8 Hal Penting yang Harus Dilakukan Oleh Jobseeker

Buat para fresh graduate mungkin yang menjadi concern utama dalam hidupnya adalah mencari kerja. Maka, untuk sampai pada titik mendapatkan pekerjaan, seorang fresh graduate harus terus melakukan berbagai hal dan berusaha untuk mencapai tujuannya tersebut bukan?

Dan asal kamu tahu, untuk mencapai sebuah tujuan tertentu, dibutuhkan sebuah proses yang panjang. Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam mencapai kesuksesan. Selain itu, untuk mencapai tujuan juga tak lepas dari bagaimana karakter pribadi itu sendiri dalam menggapai tujuannya. Melalui proses tersebut, kamu bisa merefleksikan, karakter seperti apa, sih, yang seharusnya dimiliki oleh fresh graduate.

Nah, daripada kamu penasaran, di bawah berikut ini ada beberapa karakter yang harus dimiliki oleh fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan a.k.a jobseeker!

1. Lakukan apa yang jarang dilakukan oleh orang lain

Yap! Hal pertama yang harus dilakukan adalah berani menjadi berbeda! Kalau kamu menginginkan hasil yang berbeda dari orang lain, maka lakukankah sesuatu yang berbeda, gaes. Seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan perlu memiliki pola pikir yang kreatif dan berani untuk melihat hal-hal baru.

Jadilah inovator bukan imitator (peniru). Dengan begitu, kamu bisa melihat bahwa ada lahan baru yang masih luas dan tentunya mendatangkan kesempatan baru untuk kehidupanmu.

Coba, deh, kamu belajar dari Steve Jobs si pendiri Apple. Banyak sekali omongan negatif yang menyudutkannya, tapi Steve tetap nggak menyerah dan berpegang teguh pada apa yang dia lakukan. Lihat sekarang, dia jadi salah satu orang yang paling sukses, kan? Kamu nggak kepengin, nih, jadi orang yang sukses? Hihihi.

2. Punya komitmen untuk terus mengembangkan diri

Sebenarnya, hal terpenting yang harus dimiliki oleh semua orang (termasuk fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan) adalah kemauan untuk belajar dan kemauan untuk berkembang. Artinya, kalau kamu mau untuk terus belajar, maka kamu juga akan punya tujuan untuk selalu mencari ilmu yang belum pernah kamu pelajari, menggali informasi yang baru dan mencoba kemampuan yang baru.

Jadi, kalau kamu adalah seorang fresh graduate yang belum mendapatkan pekerjaan hingga kini, jangan cuma rebahan saja. Coba pikirkan ide-ide baru yang bisa kamu lakukan. Entah itu membuat podcast, ikut komunitas atau mungkin mengikuti workshop atau pelatihan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu minati.

3. Do your passion!

Dalam dunia kerja, melakukan hal-hal yang nggak kamu senangi itu sangat wajar sekali, gaes. Tapi, jangan sampai kamu melupakan apa yang menjadi passion kamu. Karena kalau kamu nggak suka dengan suatu pekerjaan, ya, kamu nggak akan bisa menikmati hal tersebut dan justru bisa membuatmu stres.

That’s why, kalau kamu saat ini sedang mencari kerja, carilah kerjaan yang sesuai dengan passion atau bidang yang ingin kamu tekuni dan nikmati. Asalkan konsisten dengan passion yang dimiliki dan tetap mau berusaha, kamu pasti bakalan sukses, kok.

4. Yakin dengan kemampuan diri

"The biggest enemy you have to deal with is yourself"

Sering dengar pepatah itu nggak?

Menurut saya, pepatah itu bener banget. Tantangan terbesar yang ada dalam hidup kita adalah menghadapi diri sendiri. I mean, terkadang kamu meragukan diri sendiri, mengalami konflik batin, merasa sudah berusaha tapi hasilnya nggak berbanding, apalagi kalau kamu seorang fresh graduates yang sedang mencari pekerjaan.

Untuk menghadapi situasi tersebut, kamu cuma perlu ingat seberapa besar, sih, keinginanmu untuk mendapatkan kerja? Coba intropeksi diri. Kemudiakan tanyakan pada diri sendiri “apa yang harus aku lakukan sekarang untuk bisa mendekat dengan tujuanku?”, “apa saja hal yang sudah aku lakukan untuk mewujudkan tujuanku”, dan lain sebagainya.

5. Mampu mengendalikan diri sendiri

Kamu pahami atau nggak, yang mengatur hidup kamu adalah dirimu sendiri, gaes. Kamu juga lah yang berhak menentukan pilihan yang sedang dihadapi. Mau itu keputusan, tindakan, prinsip, bahkan tujuan hidup, harus kamu yang membuat dan memegang kendalinya sendiri.

Ibarat hidup itu pesawat, kamu harus jadi pilot untuk menentukan mau dibawa kemana hidupmu. Akan sangat berbahaya apabila hidupmu dijalankan atau dikontrol oleh orang lain yang nggak mengerti dirimu.

Maka dari itu, kalau kamu sudah tahu apa yang jadi tujuan hidupmu. Kamu jadi punya control mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan itu. Misal, kalau tujuan hidupmu di tahun ini adalah mendapatkan pekerjaan yang layak, maka kamu sendirilah yang harus mengontrol dan bertanggung jawab atas keputusan atau langkah selanjutnya yang akan diambil.

6. Harus berani bertindak meskipun takut

Seorang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan pasti pernah dihantui dengan rasa takut atau keraguan dalam bertindak. Well, hal itu sangat manusiawi terjadi, kok.

Kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dan kesempatan yang harus diambil. Pikiran negatif juga akan ikut muncul seiring dengan perjalanan kamu dalam mencari kerja.

Trus, apa yang harus dilakukan?

Tentunya, semua itu harus dilawan dan kamu harus tetap melangkah maju. Ingatlah bahwa kesempatan belum tentu datang untuk kedua kali. Jangan biarkan keraguan, khawatir dan rasa takut menghantui hidupmu. Lakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan dan teruslah berjuang.

7. Menerima kegagalan sebagai pembelajaran

Anyway, gaes, ketika suatu kegagalan menghampiri hidupmu, kamu perlu melihat hal tersebut sebagai suatu pembelajaran dan peluang untuk berkembang, lho—termasuk ketika gagal dalam mencari pekerjaan. Itu sangat lumrah terjadi sebab itu adalah bagian dari proses kehidupan.

Yang perlu kamu lakukan adalah nggak terus-terusan meratapi kegagalan dan kembali bangkit. Kesempatan yang baik akan selalu datang padamu, tinggal bagaimana pintar-pintarnya kamu untuk mengubah kesempatan itu menjadi kesuksesan. Dan ingat, orang yang sukses adalah seorang yang bisa bersyukur dalam segala hal dan bisa belajar dari kesalahan yang sudah terjadi.

8. Sabar

Kamu pasti sudah tahu bukan? Di dunia ini nggak pernah ada sesuatu yang instan. Seperti halnya membangun rumah, semua dilakukan sedikit demi sedikit. Mulai dari menemukan lokasi, membeli material bangunan, membangun pondasi dan lain sebagainya. Bahkan, mi yang katanya “instan” saja juga perlu diproses untuk membuatnya bisa dimakan.

Dengan kata lain, kesabaran adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang (nggak cuma fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan saja) untuk menjalani kehidupan. Jadi, kalau kamu sampai sekarang belum dapat kerja, nggak ada salahnya untuk tetap sabar dan terus berjuang untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu.

***

Itulah hal-hal penting yang harus dilakukan oleh fresh graduate saat sedang mencari pekerjaan atau jobseeker. Jadi, jangan pernah menyerah dan tetap semangat, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: mahamconsultants.com, pinterest.com, miltonfriesen.com, project-livemylife.blogspot.com, emilysquotes.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1