Orang Berkacamata Terlihat Lebih Menarik. Ini Kata Penelitian Ilmiah, Lho!

Zaman dulu, pemakai kacamata seringkali dicap kutu buku dan kuper. Tapi itu duluuuu banget, sob. Mungkin zamannya ortu kamu masih ABG. Sekarang, pemakai kacamata malah dianggap keren dan cool. Diana Rikasari aja sampai bela-belain pakai kacamata yang “bohong-bohongan” alias bukan prescription glasses, malah nggak ada lensanya!

Memang, menurut beberapa penelitian, kacamata bisa membuat pemakainya terlihat lebih keren, attractive, dan malah hot. Uuuu… masa’ sih? Beneran, lho. Malah pada tahun 2011, the Swiss Journal of Psychology pernah mempublikasikan sebuah studi ilmiah yang menemukan bahwa orang-orang yang memakai kacamata cenderung dianggap lebih menarik dan disukai orang.

Kok bisa? Berikut penjelasannya!

1. Kacamata bikin kamu terlihat intelek

Mungkin kamu heran, kok, kacamata aja bisa bikin kelihatan pintar? Ternyata ada penjelasan historisnya, gaes!

Dulu, seseorang yang memakai kacamata itu biasanya dikategorikan sebagai orang-orang “terpilih” alias terpelajar, karena mereka sehari-harinya perlu melihat sesuatu dengan lebih detil. Biasanya mereka itu adalah orang-orang berpendidikan seperti dokter, bankir, guru, atau pegawai pemerintahan lainnya. Nah, sampai sekarang, stigma ini masih menempel di kepala masyarakat.

2. Kacamata membentuk first impression yang positif

Menurut NY Daily News, kacamata bisa membentuk kesan pertama yang positif, karena pemakai kacamata biasanya punya kesan pertama yang intelek (lihat poin 1!), rajin, tetapi sekaligus misterius.

Seperti yang pasti sudah sering kamu dengar, kesan pertama tuh penting banget, karena katanya, first impressions have a strong effect on decision-making

Nggak heran kalau kata situs BA EyeSite, sebuah kacamata bisa membantumu mendapatkan posisi pekerjaan yang kamu inginkan. Kalau calon bos kamu punya kesan pertama yang oke terhadap kamu, kamu bisa mendapatkan posisi kerja magang yang kamu mau ‘kan?

3. Kacamata menambah percaya diri

Kalau mata kamu memang minus, pasti kamu insecure dan nggak pede, dong, saat lagi nggak pakai kacamata? Semua jadi tampak samar, atau malah nggak kelihatan apa-apa sama sekali. Rasanya nggak karuan, deh!

Tentunya, dengan kacamata, kamu jadi merasa lebih aman dan otomatis jadi tampil lebih percaya diri. Iya, sesimpel itu ternyata!

4. Kacamata bikin kamu terlihat friendly

Menurut studi yang dilakukan Universitas Tsukuba, pemakaian kacamata bisa bikin image diri kamu jadi lebih bersahabat dan approachable. Nah, orang yang punya image bersahabat dan approachable bakal sukses dalam networking, sehingga kemungkinan besar dia juga akan sukses di sekolah, kampus, dan dunia kerja.

5. Kacamata bikin kamu tambah seksi!

Menurut Vanessa Brown, seorang dosen senior di Nottingham Trent University, kacamata sangat mempengaruhi penampakan simetri wajah, soalnya pemakaian kacamata bisa bikin struktur tulang wajah kamu terlihat lebih tajam dan tegas. Apalagi kalau tulang pipi kamu memang dari sananya tegas. Duh, makin banyak yang ngelirik, deh, sob.

***

Nah, itu dia 5 bukti ilmiah bahwa sebuah kacamata ternyata bisa bikin kamu terlihat lebih attractive, intelektual, percaya diri, friendly, bahkan seksi. Jadi jangan minder sama kacamata kamu, ya.

(sumber foto: thoughtcatalog.com, giphy.com, tumblr.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1