Pro-Kontra Hobi Memakai Pakaian Serba Hitam

Sekarang ini, semakin banyak anak muda yang hobi memakai pakaian serba hitam untuk outfit sehari-hari. Bukan karena mereka kepengen tampil misterius, sih, bukan juga karena mereka anak gothic. Alasannya, karena baju warna hitam memang enak dan gampang banget dipakai, berhubung warna hitam, tuh, “netral”, cocok dipakai oleh cewek maupun cowok, di berbagai kesempatan.

Tapi ada juga, sih, pro dan kontra dari pemakaian baju berwarna serba hitam ini. Misalnya…

PRO

a. Gampang dipadukan dengan warna apa pun. Yap! Pakaian warna hitam memang bisa dipadukan dengan semua warna lainnya, dan tetap bakal terlihat cocok dan sinkron. Dengan baju warna hitam, nggak akan ada, tuh, yang namanya “tabrak warna”, termasuk kalau kamu memadukannya dengan baju atau aksesoris berwarna nge-jreng. Malahan, warna hitam bisa meredakan warna outfit yang mencolok.

b. Nggak mudah terlihat kotor. Pastinya kamu juga udah tahu, ya, bahwa baju berwarna hitam nggak akan kelihatan kusam atau kotor, walaupun sudah berhari-hari nggak dicuci. Asal kencengin di parfum, sob!

c. Bisa membuat badan kamu terlihat lebih slim dan tinggi. Beneran, lho. Baju warna hitam memang bisa bikin badan pemakainya terlihat agak langsing, sementara baju warna monokrom bisa membuat badan pemakainya tampil tinggi karena perpaduan satu warna tersebut.

d. Nggak “merusak mata”. Kalau melihat orang pakai baju warna neon yang terang benderang—apalagi kalau warnanya ditabrak-tabrakin—kamu pasti “pusing” dan merasa, “Duh, mata gue rusak, deh!” Sementara dengan outfit serba hitam, kamu nggak akan, deh, bikin rusak penglihatan orang lain akibat warna baju yang mengelegar.

e. Simple yet classy. Karena warnanya yang netral, baju warna hitam memang bisa banget dipakai di momen apapun—mulai dari momen kasual sampai formal sekalipun—dan tetap membuat kamu kelihatan elegan, slick dan classy. Pokoknya, tinggal disesuaikan aja. Misalnya, untuk acara kasual, kamu bisa memadukan baju warna hitam kamu dengan jaket dan kaos. Untuk momen formal, tinggal pakai jas dan kemeja. Dijamin, tampilan kamu bakal tetap kelas banget.

KONTRA

a. Suka ditanya “Lagi gloomy, ya?” Kalau kamu sering pakai outfit serba hitam, pasti udah bosan banget, nih, sama pertanyaan yang satu ini.

“Lo lagi gloomy gitu, yah?”

“Kenapa emang?”

“Abisnya lo pakai baju item-item, kayak berduka gitu”

“…….”

Iya, warna hitam memang identik dengan warna pakaian melayat, tapi kalau kamu pakai baju serba hitam, nggak selalu berarti kamu sedang berduka juga dong.

Jadi, kalau ada yang nanya begini, mending kamu jelasin kelebihan-kelebihan dari outfit serba hitam yang udah Youthmanual jelasin di atas, supaya teman kamu nggak salah kaprah lagi. Itung-itung berbagi wawasan juga ya, nggak?

b. Suka dikira nggak punya baju lain. Selain sering dikira sedang berduka, pemakai outfit warna hitam juga sering dikira nggak punya baju lain, berhubung pakainya baju warna hitam terus.

Lo nggak punya baju lagi, ya?”

“Punya, kok! Kok nuduh?”

“Soalnya pake baju warna item melulu, sih...”

Eaaak.

c. Suka dikiran anak punk rock jalanan. Duh, prasangka memang nggak ada habisnya, deh. Selain dikira sedang gloomy dan nggak punya baju lain, pemakai outfit warna hitam juga sering dikira… anak punk rock jalanan.

Memang, sih, pada kenyataannya, anak-anak punk rock jalanan selalu berpakaian serba hitam, tapi nggak semua orang yang berpakaian serba hitam pasti anak punk rock jalanan (dan pasti mau melayat), dong.

***

Kesimpulannya? Jangan ragu untuk to be bold with black, sob, karena ternyata berpakaian serba hitam lebih banyak kelebihannya, kok!

(sumber foto: iamgalla.com, giphy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1