Kira-Kira Apa, Ya, Pentingnya Pengalaman Kerja untuk Kemajuan Karier?

Kamu pernah bertanya-tanya nggak, sih? Kenapa di setiap Curriculum Vitae (CV) atau dalam melamar pekerjaan harus ada syarat pengalaman kerja yang dicantumkan atau disebutkan. Terus, gimana, dong, nasibnya yang fresh graduate?

Mungkin itulah salah satu unek-unek yang dipikirkan oleh para fresh graduate—yang baru saja akan menginjakkan kakinya dalam dunia kerja.

Well, sejujurnya magang bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dituliskan dalam CV atau disebutkan saat ditanya dalam wawancara kerja. Atau kalau memang memungkinkan, saat kmu masih kuliah, kamu juga bisa melamar di perusahaan kecil terlebih dahulu untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum meniti karier di perusahaan yang lebih besar.

Berbicara mengenai pengalaman kerja, apa, sih, pentingnya pengalaman kerja? Dan mengapa perusahaan banyak yang menjadikannya salah satu syarat untuk merekrut karyawannya? Simak alasannya berikut ini:

1. Sudah memahami seluk beluk bidang industri yang kamu tekuni

Bagi kamu yang pernah mencicipi dunia kerja yang selaras dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar (even itu cuma magang), kamu akan dinilai telah banyak mengetahui seluk beluk dalam bidang tersebut. Kamu dianggap sudah tahu apa yang harus dilakukan dan nggak boleh dilakukan.

Intinya, kamu akan dianggap nggak terlalu merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri pada perusahaan yang sudah dituju, ketimbang calon karyawan baru yang nggak punya pengalaman kerja atau magang.

2. Membuktikan kompetensi kamu

Mungkin di antara kamu ada yang memiliki IPK bagus saat kuliah, tapi belum tentu kamu bisa langsung kerja. IPK tinggi cuma bisa menjadi acuan kemampuan pengetahuan yang kamu miliki saja.

Berbeda lagi, kalau kamu memiliki IPK tinggi dan sudah memiliki pengalaman kerja, kamu akan dianggap telah memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kamu tekuni.

3. Memiliki soft skill yang dicari perusahaan

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bukan cuma nilai akademik atau IPK saja yang menjadi tolak ukur perusahaan dalam merekrut karyawannta. Soft skill juga merupakan salah satu yang penting dalam dunia kerja.

Karena calon karyawan yang pernah bekerja sebelumnya senggaknya telah memiliki soft skill yang dibutuhkan. Misalnya saja public speaking, bekerja sama dalam tim, berfikir kreatif, dan sebagainya.

4. Menunjukkan komitmen yang kuat dalam bidang tersebut

Yap! Sudah kelihatan banget, ‘kan, kalau kamu melamar pekerjaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan kamu sebelumnya dan memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Itu artinya, kamu telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk bekerja di bidang tersebut.

5. Lebih mudah menemukan solusi saat ada masalah

Last but not least, karena sebelumnya kamu sudah bergelut di bidang tersebut, pasti kamu sudah banyak menghadapi berbagai masalah. Sehingga, kamu dipercaya akan mudah dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaiknya kalau sewaktu-waktu masalah tersebut muncul lagi.

***

Itulah 5 alasan mengapa pengalaman kerja merupakan salah satu syarat penting yang harus dicantumkan dalam CV atau disebutkan ketika ditanya dalam wawancara kerja, gaes.  

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: milkandhoneypr.com, thebalancecareers.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1