13 Hal yang Penting Dilakukan Saat Pagi Hari, Supaya Hari Kamu Lancar Jaya

Kata bunda saya, kunci keberhasilan dan keberkahan hari ada di pagi hari. Makanya, para tokoh sukses dunia pada rajin bangun pagi, termasuk saat weekend.

Tapi, kok, walau udah bangun dan mulai beraktivitas pagi, saya masih aja sering telat, terburu-buru, dan ribet seharian? Dan biarpun udah berusaha bangun pagi, kok saya nggak bisa sehebat Mark Zuckerberg? (YAEYALAH!). Hehehe…

Nah, mungkin ada hal yang salah atau terlewatkan di pagi hari saya, dan juga pagi hari kamu.

Saya menemukan infografik keren dari Entrepreneur Magazine tentang do’s and dont's di pagi hari yang oke banget untuk diterapkan sehari-hari. Trik ini pun bisa dipakai oleh pelajar, mahasiswa, sampai ketika kamu bekerja nantinya.

So, let’s get our morning begin!

1. Persiapkan pagi kamu sejak malam sebelumnya. Seperti misalnya menyiapkan tas sekolah, buku-buku yang mau dibawa, serta baju/seragam yang mau dipakai plus kelengkapannya.

Ini adalah hal yang sepele namun sering dilewatkan. Alhasil, besoknya ada  aja barang yang tertinggal, atau kamu jadi telat karena terburu-buru menyiapkan barang-barang yang mau dibawa.

kegiatan pagi infografis

2. Rencanakan jam bangun pagi, sesuai kebutuhanmu. Kalau menurut infografis ini, sebaiknya kamu bangun seenggaknya jam 6 pagi. Tapi kalau rumah kamu di Bekasi, sementara sekolah kamu di Jakarta Barat dan harus masuk jam 7 pagi, KELAR aja, sih, kalau kamu baru bangun jam 6!

Jadi pikirin lagi, deh, apakah kamu harus bangun jam 5 atau bahkan jam 4.30 subuh agar kamu bisa siap-siap dengan baik dan nggak telat.

3. Matikan alat elektronik menjelang tidur malam. Biasanya, nih, menjelang tidur malam, kamu pasti masih “gatal” buka-buka hape. Akhirnya, yang tadinya kamu mau berencana tidur jam 21.30, jadi mundur ke midnight. Istirahat pun nggak maksimal, sehingga kamu semakin berisiko bangun telat.

4. Saat alarm pagi berbunyi, jangan pencet tombol snooze, dan mikir “nanti dulu, ah. Bangunnya 5-10 menit lagi, aja!” Kenapa? Karena hal ini bisa bikin kamu makin malas bangun dan berasa ngantuk terus. Iya juga, sih!

5. Sebaiknya,  segeralah bergerak setelah kamu bangun. Mungkin stretching sedikit atau olahraga-olahraga ringan. Atau sekalian rapiin tempat tidur, mungkin? Aliran darah kamu pun jadi lancar, sehingga kamu cepat bersemangat dan nggak ngantuk lagi. Beneran, mesti dicoba, nih!

6. Buat rutinitas pagi. Misalnya, bikin minuman - rapikan kamar - bersiap mandi - tidur lagi #eaaak. Rutinitas seperti ini bakal bikin kamu terbiasa dengan alur persiapan di pagi hari.

7. Jangan stres memikirkan berbagai tugas dan ujian di hari tersebut. Stay positive!

8. Hindari online atau main gadget sebelum berangkat beraktivitas. Eh, kenapa? Soalnya, bisa panzaaaaang urusannya. Dari ngecek pesan yang masuk, notifikasi di LINE, Path, email, dll. Tau-tau setengah jam udah berlalu, dan kamu masih belum ngapa-ngapain.

Mendingan utak-atik hape saat kamu sudah santai di perjalanan, dan NGGAK sedang menyetir, ya!

9. Gunakan 15 menit pertama setelah kamu benar-benar bangun dengan sebaik-baiknya. Menurut Entrepreneur Magazine, banyak orang sukses yang mengerjakan pekerjaan penting di 15 menit awal ia bangun.

Alasannya karena waktu tersebut merupakan golden moment di mana kamu bisa benar-benar fokus tanpa distraksi. Kamu bisa memanfaatkan 15 menit tersebut untuk mencari ide tugas, brainstorm proyek OSIS, atau memeriksa ulang tugas yang SUDAH kamu kerjakan sebelumnya. Jadi, bukan baru mengerjakan PR Fisika 100 soal sebelum berangkat sekolah, gaes.

10. Jangan nonton televisi atau Youtube selama kamu lagi bersiap ke sekolah/kampus. Ganggu banget! Sebaliknya, kamu boleh putar theme song penyemangat.

pagi hari infografis

11. Sempatkan quality time bareng keluarga, meskipun hanya lima menit saat sarapan bareng.

12. Saat nggak ada kelas, atau saat lagi seharian di rumah/kos ngerjain skripsi/tugas, dahulukan mengerjakan kerjakan pekerjaan yang bikin kamu semangat. Paling oke, sih, mengerjakan pekerjaan yang butuh kreatifitas di pagi hari, saat pikiran kamu masih fresh.

13. Jangan buang energi kamu dengan kegiatan yang bikin capek di pagi hari. Apalagi kalau kegiatan tersebut bukan prioritas kamu. Misalnya, iseng merapikan lemari besar di kelas atau  lari-lari di lapangan, kecuali kalau memang sedang jadwalnya kamu untuk berolahraga, dan dilakukan dengan proper dari mulai pemanasan sampai pendinginan.  

Baca juga:

35 Tips Tokcer Agar Kamu Produktif, Serta Bisa Bekerja dengan Cepat dan Efisien.

(sumber gambar: entrepreneur.com, Entrepreneur Magazine/lifehack.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1