Broken Heart Syndrome, Penyakit yang Disebabkan Oleh Patah Hati dan Bisa Bikin Kesehatan Fisik Kamu Terganggu

Kamu pasti pernah mengalami patah hati dan sedih luar biasa dong, ya? Nggak cuma karena ditinggal pacar, tapi mungkin juga karena kehilangan sahabat atau keluarga. Ternyata, menurut studi Kedokteran, patah hati bisa berakibat fatal terhadap kondisi fisik kita juga, lho!

Sebuah penelitian menyebutkan, orang-orang yang kehilangan orang terdekatnya, secara signifikan akan menunjukkan gejala detak jantung yang nggak normal, dan bisa mengalami stress cardiomyopathy alias Broken Heart Syndrome.

Broken Heart Syndrome pertama kali dideskripsikan pada tahun 1991 oleh seorang dokter di Jepang. Trus, ternyata Broken Heart Syndrome adalah kondisi medis yang biasanya dialami sama cewek. Kenapa? Karena cewek lebih peka dan perasa.

Gejala Broken Heart Syndrome ini mirip dengan serangan jantung. Penderita seringkali mengeluhkan nyeri dada, sesak napas dan perasaan kelelahan parah yang diakibatkan oleh kesedihan mendalam.

Broken Heart Syndrom 1- Youthmanual

Menurut situs majalah TIME, Simon Graff, seorang peneliti di Departemen Kesehatan Aarhus University bilang, Broken Heart Syndrome memang beda dengan penyakit patologi lainnya, tapi mekanisme psikologisnya sama, yaitu hormon yang abnormal meningkat, sehingga terjadi ketidakseimbangan sistem syaraf pusat.

Harmony Reynolds, seorang kardiologis di NYU Langone Medical Center juga bilang bahwa berdasarkan penelitiannya, hubungan antara stress dan kodisi jantung sangatlah erat. Reynolds bilang, kita nggak bisa menghalau stress, tapi kita bisa mengatur bagaimana menelola stress tersebut supaya nggak membawa dampak bahaya buat tubuh. Misalnya, dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, dan mengatur pernafasan dengan baik.

Meski sebagian besar penderita penyakit ini bisa pulih seperti sediakala, komplikasi yang mematikan juga bisa aja terjadi. Komplikasi berat yang pernah dilaporkan adalah bengkak pada paru, kelainan irama jantung, shock kardiogenik, disfungsi katup mitral, pembentukan bekuan darah, stroke, hingga kematian.

Tapi tenang aja, gaes. Biasanya Broken Heart Syndrome bisa diatasi dengan baik dengan bantuan keluarga. Salah satu tindak pencegahan Broken Heart Syndrome adalah berusaha untuk memberikan perhatian yang tepat dan nggak menganggap lebay orang yang lagi patah hati. Biarkan penderita bersedih sementara, kemudian “tolong” mereka dengan mengajak mereka aktif di kegiatan tertentu yang menyenangkan, atau hang out bareng supaya bisa refresh.

Broken Heart Syndrom 2 - Youthmanual

(Sumber foto: nortongethealthy.com, cardiachealth.org, notsalmon.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 21 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1