mental sudah seimbang, selanjutnya pasti kamu akan menjadi lebih kuat mental dan selalu berpikir positif. Semua orang pastinya memperlukan kedua hal ini, kan, gaes? Maka dari itu, jangan lupa untuk terus bangun pagi, ya!

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat selanjutnya yaitu, bangun pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu, lho. Kok, bisa, sih? Tentunya bisa, gaes. Dengan bangun pagi kamu akan mendapatkan sinar matahari pagi, kan? Nah, sinar matahari pagi ini kaya akan vitamin D. Vitamin D ini mengandung kartisol dan kalium. Kartisol yang terkandung dalam vitamin D dapat mempermudah kalsium meresap ke tulang dan tubuh. Kalsium ini dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme tubuh. Kalau kamu kekurangan metabolisme, secara perlahan, organ-organ tubuhmu akan terganggu.

***

Dengan banyaknya manfaat bangun pagi, apakah kamu masih tetap menarik selimutmu makin tinggi di pagi hari, gaes? Semoga dengan artikel ini, kamu bisa lebih semangat untuk bangun pagi, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: loppng.com, blogspot.com, ceramicavalsecchia.com, selarasmedia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1