Menu

7 Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dari Semua Jurusan

Qerja adalah sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya untuk perusahaan yang berada di Indonesia. Berikut adalah salah satu artikel adaptasi dari mereka. Semoga berguna, ya!

Saat mulai bekerja, banyak orang yang mengambil pekerjaan random, alias nggak berhubungan dengan latar belakang pendidikan mereka. Tetapi jangan salah, banyak juga, kok, fresh graduate yang enjoy berkarir di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliahnya. Mereka bahkan jadi bisa menimba ilmu baru yang sebelumnya nggak didapat dari bangku kuliah.

Dengan demikian, sah-sah aja kalau pekerjaan pertama kamu nggak sesuai dengan jurusan kuliah. Berikut adalah beberapa lowongan kerja yang bisa dilamar oleh fresh graduate, meskipun bidangnya berbeda dengan latar belakang pendidikan.

1. Pengajar Pendidikan Dasar

Menjadi pengajar—baik pengajar tetap maupun freelance, di sekolah maupun di lembaga pendidikan lain seperti tempat kursus—adalah salah satu pilihan first job yang bisa ditekuni fresh graduateThat’s right! Menjadi guru pendidikan dasar nggak memerlukan background pendidikan yang spesifik, kok. Kamu bisa mengajar matematika, ilmu pengetahuan, bahasa asing, musik, atau apa pun keterampilan yang kamu punya. 

Untuk menjadi pengajar, kamu perlu modal kesabaran dan cinta terhadap anak-anak. Ditambah, kurangnya profesi guru di Indonesia membuat peluang di profesi ini terbuka lebar.

Lihat daftar lowongan fresh graduates sebagai guru, di sini.

2. Agen Asuransi

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi, saat ini ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan. Nah, menjadi agen asuransi bisa dilakukan oleh siapapun dengan background pendidikan apapun, asalkan kamu punya pengetahuan luas soal produk yang kamu tawarkan serta pintar menjalin hubungan.

Lihat daftar lowongan agen asuransi di sini.

3. Public Relations

Berkecimpung menjadi Public Relations (PR) alias Hubungan Masyarakat juga bisa jadi pilihan lulusan dari segala jurusan. Meski memang perusahaan biasanya mengutamakan lulusan jurusan Komunikasi,  ini bukan syarat utama. Yang penting, kamu harus punya koneksi luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Penampilan menarik juga bisa jadi nila plus, karena tugas kamu nantinya adalah membantu klien memberikan citra positif untuk perusahaan, mempromosikan suatu barang, dan berhubungan dengan pers.

Lihat daftar lowongan Public Relations di sini. 

4. Wartawan/Media

Yup! Untuk menjadi wartawan, kamu nggak berarti harus lulus dari kuliah Ilmu Jurnalistik. Siapa pun bisa jadi wartawan, kok, selama ia cinta tulis menulis dan siap bekerja keras. Memang, sih, background pendidikan bisa menjadikan seseorang jurnalis spesialis tertentu, misalnya jurnalis olahraga, tetapi kebanyakan jurnalis di Indonesia harus menguasai semua isu tanpa terkecuali. Jadi, pengetahuan luas is a must!

Selain media cetak, para fresh graduate juga bisa melamar ke media online atau TV. Di TV, profesi lain yang bisa digeluti tanpa background pendidikan tertentu adalah talentcameramen, atau produser.

Lihat daftar lowongan sebagai reporter di media massa di sini.

5. Customer Service (CS)

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa customer service (CS), misalnya perbankan, telekomunikasi, bahkan perusahaan-perusahaan start-up yang sekarang ini sedang nge-trend. Customer Service merupakan gerbang pelayanan perusahaan dan harus mampu menghadapi klien serta pelanggan dengan baik. Nah,

Pekerjaan ini juga bisa dilakukan tanpa background pendidikan khusus, asal jangan lupa, menjadi CS haruslah penuh kesabaran dan murah senyum, karena sebagai frontliner, CS adalah “wajah” perusahaan di mata pelanggan.

Lihat daftar lowongan sebagai Customer Service di sini. 

6. Sales 

Menjadi sales juga nggak membutuhkan background pendidikan khusus. Jadi siapa pun, termasuk fresh graduate, bisa melamar menjadi sales, selama ia mampu meyakinkan orang atau klien. Sales biasanya harus ulet, tekun, dan tangguh. Mereka juga nggak boleh putus asa dan harus bisa mencari cara kreatif untuk memasarkan produknya.

Lihat daftar lowongan sebagai Sales untuk fresh graduates, di sini.

7. Administrasi

Menjadi karyawan yang menangani administrasi bisa dilakukan oleh karyawan dari semua background pendidikan, selama mereka punya sifat rapi dan cermat. Mereka yang melamar di profesi ini harus telaten mengatur dokumen, mencatat, menyimpan, dan lain-lain. Posisi administrasi di sebuah perusahaan nggak bisa disepelekan, karena mereka sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis dan usaha.

Lihat daftar lowongan sebagai Administrasi untuk fresh graduates, di sini.

Jadi kira-kira profesi apa nih yang paling cocok buat kamu?

(sumber foto: Effective Software Designs, The Asian Parent, Qerja, Baron Cars

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 2 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©